Fox Logger Kembangkan Solusi IoT untuk Sektor Logistik

Fox Logger Kembangkan Solusi IoT untuk Sektor Logistik
Fox Logger, startup yang bergerak di sektor Internet of Things (IoT) membuat GPS Tracker yang ditijukan untuk perusahaan logistik dan leasing otomotif. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Emanuel Kure / FER Selasa, 28 Juli 2020 | 15:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Fox Logger, startup yang bergerak di sektor Internet of Things (IoT) mengembangkan GPS Tracker yang ditujukan untuk perusahaan logistik dan leasing otomotif. Melalui Fox Logger GPS Technology, pengguna dapat dengan mudah memantau armada mereka hanya menggunakan gawai atau komputer.

Baca Juga: Pelaku Industri Harus Reformasi Model Bisnis

CEO Fox Logger, Alamsyah Cheung mengatakan, lewat teknologi GPS Tracker yang dimilikinya yang mana telah dipasangkan di kendaraan dari perusahaan leasing, aktivitas kendaraan bisa dipantau seluruh Indonesia. Mulai dari jarak tempuh setiap harinya, lokasi parkir, kecepatan laju kendaraan, lama kendaraan menyala, pemakaian bahan bakar, hingga mendeteksi keberadaan kendaraan bisa dipantau.

"Hal ini disebabkan Fox Logger GPS Technology memanfaatkan konsep IoT sehingga berbagai benda atau perangkat terhubung satu sama lain melalui sebuah alat komputasi,” kata Alamsyah.

Menurut Alamsyah, dengan Fox Logger GPS Technology, pengusaha di bidang logistik dan car leasing kini tidak perlu lagi menghabiskan banyak biaya telepon untuk memastikan posisi kendaraannya.

"Cukup membuka handphone, tablet atau komputer, mereka sudah bisa memastikan di mana posisi kendaraan berada, mengetahui seberapa cepat sopir dalam mengemudi, menganalisis aktivitas pergerakan, mengetahui lamanya kendaraan parker, jalan yang pernah dilewati, bahkan bisa menyadap percakapan yang terjadi di dalam kabin mobil, dan hanya dengan sekali SMS, kendaraan pun bisa dimatikan mesinnya,” ucap Alamsyah.

Baca Juga: Kemtan Perkuat Sistem Logistik Pangan Nasional

Alamsyah menambahkan, Fox Logger GPS Technology juga merupakan platform sistem manajemen transportasi pertama di Indonesia yang menerima koneksi dari berbagai merek GPS tracker dengan layanan pelanggan 24 jam.

Saat ini, jelas Alamsyah, Fox Logger telah digunakan sejumlah pihak, dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk monitoring truk sampah. Sistem Fox Logger GPS Technology berhasil menjawab kebutuhan Pemprov DKI atas alat monitoring truk sampah yang dimiliki mereka.

"Sebab, sistem yang dimiliki Fox Logger GPS Technology dapat dengan mudah dikoneksikan ke sistem smart city yang ada di kota manapun. Inilah yang menjadi pertimbangan Pemprov DKI Jakarta meminang Fox Logger GPS Technology,” jelas Alamsyah.

Selain Pemprov DKI, FoxLogger juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan. "Fox Logger GPS Technology menyimpan potensi besar. Pasalnya, IoT semakin berkembang. Infrastruktur internet pun kian membaik. Ini membuat Fox Logger GPS Technology makin mudah digunakan,” tegas Alamsyah.

Baca Juga: Honeywell Luncurkan Solusi Gedung Sehat di Indonesia

Untuk saat ini, kata Alamsyah, total kendaraan yang sudah teregistrasi sekitar 20.000 sampai 25.000 kendaraan yang masih terlacak. "Target di 2021, sebanyak 15 perusahaan leasing bisa menjadi konsumen kami, kami garap muaranya dulu, karena orang pasti beli dari leasing, orang lebih banyak pembelian melalui kredit daripada leasing, point-nya ke sana, 2021 Desember,” tambah Alamsyah.

Alamsyah juga berharap dapat dirangkul oleh pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk memperkuat perusahaan pembiayaan barang bergerak seperti leasing. "Saya sangat berharap bisa bekerja sama dengan OJK, karena ini sangat menguntungkan buat OJK, pajak negara, dan leasing," tandas Alamsyah.



Sumber: BeritaSatu.com