Ini Alasan Kenapa Xiaomi Laris di Indonesia

Ini Alasan Kenapa Xiaomi Laris di Indonesia
Xiaomi Mi 10. (Foto: XDA Developers)
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 29 Juli 2020 | 22:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Diluncurkan pada tahun 2010, Xiaomi telah memasuki salah satu brand teratas untuk smartphone khususnya di Indonesia. Bahkan peluncuran produk terbarunya selalu dinantikan.

Ada beberapa alasan mengapa smartphone produksi Tiongkok ini laris di Indonesia.

Pertama, harga yang ramah di kantong namun tidak mengesampingkan kualitas. Tidak heran jika setiap kali produknya diluncurkan, banyak orang yang rela berebutan untuk membeli. Bahkan ketika flash sale, produk Xiaomi terjual habis dalam hitungan beberapa menit saja.

Dari segi kualitas, desain produk Xiaomi seringkali menjadi pelopor desain smartphone lainnya. Sistem operasi berbasis Android MIUI milik Xiaomi juga memiliki ciri khas tersendiri. Sistem operasi MIUI 12 memiliki berbagai fitur menarik seperti floating windows hingga forced dark mode.

Kedua, produk Xiaomi memiliki tingkatan harga yang jelas. Calon pembeli dapat dengan mudah membeli produk sesuai budgetnya baik itu untuk kategori premium, mainstream ataupun entry-level.

Ketiga, banyak jenis produk yang ditawarkan. Selain aksesoris smartphone seperti earphone, powerbank maupun Bluetooth speaker, terdapat pula produk elektronik seperti pengering rambut, smart TV, lampu LED dan lain sebagainya. Lampu LED Xiaomi bahkan tidak hanya terang namun memiliki desain berkelas dan premium.

Pembeli juga bisa mendapatkan berbagai merchandise mulai dari koper, tas, sepeda hingga masker.

Keempat, kesetiaan Mi Fans atau pengguna tetap Xiaomi. Komunitas ini senantiasa merekomendasikan produk Xiaomi ke teman-temannya karena mereka puas dan percaya dengan kualitas yang ditawarkan. Tak hanya itu, Xiaomi juga seringkali mengundang Mi Fans ke peluncuran produk.

Kelima, inovasi. Sejak awal kemunculannya, Xiaomi selalu berhasil membuat gebrakan. Dari sistem pemasaran, misalnya, Xiaomi awalnya mengandalkan penjualan daring sepenuhnya dan promosi dari mulut ke mulut oleh Mi Fans. Hal ini tentunya berbeda dengan produsen smartphone lainnya yang umumnya menggandeng artis papan atas untuk mempromosikan produk.

Dengan strategi pemasaran itu saja, produk Xiaomi bahkan selalu sulit dicari karena sudah diborong oleh banyak orang. Xiaomi bahkan berhasil masuk jajaran perusahaan paling inovatif di tahun 2016. Gelar itu didapat bahkan setelah enam tahun mereka berdiri.

Tak hanya itu, Xiaomi juga mampu mengikuti tren dan kebutuhan dari penggunanya. Mereka bisa merancang produk yang dibutuhkan di Indonesia khususnya bagi kaum muda yang ingin produk tercanggih dengan harga murah. Xiaomi bahkan sering kali memenuhi ekspektasi pengguna atau bahkan melampauinya.

Beragam inovasi baru tersebut membuat Xiaomi banyak dibicarakan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga seluruh dunia.



Sumber: BeritaSatu.com