Logo BeritaSatu

KoinWorks Genjot Digitalisasi UKM Lewat Kolaborasi Antar Lembaga

Jumat, 25 September 2020 | 08:40 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – KoinWorks mengukuhkan kembali komitmennya mntuk mendorong peningkatan digitalisasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, melalui penyediaan akses layanan keuangan serta pendampingan kepada UKM untuk transformasi digital.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini telah dibayang-bayangi oleh resesi, juga ditambah dengan ketidakpastian akan kondisi perekonomian yang terus bergejolak akibat pandemi Covid-19. UKM sebagai salah satu penyokong tulang punggung perekonomian di Indonesia dianjurkan untuk beradaptasi dengan implementasi digital dalam kegiatan operasionalnya.

Laporan “Asia Pacific SMB Digital Maturity Study 2020” menyebutkan digitalisasi usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia ditaksir dapat meningkatkan produk domestik bruto (PDB) sebesar US$ 160-164 miliar pada 2024, serta berkontribusi pada pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Menurut Head of Strategic Communication KoinWorks Aldion Sianturi, KoinWorks mendukung usaha pemerintah untuk meningkatkan lebih banyak lagi pelaku UKM yang terkoneksi digital. KoinWorks juga secara aktif melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak yang juga memiliki fokus pada digitalisasi UKM seperti pemerintah, perusahaan swasta maupun lembaga dan komunitas UKM, salah satunya terlihat pada kerjasama program yang KoinWorks jalani sebelumnya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Melalui program-program hasil kerjasama KoinWorks tersebut, hingga kini KoinWorks telah berhasil mendigitalisasi hingga lebih dari 180.000 UKM yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. KoinWorks pun berkomitmen untuk dapat mengkoneksikan lebih banyak UKM di Indonesia ke teknologi digital salah satunya melalui pemberian akses pada layanan keuangan untuk berbagai kebutuhan pelaku bisnis secara mudah dan efisien,” ujar Aldion dalam siaran pers, Kamis (24/9).

Di sisi lain, KoinWorks menyadari bahwa terkoneksi secara digital pun tidak serta merta menjamin keberhasilan pelaku UKM dalam berbisnis di platform digital. KoinWorks melihat beberapa aspek yang perlu dipahami oleh UKM agar dapat lebih bersaing di platform digital berkaitan dengan pengetahuan menjalankan bisnis daring seperti dalam hal strategi pemasaran digital, pencatatan keuangan dan pemanfaatan digital untuk alternatif pembiayaan yang saat ini masih menjadi hambatan digitalisasi UKM di Indonesia.

Menjawab tantangan tersebut, KoinWorks saat ini telah terhubung dengan ekosistem UKM Digital mulai dari e-commerce, logistik, POS, dan lainnya, yang dapat mempermudah para pelaku UKM ynaik kelas dan bertransformasi menjadi UKM Digital.
KoinWorks juga melakukan pendampingan secara berkelanjutan kepada UKM Digital di KoinP2P salah satunya melalui penyediaan konten edukasi melalui media sosial dan blog KoinWorks, gerakan #LokalSupportLokal untuk membantu mempromosikan bisnis UKM Digital selama masa pandemi, juga tentunya program restrukturisasi pinjaman bagi UKM Digital yang memerlukan pendampingan khusus akibat usahanya yang terdampak pandemi, dengan mengikuti kebijakan dan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kepala Sekolah Berperan Penting Gelorakan Indonesia Hebat

Kepemimpinan Indonesia diawali dan digelorakan dari sekolah-sekolah, dari anak-anak didik yang memiliki semangat untuk meraih cita-cita.

NEWS | 27 September 2022

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar.

NEWS | 27 September 2022

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Terkait OTT Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, KPK menyoroti lemahnya pengawasan di internal peradilan. 

NEWS | 27 September 2022

Disebut “Shadow Team” oleh Nadiem, Ini Peran GovTech Edu

GovTech Edu merupakan sebuah unit independen yang dibentuk Telkom untuk menghadapi tantangan besar yang ingin diselesaikan oleh Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Istima Ulama NTB Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Presiden

Ratusan tuan guru, ulama, kiai, hingga cendekiawan muslim di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo jadi presiden

NEWS | 27 September 2022

Seragam Baru Polisi Lalu Lintas Akan Dilengkapi Body Camera

Anggota polisi lalu lintas atau polantas akan memiliki seragam baru yang dilengkapi dengan body camera atau bodycam

NEWS | 27 September 2022

Rekam Medis Digital Hadapi Tantangan Perlindungan Data Pribadi

Tantangan implementasi rekam medis digital saat ini bukan hanya pengelolaan data medis tetapi juga termasuk perlindungan data pribadi pasien.

NEWS | 27 September 2022

Trem Kota Bogor Diusulkan Terkoneksi LRT Cibubur-Baranangsiang

Trem Kota Bogor diudulkan agar terkoneksi dengan dengan light rail transit (LRT) koridor Cibubur-Baranangsiang.

NEWS | 27 September 2022

IPW Jelaskan Posisi Anggota DPR Terkait Private Jet Brigjen Hendra

IPW menjelaskan posisi anggota DPR yang meminta kepolisian menyelidiki penggunaan private jet oleh Brigjen Hendra Kurniawan yang diduga milik bandar judi.

NEWS | 27 September 2022

Pemkot: Trem di Kota Bogor Butuh Anggaran Rp 1,2 Triliun

Pemkot Bogor membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun untuk mewujudkan pembangunan trem

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
6 Cara Mengatasi Ketiak Basah yang Mengganggu dan <em>Bikin </em>Malu

6 Cara Mengatasi Ketiak Basah yang Mengganggu dan Bikin Malu

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings