DPR Pastikan Kerja Sama Penggunaan Frekuensi untuk 5G
Logo BeritaSatu

DPR Pastikan Kerja Sama Penggunaan Frekuensi untuk 5G

Rabu, 11 November 2020 | 09:52 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah memutuskan kerja sama penggunaan spektrum frekuensi radio diperbolehkan untuk penerapan teknologi baru. Dalam rapat panitia kerja (Panja) UU Cipta Kerja disebutkan, teknologi baru tersebut adalah teknologi seluler generasi kelima yang dikenal dengan nama 5G.

Namun, sejumlah operator seluler mengusulkan aktivitas berbagi spektrum frekuensi juga diperbolehkan untuk teknologi 4G. Dengan adanya operator seluler yang menginginkan aktivitas berbagi spektrum frekuensi juga diperbolehkan untuk teknologi 4G, ada dugaan upaya menggeser makna dari substansi yang telah ditetapkan DPR di UU Cipta Kerja.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR, Willy Aditya mengatakan, UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja masih membutuhkan peraturan-peraturan pelaksanaan yang lebih detil sebagai terjemahan praktis yang resmi.

"Cita-cita, nilai-nilai, dan maksud yang dikehendaki dari UU ini akan terlihat jelas nanti di dalam peraturan pemerintah sebagai dasar pelaksanaan,” kata Willy dalam keterangannya, Rabu (11/11/2020).

Willy menjelaskan, peraturan pemerintah yang menjadi aturan pelaksanaan pun tidak luput dari pengawasan dan koordinasi dengan DPR.

"UU Cipta Kerja ini memiliki mekanisme resmi pengawasan dan koordinasi oleh DPR yang secara jelas disebutkan di dalam pasal-pasalnya. Hal ini untuk memastikan bahwa apa yang menjadi tujuan UU Cipta Kerja dapat terlaksana sebagaimana niat awalnya atau original intent," jelasnya.

Politisi Nasdem itu menuturkan, investasi dalam penerapan teknologi baru dalam rangka pemanfaatan frekuensi ini memang menjadi hal yang didiskusikan di dalam rapat panja UU Cipta Kerja. Tujuan akhir dari investasi yang dimaksud adalah alih teknologi selain tentunya pembukaan lapangan kerja dan tujuan investasi itu sendiri.

"Perlu diingat juga, teknologi yang digunakan saat ini dalam pemanfaatan dan pengembangan jalur 3G dan 4G bukanlah teknologi yang telah siap mengisi kondisi paska analog switch off yang akan berlangsung 2 tahun ke depan. Kemudian, juga pemanfaatan kanal frekuensi digital 700 MHz oleh sistem 5G," terang Anggota Komisi I DPR ini.

"Ini semua tentu butuh investasi baik dari dalam maupun luar negeri. Ini yang akan membuat perusahaan teknologi komunikasi kita akan makin maju. Aneh jika ada perusahaan yang justru ingin kondisi status quo yang tidak menguntungkan mereka. Jika tidak berinvestasi 5G, mereka ini justru akan tergilas oleh zamannya," imbuh Willy.

Willy menegaskan, UU Cipta Kerja ini dibuat untuk menjawab tantangan masyarakat kita ke depan. UU ini diniatkan untuk memberi manfaat bagi masyarakat luas, termasuk masyarakat pengguna teknologi komunikasi. "Keengganan untuk berinvestasi 5G akan memberi dampak kerugian bagi masyarakat," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Infina Gelar Festival Virtual Reality Pertama di Indonesia

Infina Virtual Reality Festival 2020 merupakan sebuah konsep festival secara online dengan menggunakan teknologi virtual reality (VR)

DIGITAL | 10 November 2020

Grab Tech Center di RI Jadi Pusat Inovasi ASEAN

Grab Tech Center menaungi tim yang fokus pada penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) GrabKios, Merchant, dan GrabFood.

DIGITAL | 10 November 2020

Gandeng Cisco, Indosat Bangun Jaringan Transport dan SDN Terkonvergensi

Langkah ini akan mentransformasi arsitektur jaringan transport Indosat Ooredoo secara menyeluruh.

DIGITAL | 10 November 2020

Pilkada 2020, Kemkominfo Cek Jaringan Internet

Pengecekan jaringan internet bertujuan agar para kontestan Pilkada 2020 tidak menemui kendala signifikan apabila melaksanakan kampanye secara virtual.

DIGITAL | 10 November 2020

Gim Perfect World Mobile Resmi Meluncur di Indonesia

Publisher gim asal Vietnam, VNG, resmi meluncurkan Perfect World Mobile di Indonesia.

DIGITAL | 9 November 2020

Acronis Cyber Protect Perkuat Dukungan Bagi Bisnis di Indonesia

Kemudahan integrasi perlindungan data dan keamanan siber yang didukung oleh AI (Artificial Intelligence) akan membantu bisnis di Indonesia mempertahankan diri dari semua ancaman siber modern

DIGITAL | 9 November 2020

Infinix Note 8 Resmi Hadir di Indonesia, Ini Harganya

Infinix Note 8 menggandeng Mobile Legend untuk memanjakan kalangan gamers di Indonesia

DIGITAL | 9 November 2020

APJII: Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta

Penetrasi pengguna internet di Indonesia naik 8,9 persen atau 25,5 juta pengguna dibandingkan dengan hasil survei tahun 2018.

DIGITAL | 9 November 2020

Polisi Terima Laporan Beredarnya Video Syur Mirip Jessica Iskandar

Polda Metro Jaya menerima laporan polisi tentang beredarnya video mengandung unsur pornografi yang isinya disebut-sebut mirip artis Jessica Iskandar.

DIGITAL | 9 November 2020

WIKO Usung Beberapa Varian Smartphone Baru

Untuk layanan kepuasan konsumen, layanan purna jual dari WIKO sendiri juga sudah bekerja sama dengan Unicom Care.

DIGITAL | 9 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS