Terapkan Transformasi Digital Pengawasan Nasional, BPKP Raih TOP Digital Awards 2020
Logo BeritaSatu

Terapkan Transformasi Digital Pengawasan Nasional, BPKP Raih TOP Digital Awards 2020

Selasa, 22 Desember 2020 | 20:54 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berhasil memperoleh penghargaan sebagai instansi dengan kategori TOP Digital 2020 #Level Stars 4 (Sangat Baik) dalam ajang TOP Digital Awards Tahun 2020.

Hal tersebut didapat setelah BPKP terbukti berhasil menerapkan transformasi digital pengawasan nasional secara menyeluruh walaupun ditengah Pandemi Covid-19.

Kepala BPKP, Dr. Muhammad Yusuf Ateh didaulat sebagai TOP Leader on Digital Implementation 2020 dalam acara tersebut. Ateh mengatakan, sejak awal BPKP berkomitmen dalam menyelenggarakan transformasi digital secara terpadu, yang salah satunya dipicu oleh Pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini telah menuntut teknologi informasi mengambil peran utama dalam transformasi pengawasan nasional di BPKP, termasuk dalam membina Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) di seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah daerah,” katanya usai menerima penganugerahan yang diwakili oleh Sekretaris Utama BPKP, Selasa (22/12/20).

Menurutnya, tranformasi digital nasional pengawasan harus dilakukan secara bersamaan dan komprehensif sehingga benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat terutama dalam pananganan Covid-19, pemberian jaring pengaman sosial (JPS), dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kepala Pusat Informasi Pengawasan (Pusinfowas), Rudy M. Harahap, PhD. juga menyabet penghargaan kategori TOP CIO (Chief Information Officer) on Digital Implementation 2020. Dimana dirinya menyampaikan gagasan yang berjudul “Bagaimana BPKP Menggerakkan Transformasi Pengawasan Intern Nasional Melalui Transformasi Digital?” dalam acara penganugerahan yang dihelat di Hotel Raffles Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Menurut dia, pengembangan dan penggunaan teknologi informasi di BPKP difokuskan pada solusi yang terintegrasi, mulai dari otentikasi, penggunaan data yang terpusat, berbagi-pakai data, pengelolaan risiko, serta penyimpanan data.

“Saat ini, seluruh unit di BPKP (kantor pusat, kantor Pusdiklatwas, dan 34 kantor perwakilan BPKP di seluruh ibukota provinsi) telah terhubung melalui koneksi WAN yang didukung data center dan Disaster Recovery Center (DRC). BPKP juga telah memiliki sistem informasi terpusat terkait dengan pengelolaan SDM, kinerja organisasi, dan business management system (SIMA),” ucapnya.

Dalam ajang TOP Digital Awards 2020 ini, BPKP dinilai telah memenuhi beberapa kriteria, antara lain information technology (IT) governance yang sangat baik, yaitu aspek kebijakan, organisasi, penerapan sistem, dan prosedur.

Implementasi teknologi digital di BPKP dianggap berhasil dan terpadu di hampir semua unit kerja serta berdampak signifikan terhadap kinerja, daya saing, dan layanan terhadap masyarakat. Infrastruktur teknologi digital BPKP juga telah tersedia sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Melalui penghargaan ini, BPKP diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan stakeholders, baik instansi pemerintah maupun masyarakat. BPKP juga telah dianggap bergerak cepat dalam mendukung program pemerintah untuk bertransformasi digital dan menyambut era Industri 4.0.

Kegiatan TOP Digital Awards merupakan kegiatan pemeringkatan (rating) tahunan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan atau institusi yang dinilai berhasil dalam inovasi, implementasi IT dan Telco atau teknologi digital, baik sistem menajemen maupun dalam kaitan layanan pelanggan atau masyarakat. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh majalah IT Works yang bekerja sama dan didukung oleh beberapa asosiasi dan perusahaan konsultan TI TELCO.

Penjurian TOP Digital Awards 2020 menggunakan tiga metode, yakni market research independen, pengisian kuesioner, wawancara penjurian, serta rekomendasi user atau masyarakat. Dewan Juri dipimpin oleh guru besar Universitas Indonesia, Prof. Dr.-Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng.

Sebelumnya, BPKP juga telah mendapatkan penilaian “baik” dari hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Industri Digital Tidak Bisa Stand Alone, Harus Kolaborasi

Pandemi Covid-19 mampu mempercepat seluruh sektor industri masuk ke ranah digital.

DIGITAL | 22 Desember 2020

Amartha Dorong Perempuan Ambil Peran dalam Pemulihan Ekonomi

Amartha meluncurkan kampanye #SaatnyaPerempuan untuk mendorong partisipasi perempuan dalam perekonomian khususnya pemulihan ekonomi.

DIGITAL | 22 Desember 2020

Nakamichi Perluas Segmentasi Pasar di Indonesia

Program pemangkasan harga ini, sekaligus menandai peluncuran produk true wireless earphone Nakamichi terbaru, TW020.

DIGITAL | 22 Desember 2020

MPL Hadirkan Konsep Baru di Pasar Gim Indonesia

Di MPL, selain para pemain dapat mengasah keterampilan bermain, mereka juga dapat mengumpulkan hasil kemenangan disetiap turnamen yang diikuti menjadi saldo.

DIGITAL | 22 Desember 2020

Sistem Analisis Profil ADA Pangkas Proses Panjang Pengajuan Pinjaman

ADA menyediakan variabel-variabel non-finansial untuk membuat dan menjalankan sistem analisis profil calon peminjam.

DIGITAL | 22 Desember 2020

Diluncurkan, Aplikasi Krisnapay Terus Kembangkan Layanan

Aplikasi ini baru saja diluncurkan pada 1 Desember lalu oleh PT Krisna Berkat Investindo, perusahaan IT yang fokus pada ekosistem ekonomi digital.

DIGITAL | 22 Desember 2020

Esports Jadi Wadah Milenial Mencetak Prestasi

Menurut Bambang, PBESI akan menggelar lebih banyak lagi turnamen di tahun depan untuk mencari bibit atlet esports berprestasi dari seluruh Indonesia.

DIGITAL | 20 Desember 2020

Partai Era Masyarakat Sejahtera Uji Coba Layanan Transportasi Daring Emas Jek

Uji coba ini dilakukan guna memastikan kesiapan aplikasi tersebut sebelum nantinya resmi diluncurkan.

DIGITAL | 20 Desember 2020

Di Lomba Video AJV-Tije, Milenial Mulai Berani Unjuk Karya Serius

Netizen muda mulai punya keberanian menunjukkan karya videonya yang serius dalam Lomba Video Aliansi Jurnalis Video (AJV) dan TransJakarta (Tije).

DIGITAL | 20 Desember 2020

Infinix Sapu Bersih Penjualan Smartphone di 3 Gelaran Harbolnas

Infinix berhasil menjual lebih dari 40.000 unit smartphone dalam gelaran Harbolnas 12.12.

DIGITAL | 19 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS