Ekonomi Bangkit, Ini Tren Industri E-Commerce di 2021
Logo BeritaSatu

Ekonomi Bangkit, Ini Tren Industri E-Commerce di 2021

Selasa, 29 Desember 2020 | 21:19 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Perekonomian Indonesia diprediksi mulai bangkit dalam enam bulan ke depan, menyusul upaya pemerintah melakukan vaksinasi Covid-19. Sementara kompetisi pelaku industri e-commerce tidak seketat di 2020.

“Kita dapat mengharapkan ekonomi meningkat di semester dua tahun 2021 atau sesudah Lebaran. Ekonomi akan menguat dan jauh lebih baik dari tahun ini. Saya rasa travelling akan meningkat, kebutuhan di pabrik, manufaktur, dan perkantoran juga akan meningkat dan membaik secara signifikan,” kata Pendiri sekaligus CEO Bhinneka.com, Hendrik Tio saat dihubungi Beritasatu.com, seperti dipublikasikan Selasa (29/12/2020).

Hendrik menilai, persaingan industri e-commerce di 2021 akan lebih longgar. Pelaku industri tidak akan seagresif di tahun 2020. Industri e-commerce akan lebih fokus mengaktifkan pembeli dengan cara lain seperti memperlengkap produk di platformnya, menjangkau daerah, dan melakukan edukasi. Dengan demikian, strategi bakar uang untuk memperluas pasar lebih mungkin dilakukan secara geografis. “Geografis memang menjadi tantangan terbesar bagi industri ini. Bagaimanapun tetap ada perbedaan infrastruktur antara Jakarta dan luar Jawa. Ini bukan berarti tidak bisa akses internet, melainkan adanya perbedaan kecepatan dan konsistensi yang menjadi kendala," kata dia.

Selain itu, ada kendala dalam hal edukasi penggunaan teknologi untuk mengakses dunia e-commerce. Untuk itu, kata dia, mempercepat proses edukasi menjadi tanggung jawab pemain industri e-commerce. "Kami perlu melakukan edukasi agar pasar juga semakin tahu cara berkecimpung di e-commerce dengan lebih baik,” kata Hendrik.

Menurut Hendrik, ke depannya, produk yang dibelanjakan di e-commerce tidak hanya barang fisik, melainkan non-fisik. Penggunaan financial technology (fintech) di e-commerce sebagai metode pembayaran akan makin populer. "Di waktu mendatang, konsumen juga bisa membeli asuransi atau membayar uang sekolah melalui e-commerce," kata Hendrik.

Hendrik juga mengungkapkan, social commerce mulai masuk ke Indonesia. Terlihat dari media sosial meluncurkan fitur shopping yang memungkinkan penggunanya berbelanja tanpa perlu beranjak dari platformnya.

Hendrik berharap industri e-commerce dapat memberikan kontribusi lebih besar pada perekonomian nasional, sehingga dapat dinikmati seluruh Indonesia. "Penjual dari berbagai daerah dapat memperluas pasarnya secara besar-besaran. Dengan demikian, ekonomi tidak hanya terpusat di Jakarta, namun berkembang di daerah-daerah lainnya," kata dia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kembangkan Teknologi AI, Yenny Wahid Gandeng Kesultanan Oman

Kedua belah pihak sepakat mendirikan perusahaan patungan dengan nama Salam Tech Collaborative Venture atau Salam Tech.

DIGITAL | 29 Desember 2020

Di Tengah Pandemi, Industri E-Commerce Dapat Berkah

Proses go digital semakin diperlukan dan tidak dapat dihindarkan.

DIGITAL | 28 Desember 2020

Inovasi Digital Dukung Bisnis Bengkel di Masa Pandemi

Perkembangan teknologi mendorong perubahan pasar yang menuntut pelaku bisnis dan usaha mesti bersiap dalam dunia digital.

DIGITAL | 28 Desember 2020

Kolaborasi Apjatel dan Lintasarta Dukung JakWifi

JakWifi bertujuan memberikan kemudahan akses internet bagi masyarakat menuju standar pelayanan kota berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

DIGITAL | 28 Desember 2020

Dua Laptop Bisnis Portege Resmi Diluncurkan

Dua laptop bisnis Portega yang resmi diluncurkan adalah X30L-J dan X40-J.

DIGITAL | 26 Desember 2020

Mafindo: Masyarakat Rukun, Hoax Tidak Mudah Beredar

Mafindo mengatakan bahwa masyarakat yang rukun dan saling pengertian akan membuat berita bohong atau hoax tidak akan mudah beredar.

DIGITAL | 25 Desember 2020

70% Pelanggan Zoho di Indonesia Adalah UMKM

Zoho telah mengembangkan lebih dari 45 aplikasi yang digunakan oleh perusahaan besar dan kecil dalam skala regional maupun global.

DIGITAL | 25 Desember 2020

Hugaf Support Startup Siasati Masa Pandemi

Kondisi pandemi harus dilihat sebagai peluang emas oleh pelaku startup untuk lebih dekat dengan pangsa pasar.

DIGITAL | 24 Desember 2020

Pengujung Tahun, Samsung Perkenalkan Galaxy A12

Samsung secara resmi memerkenalkan varian smartphone terbaru yaitu, Samsung Galaxy A12, Kamis (24/12/2020).

DIGITAL | 24 Desember 2020

Transparansi, Pakar Dukung Rencana Erick Dorong Program Satu Data Pemerintah

Data tersebut adalah pangan, energi, infrastruktur, maritim, pendidikan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, industri, pariwisata, hingga reformasi birokrasi.

DIGITAL | 24 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS