Logo BeritaSatu

Tips Aman dari Ancaman Siber Saat Bekerja dari Rumah

Rabu, 6 Januari 2021 | 13:28 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Meski sudah banyak berita yang muncul mengenai kehadiran vaksin Covid-19 di awal tahun 2021, namun belum ada kepastian kapan pandemi ini akan usai.

Kondisi ini memiliki arti, tatanan hidup baru atau new normal kemungkinan besar akan masih terus berlanjut, begitu juga cara kita bekerja dari rumah atau yang lebih dikenal dengan istilah WFH (work from home).

Melalui laporan yang berjudul Future of Secure Remote Work, Cisco melakukan survei terhadap 3.000 pengambil keputusan teknologi dan informasi di perusahaan-perusahaan berskala kecil hingga besar dari 21 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Responden di Indonesia menyatakan, privasi data, keamanan akses, dan perlindungan dari malware merupakan tiga tantangan utama yang dihadapi selama WFH. Kekhawatiran akan perlindungan akses laptop atau komputer kantor, aplikasi berbasis teknologi cloud, informasi pelanggan, dan perangkat pribadi juga menjadi sorotan utama.

Oleh karena itu, Cisco membagikan tiga tips aman bekerja dari rumah selama pandemi yang bisa dilakukan perusahaan dan juga perseorangan guna menjawab tantangan di masa pandemi Covid-19.

Verifikasi Identitas Pengguna

Di era yang semakin canggih ini, menjaga keamanan siber dan perangkat sudah tidak bisa bertumpu pada kata kunci atau password lagi. Jika password tertebak atau diketahui oleh orang lain, maka sangat sulit untuk mencegah akses yang tidak sah (unauthorized access).

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan pengaturan verifikasi identitas pengguna. Dengan Cisco Duo misalnya, bisa membantu meningkatkan keamanan akses perangkat dengan melakukan pendekatan zero trust dalam proses autentikasi dua faktor (two-factor authentication).

Cisco Duo memastikan hanya pengguna dan perangkat yang terdaftar yang bisa mengakses aplikasi atau sumber data penting milik perusahaan. Selain itu, juga bisa membantu memberikan visibilitas perangkat dan aktivitas pengguna serta membatasi akses aplikasi.

Koneksi Internet yang Aman

Pastikan untuk selalu mengakses koneksi internet yang aman. Alasannya, saat memakai jaringan WiFi publik, mungkin saja jaringan tersebut dienkripsi sehingga siapapun yang ada di jaringan tersebut bisa memantau aktivitas di internet.

Hal ini akan sangat berbahaya jika pengguna melakukan akses ke informasi sensitif yang dimiliki oleh perusahaan karena itu berarti siapapun bisa mengaksesnya.

Untuk melindungi hal tersebut, mungkin bisa menggunakan Cisco AnyConnect Secure Mobility Client, yang mampu memberikan akses mudah dan sangat aman ke jaringan perusahaan dari perangkat apa pun, kapan pun, dan di mana pun sambil tetap melindungi data-data perusahaan yang sensitif.

Situs Internet yang Terpercaya
Perlu diingat, tidak semua situs yang dikunjungi di internet aman. Ada banyak situs berbahaya yang dapat menyebarkan malware ke perangkat, mencuri informasi pribadi bahkan meretas akun email.

Sebelum terlambat, ada baiknya melindungi diri dari ancaman siber malware. Cisco Advanced Malware Protection (AMP) misalnya, bisa melindungi dari malware yang mengancam email, jaringan, atau bahkan keamanan endpoint perusahaan.

Bagi perseorangan, Cisco AMP bisa membantu meningkatkan keamanan email dengan memblokir surat elektronik yang berindikasi melakukan spear phishing, ransomware, cryptoworms, dan serangan siber berbasis email lainnya. Bagi perusahaan, Cisco AMP juga bisa membantu melindungi keamanan jaringan dan endpoint perusahaan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bela Putri Candrawathi, Febri Diansyah Tegaskan Objektif

Eks Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah bakal bersikap objektif dalam menjalankan tugas sebagai kuasa hukum Putri.

NEWS | 28 September 2022

2 Eks KPK Perkuat Tim Pengacara Sambo dan Putri Candrawathi

Dua eks pegawai KPK, yakni Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang, memperkuat tim pengacara Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 28 September 2022

Pakar Dukung Jokowi Lakukan Reformasi Hukum di Indonesia

Penegasan Presiden Jokowi mengenai perlu adanya reformasi hukum di Indonesia disambut baik oleh pakar hukum pidana.

NEWS | 28 September 2022

Rusia Usir Diplomat Jepang yang Dituduh Spionase

Rusia mengusir diplomat Jepang yang dituduh melakukan spionase. FSB telah menghentikan aktivitas spionase di Konsulat Jenderal Jepang di Vladivostok.

NEWS | 28 September 2022

Eks Pegawai KPK Rasamala Aritonang Jadi Pengacara Sambo, Ini Alasannya

Eks Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rasamala Aritonang menjadi kuasa hukum Ferdy Sambo

NEWS | 28 September 2022

Tim Pengacara Ferdy Sambo Janjikan Pembelaan yang Fair

Tim pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi janji bakal memberikan pembelaan yang fair (adil) sesuai prinsip peradilan, kepada kliennya

NEWS | 28 September 2022

Latihan Militer, AS Akan Kerahkan HIMARS ke Latvia

Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan sistem roket HIMARS untuk latihan militer ke Latvia, negara tetangga Rusia.

NEWS | 28 September 2022

KPK Cecar Zumi Zola soal Uang ke Anggota DPRD Jambi

KPK memeriksa eks Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai saksi, Selasa (27/9/2022) dugaan suap pada pembahasan RAPBD Jambi

NEWS | 28 September 2022

KPK Ungkap 3 Hal yang Dapat Buat Penyidikan Lukas Enembe Dihentikan

KPK memaparkan tiga hal yang dapat membuat penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua Lukas Enembe dihentikan.

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Minta Penyaluran Bantuan Subsidi Upah Terus Dipercepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) terus dipercepat, sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bela Putri Candrawathi, Febri Diansyah Tegaskan Objektif

Bela Putri Candrawathi, Febri Diansyah Tegaskan Objektif

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings