Bahasa.ai Tawarkan Solusi Chatbot Berbasis AI
Logo BeritaSatu

Bahasa.ai Tawarkan Solusi Chatbot Berbasis AI

Kamis, 25 Februari 2021 | 14:16 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Kemajuan teknologi saat ini menuntut segala macam bisnis untuk bisa memberikan segala sesuatu kepada konsumen dengan instan dan cepat. Mulai dari pemberian informasi, menampilkan produk/jasa, transaksi, hingga proses tanya-jawab dengan customer service, semuanya harus melalui proses yang cepat dan tepat. Dan jika perusahaan tak mampu merespon dengan cepat dan tepat, sama saja membuka pintu bagi calon konsumen untuk pergi. Perusahaan dipastikan akan kehilangan calon pelanggan.

Berdasarkan riset yang dilakukan Facebook dan Boston Consulting Group, sebanyak 91 % minat masyarakat Indonesia menambah jumlah transaksi belanjanya atau membeli sesuatu akan semakin tinggi dan besar setelah melakukan conversational commerce atau percakapan dengan penyedia jasa/barang lebih dulu.

Tapi di lain sisi, tidak semua perusahaan mampu memberikan conversational commerce dengan optimal. Bila terus dibiarkan, maka perusahaan akan lambat berkembang, bahkan cenderung kalah bersaing karena tak mampu mengikuti kemajuan teknologi.

“Untuk itu Bahasa.ai hadir sebagai solusi. Kami merupakan perusahaan teknologi chatbot berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat memberikan bantuan secara real time, tepat saat pelanggan membutuhkannya,” kata Hokiman Kurniawan, Co-Founder sekaligus CEO Bahasa.ai, Kamis (25/2/2021).

“Selain itu, chatbot berbasis conversational AI juga dapat memberikan tiga manfaat. Pertama, memberikan pengalaman khusus yang unik bagi setiap pelanggan untuk membangun hubungan positif. Kedua, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan ketiga, meningkatkan persepsi memuaskan konsumen dan mendapatkan respon baik dari pelanggan,” tambahnya.

Namun Hokiman menegaskan bahwa chatbot AI hadir bukan untuk menggantikan peran manusia, melainkan untuk meningkatkan pelayanan. Sebab ada beberapa hal dalam menangani konsumen yang masih memerlukan sentuhan empati dan simpati manusia.

Dan demi bisa membantu banyak perusahaan di Indonesia agar dapat maju dan berkembang, Bahasa.ai hadir dengan unique value proposition. Diantaranya, Bahasa.ai fokus mengembangkan chatbot AI dengan penguasaan frasa bahasa Indonesia yang sangat luas.

Kemudian Bahasa.ai saat ini menjadi pengembang chatbot berteknologi Natural Language Processing (NLP) pertama di Indonesia yang mampu menangani percakapan dengan pengguna secara spesifik seputar product knowledge. Bahasa.ai juga menjadi satu-satunya pengembang chatbot AI di Indonesia yang melayani journey customer secara lengkap, mulai dari menarik minat pelanggan, proses pembelian, program loyalitas, hingga advokasi pelanggan.

MyRepublic menjadi salah satu perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan Bahasa.ai untuk menghadirkan chatbot WhatsApp. Mengusung karakter Mira sebagai chatbot, MyRepbulic mampu menghadirkan beragam fitur kepada pelanggan. Mulai dari mengenali profil pelanggan secara otomatis, upgrade paket, restart modem, pembayaran tagihan, registrasi program promo, fitur troubleshooting, penambahan layanan seperti request extra router, menambah channel TV kabel, hingga menginformasikan jika terjadi gangguan massal di area lokasi pelanggan.

“Solusi NLP Chatbot dari Bahasa.ai menghadirkan virtual assistant di seluruh rumah pelanggan MyRepublic dan meningkatkan customer experience dalam berlangganan," ungkap Vice President Customer Journey MyRepublic, Edwin Satyadi.

Bukan hanya membantu dalam hal membangun percakapan dengan konsumen, Bahasa.ai juga mendukung kemudahan dalam bertransaksi. Karena teknologi Bahasa.ai memungkinkan chatbot terhubung dengan beragam metode pembayaran yang ada, seperti transfer bank, virtual account, OVO, dan GoPay, serta berbagai metode pengiriman seperti Tiki, JNE, GoSend, Grab Express, dan Paxel.

Inovasi tersebut membuat Bahasa.ai kini mampu menjalin kerja sama terbarunya dengan Artajasa. Kolaborasi antara kedua perusahaan ini terjalin untuk menghadirkan layanan pembayaran hingga transaksi perbankan melalui aplikasi WhatsApp.

“Kami bekerja sama dengan Bahasa.ai untuk memberikan solusi berupa inovasi layanan Whatsapp chatbot yang kemudian dikembangkan untuk dapat melakukan transaksi pembayaran/ finansial,” ungkap Direktur Bisnis ArtaJasa, Antoni Moris.

Moris menjelaskan, WhatsApp Chatbot ini telah didukung dengan teknologi AI sehingga membuat pengguna mampu berkomunikasi kepada robot layaknya berkomunikasi dengan manusia.

Sementara itu, terkait transaksi perbankan yang dilakukan melalui WhatsApp, Moris memastikan pihaknya sudah meningkatkan tingkat keamanan sehingga aman untuk digunakan. Pengguna tak perlu khawatir terkena peretasan.

“Dengan inovasi ini, nasabah dapat menambahkan nomor WA Bisnis dari bank ke dalam kontak dan memulai transaksi perbankan dengan percakapan yang aman dan interaktif,” terangnya.

“Tidak diragukan lagi, kedepannya akan ada lebih banyak bisnis dan perusahaan yang mengadopsi teknologi mesin percakapan otomatis ini untuk diintegrasikan ke dalam proses bisnis, sebagai sarana meningkatkan operasional dan tetap terdepan dalam persaingan,” imbuh Hokiman.

Saat ini, teknologi chatbot AI dari Bahasa.ai telah digunakan oleh beberapa perusahaan nasional, di antaranya DANA, Smartfren, Sociolla, MyRepublic, Bank Sinarmas, KoinWorks, KalCare, Indosat Ooredoo, AstraPay, BAF, Morinaga, dan yang terbaru Artajasa.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Robot Kolaboratif ABB Mudahkan Otomatisasi di Sektor Industri

Cobot ABB bisa mengubah cara kerja perusahaan mencapai kinerja operasi dan pertumbuhan perusahaan.

DIGITAL | 25 Februari 2021

Handyman Smart Home Hadir untuk Penuhi Kebutuhan Rumah Masa Depan

Handyman menciptakan gaya rumah masa depan hanya dengan instalasi melalui aplikasi ponsel pintar atau smartphone.

DIGITAL | 24 Februari 2021

Siap Meluncur 3 Maret, Realme Narzo 30A Sasar Gamers

realme narzo 30A diklaim sebagai smartphone gaming entry-level paling powerful.

DIGITAL | 24 Februari 2021

Gravity Game Link Resmi Luncurkan Lost Saga Origin

Masa pra-registrasi Lost Saga Origin resmi dibuka, dengan menyediakan hadiah Honda Brio.

DIGITAL | 24 Februari 2021

Amartha Terima Pendanaan US$ 50 Juta dari Lendable Inc

Amartha menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerima dana 2X Challenge senilai USD 50 juta dari Lendable Inc.

DIGITAL | 24 Februari 2021

ZTE Dorong Operator Telekomunikasi Kembangkan 5G Messaging

Keberadaan 5G Messaging diyakini dapat meningkatkan pesan singkat tradisional.

DIGITAL | 24 Februari 2021

“Ghost Parade” dari Video Game ke Komik

Kesuksesan game tersebut yang sekaligus juga berhasil mengenalkan kekayaan budaya Nusantara ke dunia Internasional.

DIGITAL | 24 Februari 2021

Kemkominfo Terapkan Strategi Digitalisasi Indonesia dari Hilir ke Hulu

Hal itu dilakukan untuk menjangkau seluruh pelosok Tanah Air yang saat ini belum terjangkau signal (blankspot).

DIGITAL | 24 Februari 2021

Ericsson Percepat Peluncuran 5G di Pita Frekuensi Sedang

Pita sedang menjembatani kecepatan, kapasitas, dan jarak jangkauan antara pita frekuensi rendah dan pita frekuensi tinggi.

DIGITAL | 24 Februari 2021

Multipolar Technology Perkuat Keamanan Jaringan dengan Cisco Umbrella

Cisco Umbrella mencegah akses ke situs atau malware berbahaya meski karyawan bekerja dari luar kantor.

DIGITAL | 24 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS