Google Maps Mulai Tampilkan Rute Ramah Lingkungan
Logo BeritaSatu

Google Maps Mulai Tampilkan Rute Ramah Lingkungan

Rabu, 31 Maret 2021 | 14:36 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

California, Beritasatu.com- Google Maps akan mulai mengarahkan pengemudi ke rute yang dianggap paling ramah lingkungan berdasarkan daftar faktor. Fitur baru ini merupakan bagian dari komitmen Google untuk memerangi perubahan iklim.

Seperti dilaporkan BBC, Rabu (31/3), mesin pencari itu menyatakan akan menyoroti perjalanan yang menghasilkan jejak karbon terendah dengan menggunakan data lalu lintas dan kemiringan jalan.

Google menyatakan fitur tersebut akan diluncurkan pertama kali di AS akhir tahun 2021 "dengan ekspansi global dalam perjalanan".

Saat diluncurkan, rute baku di aplikasi Google Maps akan menjadi opsi "ramah lingkungan", kecuali pengguna memilih untuk tidak menggunakannya.

Jika rute alternatif jauh lebih cepat, Google akan menawarkan pilihan dan memungkinkan pengguna membandingkan perkiraan emisi.

"Apa yang kami lihat adalah untuk sekitar setengah dari rute, kami dapat menemukan opsi yang lebih ramah lingkungan dengan trade-off yang minimal atau tanpa biaya waktu," kata Russell Dicker, direktur produk di Google.

Mesin pencari, yang dimiliki oleh Alphabet, menyatakan penggunaan data emisi berdasarkan pengujian di berbagai jenis mobil dan tipe jalan, berdasarkan wawasan dari National Renewable Energy Lab (NREL) pemerintah AS.

Faktor data jalan di lereng dan kemiringan dari fitur mobil Street View miliknya bersama dengan citra udara dan satelit.

"Ini adalah contoh bagus dari tiga tren yang muncul bersamaan - data, keberlanjutan, dan pilihan konsumen. Ini juga akan mendorong mereka yang berada di pagar untuk membuat pilihan kecepatan yang disengaja daripada keberlanjutan dan seringkali biaya," kata Siddharth Pathak, mitra di perusahaan konsultan Kearney.

Mulai Juni, Google akan mulai memperingatkan pengemudi tentang perjalanan melalui zona emisi rendah di mana beberapa kendaraan dilarang. Regulasi ini umum terjadi di negara-negara seperti Jerman, Prancis, Belanda, Spanyol, dan Inggris.

"Dari Amsterdam hingga Jakarta, kota-kota di seluruh dunia telah menetapkan zona emisi rendah - area yang membatasi kendaraan yang berpolusi seperti mobil diesel tertentu atau mobil dengan stiker emisi khusus untuk membantu menjaga kebersihan udara," kata Google dalam satu posting blog.

Pengguna Google Maps juga dapat membandingkan mobil, bersepeda, transportasi umum, dan opsi perjalanan lainnya di satu tempat alih-alih beralih di antara berbagai bagian dalam fitur baru yang diluncurkan tahun ini.

"Untuk mendukung upaya ini, kami sedang mengerjakan peringatan untuk membantu pengemudi lebih memahami kapan mereka akan menavigasi melalui salah satu zona ini,” tambahnya.

Raksasa teknologi AS itu menyatakan telah lama mengembangkan praktik berkelanjutan untuk memberi manfaat bagi lingkungan. Google elah berjanji untuk bebas karbon pada tahun 2030 untuk membantu kota-kota melacak emisi gas rumah kaca.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kejahatan Siber Meningkat, Pimpinan IT Harus Melek CASB

Ancaman ini memanfaatkan celah keamanan yang disebabkan Shadow IT sehingga diperlukan solusi keamanan baru CASB untuk mendeteksinya

DIGITAL | 31 Maret 2021

Lawan Hoax, Rakyat Sehat, Ekonomi Bangkit Kembali

Informasi bohong atau hoax terkait vaksinasi dinilai mengganggu kelancaran program pemerintah tersebut.

DIGITAL | 30 Maret 2021

Diskusi Amartha: Mendobrak Stigma Perempuan dan Potensinya di Bidang Ekonomi

Pelibatan perempuan dalam ekonomi berpotensi meningkatkan kesejahteraan negara.

DIGITAL | 30 Maret 2021

Ini Strategi Kemkominfo Jelang Penutupan TV Analog, November 2022

Migrasi ke TV digital merupakan sebuah keharusan, akibat dari perkembangan teknologi yang menuntut kualitas siaran yang berkualitas, jernih dan canggih.

DIGITAL | 30 Maret 2021

Perusahaan Data Center Mulai Melirik PLTS Atap

Kebutuhan energi di perusahaan data center bisa dijawab oleh pengggunaan PLTS Atap atau on grid.

DIGITAL | 30 Maret 2021

Mobile Game Pertanian Bisa Jadi Solusi Kurangi Stres

Guna merilekskan pikiran usai bekerja, gim dengan tema pertanian bisa menjadi solusi yang tepat.

DIGITAL | 29 Maret 2021

Kantongi Izin, SnackVideo Kembali Hadirkan Aplikasi Berbagi Video Pendek

SnackVideo berkomitmen untuk mematuhi hukum dan peraturan Indonesia dan bekerja sama dengan pihak berwenang Indonesia untuk menciptakan pengalaman pengguna.

DIGITAL | 29 Maret 2021

XL Axiata Donasikan 500 Smartphone untuk Pelajar di 4 Kota

penyaluran smartphone dan paket data gratis akan dibantu dan dilakukan oleh Yayasan BenihBaik dan Yayasan Baitul Maal Muamalat.

DIGITAL | 29 Maret 2021

Telkom Resmikan Data Center neuCentrIX Ketiga di Jakarta

NeuCentrIX juga bersifat carrier neutral data center, sehingga memungkinkan interkoneksi antara beberapa operator telekomunikasi.

DIGITAL | 29 Maret 2021

Aplikasi Pocket Legals Mempermudah Konsultasi Hukum

Melalui aplikasi Pocket Legals, masyarakat bisa mendapat konsultasi hukum dengan biaya yang terjangkau.

DIGITAL | 29 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS