Teknologi Digital Mengubah Aktivitas Branding
Logo BeritaSatu

Teknologi Digital Mengubah Aktivitas Branding

Kamis, 8 April 2021 | 20:38 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menjadi brand pilihan konsumen tentu diinginkan oleh setiap merek di Indonesia. Namun, perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam aktivitas branding.

Pasalnya, kehadiran teknologi digital memungkinkan setiap orang mendapatkan informasi tentang produk yang dibutuhkan secara akurat, serta lengkap dengan informasi pembanding antara satu brand dengan lainnya dalam waktu singkat di ranah online.

Karena itu, penting bagi sebuah brand untuk hadir secara online dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia, mulai dari website, marketplace, mesin pencari, bahkan media sosial (Medsos) untuk menjadi brand pilihan dan direkomendasi oleh konsumennya.

Head of Life Solutions Sales & Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia, Rawenda, mengungkapkan, perkembangan digital marketing selama 10 tahun terakhir telah menjadi prioritas bagi Panasonic, khususnya pompa air. Melalui kerja sama dengan online shop membuat pompa air Pansonic semakin dikenal dan tetap menjadi pilihan untuk konsumen.

"Selain itu, konten yang informatif dan program yang menarik lewat medsos, menjadi referensi agar konsumen dapat memilih pompa Panasonic sebagai pilihan utama untuk kebutuhan di rumah,” jelas Rawenda, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu, CEO Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo, mengatakan, digitalisasi telah mendisrupsi hampir seluruh lini bisnis dalam waktu singkat. Jika sebelumnya sebuah brand perlu melewati proses yang tidak sebentar untuk memiliki brand equity yang kuat, kini membangun brand equity bisa menjadi lebih cepat.

Kondisi tersebut semakin lengkap dengan kehadiran marketplace yang tidak hanya menyajikan kelengkapan produk, tapi juga memanjakan konsumen melalui tools, seperti pencarian produk, pemberian rating hingga review. Pilihan dan informasi yang disajikan membuat konsumen menjadi lebih mudah menemukan suatu produk dan memilih sebuah brand.

"Harga, review atau rating serta informasi yang akurat terkait produk adalah value yang bisa menjadi faktor utama pendorong konsumen untuk memilih dan membeli bahkan merekomendasikan sebuah produk di dunia digital, khususnya e-commerce," tandas Tri.

Untuk melihat brand pilihan konsumen, lanjut Tri, pihaknya menginisiasi survei Brand Choice Index, yang merupakan riset keterpilihan sebuah brand atas produk yang ditawarkan kepada konsumen, berdasarkan survei digital melalui platform marketplace atau e-commerce.

"Survei Brand Choice Index berdasarkan 3 aspek penilaian yaitu digital brand awareness aspect, digital consumer choice aspect, digital consumer reviews dan rating aspect. Selanjutnya, brand yang lolos sebagai top 3 di kategori produk berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya, berhak meraih penghargaan Brand Choice Award 2021," tandas Tri.

Adapun brand-brand yang berhasil menjadi juara Brand Choice Award 2021 antara lain, Panasonic untuk kategori (Pompa Air), Gree (AC), Senka (Facial Foam dan Facial Wash), Miranda (Vitamin Rambut), Blackmores (Vitamin C), Herborist (Face and Body Scrub), Veger (Power Bank), Oxone (Oven dan Microwave), Modena (Water Heater), serta Sharp (Mesin Cuci, Vacuum Cleaner, Dispenser, Lemari Es, AC, Oven dan Microwave, Air Purifier, dan Air Cooler).



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Telkom Resmikan Data Center neuCentrIX Ulin Banjarmasin

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meresmikan data center neuCentrIX (Neutral Cloud & Internet Exchange) Ulin, Banjarmasin.

DIGITAL | 8 April 2021

Partai Emas Terus Uji Coba Layanan Transportasi Daring EmasJek

Layanan EmasJek yang dihadirkan Partai Era Masyarakat Sejahtera, saat ini dalam proses uji coba.

DIGITAL | 8 April 2021

LandX Dominasi 65% Penyaluran Dana di Platform Equity Crowd Funding

LandX menunjukkan telah mendominasi penyaluran dana terbesar 64,8% dibandingkan platform serupa lain.

DIGITAL | 8 April 2021

Layanan Google, Gmail, dan Youtube Sempat Alami Gangguan

Layanan Google search, termasuk Gmail dan YouTube hari ini, Kamis (8/4/2021) mengalami gangguan. Terjadi lonjakan aduan sejak pukul 09.30 WIB.

DIGITAL | 8 April 2021

Teknologi IP Cam Optimalkan Pengawasan Rumah secara Real Time

Teknologi IP Cam mampu mengoptimalkan pengawasan rumah secara real time dari jarak jauh selama terhubung dengan koneksi internet.

DIGITAL | 8 April 2021

Bos Gravity Game Link: Lost Saga Origin Resmi Dirilis di Indonesia

Lost Saga kembali dirilis secara resmi oleh Gravity Game Link setelah lebih dari satu dekade.

DIGITAL | 8 April 2021

Virtual Agen Mampu Respon Dialog Kompleks dengan Pelanggan

Neuro.net mengembangkan agen virtual berbasis AI sebagai generasi teknologi suara yang terbaru dan lebih pintar.

DIGITAL | 7 April 2021

Sambut Ramadan Smartfren Gelar Program Extra Unlimited Full Speed

Smartfren kembali menghadirkan Extra Unlimited Malam Full Speed guna mendukung berbagai kegiatan positif dan penuh faedah di kala sahur.

DIGITAL | 7 April 2021

Indosat Ooredoo Pastikan Jaringan Siap Hadapi Ramadan

Indosat Ooredoo dalam keadaan siap untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang diprediksi akan terjadi selama bulan Ramadan hingga Idulfitri.

DIGITAL | 7 April 2021

Imbas Pandemi, Pasar Industrial Printer di Indonesia Turun 45%

IDC menyebutkan, kondisi industrial printer akan tetap berada di bawah tekanan setidaknya hingga kuartal III 2021 setelah bulan Ramadan dan Idulfitri.

DIGITAL | 7 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS