Tim Gas Pol DJP Kemkeu Jadi Jawara Maritime Hackathon 2021
Logo BeritaSatu

Tim Gas Pol DJP Kemkeu Jadi Jawara Maritime Hackathon 2021

Kamis, 8 April 2021 | 21:11 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kompetisi kreativitas untuk menciptakan ide dan inovasi di bidang maritim dari TNI AL, Maritime Hackathon 2021 memasuki tahap final, pada Senin (5/4/2021).

Adapun 10 tim yang lolos ke babak final kompetisi Maritime Hackathon 2021 yaitu Ceria, Chi Square, DelVeloper, DroneHackers, Garamin, Gas Pol, GeoLabX, Kojor, Nelayanku, dan NSC Tech 1.

Acara babak final sendiri diadakan di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Usman Harun, yang tengah sandar di dermaga JICT, Jakarta Utara. Peserta yang hadir sangat antusias mengingat belum pernah ada gelaran hackathon diadakan di atas kapal perang TNI AL.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat, tiga tim dinyatakan lolos tiga besar dalam babak grand final, dan menampilkan presentasi di hadapan Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono SE MM.

Ketiga tim tersebut adalah Chi Square dari Badan Pusat Statistik (BPS), GasPol dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemkeu), dan Garamin dari Institut Teknologi 10 November Surabaya.

Dewan juri memutuskan hasil akhir penjurian dari tiga tim yang lolos tahap grand final yaitu tim GasPol sebagai peringkat pertama, tim Chi Square di urutan kedua, dan tim Garamin di urutan ketiga.

Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono SE MM, menyampaikan, inovasi yang ditampilkan para peserta memiliki potensi ekonomi dan sosial sangat besar untuk mendukung program Kampung Bahari Nusantara (KBN).

"Program KBN merupakan inisiatif TNI AL untuk meningkatkan kualitas hidup nelayan dan masyarakat pesisir. Inovasi produk yang ditampilkan sangat sejalan dengan program KBN dan diharapkan terjadi sinergi positif ke depannya,” ujar Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, seperti dikutip keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Kamis (8/4/2021).

Sementara, Direktur Digital Business Telkom Indonesia, Muhamad Fajrin Rasyid, mengatakan, potensi digital ekonomi Indonesia sangat tinggi, tetapi belum maksimal.

"Jangan sampai kita hanya menjadi penonton di negeri sendiri. Kompetisi ini sangat bagus untuk mendukung talenta digital ekonomi Indonesia khususnya di bidang kemaritiman. Kami sangat mengapresiasi inisiatif TNI AL membina talenta muda sejak dini untuk mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia," kata Muhamad Fajrin Rasyid.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan piagam dari Museum Rekor Indonesa (MURI) dari Jusuf Ngadri sebagai Direktur Operasional MURI kepada Wakasal, dimana TNI AL merupakan penyelenggara kompetisi hackathon pertama di atas Kapal Perang Republik Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Teknologi Digital Mengubah Aktivitas Branding

Sejumlah merek ternama berhasil meraih penghargaan Brand Choice Award 2021.

DIGITAL | 8 April 2021

Telkom Resmikan Data Center neuCentrIX Ulin Banjarmasin

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meresmikan data center neuCentrIX (Neutral Cloud & Internet Exchange) Ulin, Banjarmasin.

DIGITAL | 8 April 2021

Partai Emas Terus Uji Coba Layanan Transportasi Daring EmasJek

Layanan EmasJek yang dihadirkan Partai Era Masyarakat Sejahtera, saat ini dalam proses uji coba.

DIGITAL | 8 April 2021

LandX Dominasi 65% Penyaluran Dana di Platform Equity Crowd Funding

LandX menunjukkan telah mendominasi penyaluran dana terbesar 64,8% dibandingkan platform serupa lain.

DIGITAL | 8 April 2021

Layanan Google, Gmail, dan Youtube Sempat Alami Gangguan

Layanan Google search, termasuk Gmail dan YouTube hari ini, Kamis (8/4/2021) mengalami gangguan. Terjadi lonjakan aduan sejak pukul 09.30 WIB.

DIGITAL | 8 April 2021

Teknologi IP Cam Optimalkan Pengawasan Rumah secara Real Time

Teknologi IP Cam mampu mengoptimalkan pengawasan rumah secara real time dari jarak jauh selama terhubung dengan koneksi internet.

DIGITAL | 8 April 2021

Bos Gravity Game Link: Lost Saga Origin Resmi Dirilis di Indonesia

Lost Saga kembali dirilis secara resmi oleh Gravity Game Link setelah lebih dari satu dekade.

DIGITAL | 8 April 2021

Virtual Agen Mampu Respon Dialog Kompleks dengan Pelanggan

Neuro.net mengembangkan agen virtual berbasis AI sebagai generasi teknologi suara yang terbaru dan lebih pintar.

DIGITAL | 7 April 2021

Sambut Ramadan Smartfren Gelar Program Extra Unlimited Full Speed

Smartfren kembali menghadirkan Extra Unlimited Malam Full Speed guna mendukung berbagai kegiatan positif dan penuh faedah di kala sahur.

DIGITAL | 7 April 2021

Indosat Ooredoo Pastikan Jaringan Siap Hadapi Ramadan

Indosat Ooredoo dalam keadaan siap untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang diprediksi akan terjadi selama bulan Ramadan hingga Idulfitri.

DIGITAL | 7 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS