Begini Cara ALTA Tingkatkan Skills SDM Teknologi Informasi
Logo BeritaSatu

Program ACP

Begini Cara ALTA Tingkatkan Skills SDM Teknologi Informasi

Kamis, 15 April 2021 | 14:46 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Melengkapi keberhasilan program coding bootcamp dengan tingkat penyerapan kerja mencapai 98%, Alterra Academy (ALTA) memperluas dampak lewat program baru ACP (Advancing Career Program) yang dikhususkan bagi profesional di bidang teknologi informasi (TI) yang telah berpengalaman, namun merasa kariernya stagnan.

Program baru ini bertujuan membantu alumni program coding bootcamp untuk mendapatkan karier yang lebih baik dengan garansi penempatan kerja. Hebatnya, program yang telah berjalan sejak Oktober 2020 ini, telah berhasil membantu para alumni mendapat kenaikan gaji 130% hingga 300%.

Chief of Alterra Academy, David Boy mengatakan, pihaknya tidak puas menjadi lembaga pelatihan yang hanya sekedar mencetak programmer. Alterra Academy terus berinovasi dan bertransformasi menjadi sebuah platform akselerasi karier di bidang teknologi informasi (TI).

"Alterra Academy ingin memberikan dampak tidak hanya bagi fresh graduates atau career switcher yang ingin memulai karier pertama mereka di bidang TI, akan tetapi bagi seluruh profesional serta praktisi, yang ingin membangun karier dari entry level hingga top management,” ujar David Boy, kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (15/4/2021).

David Boy menuturkan, Alterra Academy tidak ingin cepat puas dengan apa yang sudah dilakukan selama ini. "Namun, kami melihat permasalahan talenta di bidang TI tidak lalu berhenti sampai di situ. Banyak teman-teman yang sudah memiliki pengalaman, tetapi merasa kariernya stagnan, di situ kami melihat bisa berkontribusi," tuturnya.

Menurut David Boy, program ACP difokuskan untuk upskilling sekaligus membantu mereka mendapatkan karier yang lebih baik. Pasalnya, program ini di garansi untuk mendapatkan penempatan kerja.

"Dalam waktu kurang lebih satu bulan, peserta program ACP akan digembleng oleh para mentor berpengalaman agar skills mereka di sisi teknikal bisa menjadi jauh lebih baik dan memenuhi standar perusahaan-perusahaan teknologi atau startup yang ada saat ini," tegasnya.

David Boy menambahkan, alumni ACP sendiri tersebar di berbagai perusahaan serta startup teknologi dengan level unicorn dan global company seperti Tokopedia, Loket, AIA Singapura dan sebagainya.

"Dengan berlabuhnya para alumni ACP di company baru, diharapkan posisi yang ditinggalkan akan diisi lagi oleh kandidat yang lebih junior dan membutuhkan pekerjaan, sehingga akan tercipta efek berganda untuk menekan angka pengangguran di tanah air," tandasnya.

Lead of Business Development Alterra Academy, Bram Djaafara, menambahkan, ada sejumlah tantangan yang ditemukan di lapangan oleh timnya lewat proses observasi dan interaksi dengan perusahaan.

"Saya sering melihat lowongan diiklankan berulang-ulang karena perusahaan tidak mendapatkan kandidat yang tepat. Sementara, di satu sisi saya melihat tidak sedikit dari kalangan profesional khususnya software engineers yang merasa tidak puas atas karier mereka," tambahnya.

Menurut Bram Djaafara, walaupun lowongan kerja banyak dibuka, banyak perusahaan masih mendapatkan kesulitan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan.

"Pangkal masalahnya adalah ketidaksesuaian antara kriteria yang dibutuhkan oleh industri dengan skills yang dimiliki oleh talenta teknologi informasi," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Analisa.io Ajak Pelaku UMKM Kenali Influencer yang Tepat

Analisa.io menawarkan beragam fitur agar pelaku UMKM secara global dapat menganalisa dan mencari influencer yang tepat bagi usahanya.

DIGITAL | 15 April 2021

Dorong Perekonomian Indonesia, Dompet Kilat Hadirkan Tiga Layanan Terbaru

Rebranding Dompet Kilat terlihat pada tiga layanan baru yang dihadirkan, yakni Agri Kilat, Modal Kilat, dan Gaji Kilat.

DIGITAL | 15 April 2021

Kehadiran Teknologi Pintar Memudahkan Penghuni Rumah

Smart home appliance menjadi solusi cerdas dalam memudahkan penghuni rumah melakukan aktivitas sehari-hari.

DIGITAL | 14 April 2021

Platform Bantu Kerja Jawab Persoalan Laten Dunia Magang

Platform Bantu Kerja merupakan sebuah virtual hub yang secara langsung mempertemukan calon pemagang dengan pemberi magang.

DIGITAL | 14 April 2021

Hannover Messe 2021, Telkom Pamer Layanan Ekosistem Digital

Adapun beberapa produk unggulan yang ditampilkan Telkom di antaranya layanan fixed broadband IndiHome.

DIGITAL | 14 April 2021

Tata Kelola SPBE Wajib Didukung Keamanan Siber

BSSN menegaskan pentingnya keamanan siber sektor pemerintahan.

DIGITAL | 14 April 2021

PIBK UMJ Luncurkan E-Commerce Xpooz

Xpooz merupakan marketplace untuk produk kampus, mahasiswa, dosen, karyawan, alumnus serta mitra di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah.

DIGITAL | 14 April 2021

Kemhub Luncurkan Sistem Registrasi Drone Online

Sidopi merupakan aplikasi untuk melakukan registrasi drone dengan berat tidak kurang dari 250 gram sampai 25 kilogram.

DIGITAL | 14 April 2021

Luncurkan Solusi HIS, Fujitsu Rambah Industri Kesehatan

Solusi teknologi HIS besutan Fujitsu akan memangkas proses operasional rumah sakit atau klinik.

DIGITAL | 14 April 2021

Sasar Segmen Edukasi, Aplikasi Lister Tembus 25 Besar Kompetisi Rintisan Astra

Platform edukasi Lister berhasil masuk 25 besar Astra Start-Up Challenge dari 3781 pendaftar ajang kompetisi Astra Start Up Challenge (ASC)

DIGITAL | 14 April 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS