Logo BeritaSatu

4 Tip Mudah Membuat Smartphone Lebih Awet

Selasa, 20 April 2021 | 20:56 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Hampir semua orang tidak bisa lepas dari perangkat handphone (HP) atau smartphone di zaman serba digital seperti saat ini.

Pasalnya, dengan menggunakan smartphone atau ponsel pintar, orang dapat melakukan banyak hal, mulai dari berkomunikasi, mencari informasi baru, bermain game, aktivitas media sosial (Medsos), atau bahkan sebagai sarana berbisnis.

Mengingat banyaknya aktivitas yang membutuhkan smartphone, tentu akan sangat merepotkan jika perangkat andalan tersebut hilang atau mengalami kerusakan.

Nah, untuk menghindari smartphone cepat rusak, tentunya kalangan pengguna harus mengetahui benar dalam merawat ponsel pintar.

Seperti dikutip dari laman teknologi dan gadget, Hallogsm, Selasa (20/4/2021), berikut beberapa tip yang bisa diterapkan oleh kalangan pengguna, agar smartphone awet dan tidak gampang rusak.

Proteksi Casing dan Pelindung Layar
Tambahan pelindung casing, tentunya dapat meminimalkan risiko kerusakan ketika smartphone terjatuh. Selain itu, dengan menambah proteksi layar pelindung akan berfungsii melindungi layar smartphone dari goresan dan kerusakan.

Hindari Pengisian Daya hingga 100%
Salah satu cara baterai smartphone dapat bertahan lama, jangan lakukan pengisian daya sampai 100%. Sebabnya, baterai ponsel pintar terbuat dari bahan lithium ion (Li-on), yang kapasitasnya dapat menurun apabila mendapatkan tegangan yang cukup tinggi.

Kalangan pengguna sangat disarankan untuk mengisi daya smartphone saat berada di kisaran 30% hingga 80% agar voltase perangkat tetap rendah, dan membuat baterai lebih awet.

Gunakan Antivirus
Salah satu penyebab lain kerusakan pada perangkat smartphone yaitu adanya virus, yang biasanya berasal dari aplikasi, pesan teks, atau lampiran email.

Oleh karena itu, kalangan pengguna juga disarankan untuk menggunakan antivirus terbaru guna mencegah smartphone terjangkit virus.

Hindari Penggunaan Saat Sedang di Charge
Kalangan pengguna dianjurkan agar tidak menggunakan smartphone untuk bermain game atau aktivitas lainnya ketika sedang mengisi daya baterai, karena hal tersebut dapat membuat ponsel pintar cepat panas dan rusak.

Adapun kerusakan tersebut diakibatkan karena intensitas panas pada baterai yang meningkat. Hal ini memberikan efek yang bisa merusak komponen smartphone.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya tetap semangat dalam melayani masyarakat saat menjenguk korban bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Bertahan di Pengungsian, Korban Gempa Cianjur Takut Pulang

Para korban gempa Cianjur banyak yang memilih bertahan di pengungsian. Korban gempa Cianjur mengaku trauma dan masih takut untuk pulang ke rumah mereka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bantah Tembak Brigadir J, Ferdy Sambo Dicecar Hakim

Ferdy Sambo dicecar oleh majelis hakim PN Jaksel karena terus membantah turut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Tahanan Polsek Astana Anyar Dipindahkan Usai Bom Bunuh Diri

Pelayanan dan tahanan Polsek Astana Anyar dipindahkan ke Mapolrestabes Bandung usai bom bunuh diri yang menghancurkan Mapolsek Astana Anyar. 

NEWS | 7 Desember 2022

Terpidana Bom Bali I, Umar Patek Bebas Bersyarat Hari Ini

Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham menyatakan, Hisyam bin Alizein alias Umar Patek, terpidana bom Bali I bebas bersyarat mulai hari ini, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Setelah Menikah, Kaesang dan Erina Tak Akan Tunda Momongan

Kaesang Pangarep mengaku akan langsung tancap gas untuk punya momongan setelah resmi menikah dengan Erina Gudono.

NEWS | 7 Desember 2022

Mengaku Tak Jujur, Ferdy Sambo Tak Sudi Disebut Pembohong

Ferdy Sambo tidak sudi disebut pembohong, meski hasil poligraf atau uji kebohongan terkait kasus pembunuhan Brigadir J menyatakan Ferdy Sambo tidak jujur.

NEWS | 7 Desember 2022

Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Bom Bunuh Diri Bandung

Kapolri Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri Bandung tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022

KPK Tangkap Ra Latif dan 5 Pejabat Pemkab Bangkalan, Ini Daftarnya

KPK menangkap Bupati Bangkalan, AbduI Latif Amin Imron atau Ra Latif dan lima pejabat di Pemkab Bangkalan terkait kasus jual beli jabatan. 

NEWS | 7 Desember 2022

Bharada E Pastikan Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir J

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E menegaskan Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE