Logo BeritaSatu

Studi Oracle: Jakarta Menuju Smart City

Rabu, 5 Mei 2021 | 16:54 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Studi terbaru "Solusi Kota Cerdas untuk Dunia yang Lebih Baik" yang diterbitkan oleh ESI ThoughtLab dan Oracle menyatakan, kota-kota di Asia Tenggara telah berinvestasi secara signifikan pada komputasi awan atau cloud dan artificial intelligence (AI).

Sedangkan Jakarta berada pada tahap intermediate atau menengah, dalam hal memanfaatkan teknologi dan kemajuan menuju visi smart city.

Temuan utama dalam studi tersebut menyatakan, laju perubahan teknologi yang cepat merupakan tantangan utama bagi 67% kota di Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Separuh kota di Asia Tenggara juga kesulitan menemukan pemasok, mitra, dan konsultan yang tepat untuk membantu mereka mencapai tujuan sosial, lingkungan, dan ekonominya selama tiga tahun ke depan. Sementara, 50% lainnya mengantisipasi tantangan dalam hal mengkoordinasikan upaya antar sektor dan departemen di seluruh kota.

Managing Director Oracle Indonesia, Davian Omas mengatakan, kunci utama dalam mengatasi krisis kesehatan adalah para pemimpin kota beralih ke kolaborasi, teknologi digital, analitik data, dan sistem pendanaan baru.

“Tata kelola dan kepemimpinan yang proaktif serta pembelajaran satu sama lain juga akan membantu kota menjaga keamanan warganya disamping bisnis yang tetap utuh,” kata Davian di acara virtual media briefing Oracle, Rabu (5/5/2021).

Davian menjelaskan, kombinasi inovasi cerdas dan kolaborasi antar sektor publik dan swasta merupakan pendorong yang kuat untuk memastikan masa depan yang sehat, aman, dan sejahtera bagi semua perusahaan dan warga negara setelah pandemi.

“Oracle terus berkomitmen membantu para pemimpin sektor publik untuk mencapai perubahan dan mengintegrasikan layanan yang memungkinkan organisasi agar bisa membangun, menerapkan, dan mengelola bisnis mereka dengan mulus, pada cloud atau di tempat, sehingga dapat menghadirkan masyarakat yang lebih cerdas dan terhubung, serta lebih aman,” jelasnya.

Menurut Davian, temuan dalam studi terbaru dari ESI dan Oracle ini, menguraikan bagaimana Jakarta telah siap menuju smart city. Di Jakarta, ekonomi yang tumbuh pesat adalah yang dipelopori oleh UKM lokal di bidang e-commerce, perbankan digital, dan lainnya. "Itu menjadi beberapa faktor yang mendorong kota ini terus bergerak menuju visi kota cerdas," imbuhnya.

Davian menambahkan, pemimpin di Jakarta juga belajar dari pandemi bahwa perlunya organisasi swasta dan sektor publik untuk mengambil perspektif triple bottom line yang melibatkan antara nilai sosial, lingkungan, dan finansial. Serta, pentingnya perencanaan dan kelincahan operasional yang berkelanjutan di masa kini dimana dunia bisa berubah cepat.

"Untuk itu, infrastruktur dan jaringan digital menjadi investasi prioritas tinggi bagi Jakarta dalam tiga tahun ke depan. Kota ini juga berencana untuk terus berinvestasi secara signifikan pada sistem cloud dan AI, serta IoT dan sensor dalam tiga tahun ke depan," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

NATO Peringatkan, Rusia Melemah Tetapi Masih Berbahaya

NATO memperingatkan bahwa Rusia melemah tetapi masih berbahaya. Presiden Vladimir Putin dan Angkatan Bersenjata Rusia tidak boleh diremehkan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 174 orang tidak terulang kembali.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies: Doakan Saya Bisa Jalankan Amanat Setelah Tak Jadi Gubernur

Anies Baswedan pun meminta doa kepada masyarakat agar dapat menuntaskan tugasnya hingga akhir masa jabatannya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kapolri Janji Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan, Malang, yang mengakibatkan sebanyak 125 orang meninggal dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Pastikan Dalami Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan jajarannya akan mendalami penggunaan gas air terkait tragedi Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 125 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Blusukan Bareng Gibran Rakabuming, Puan: Solo Selalu di Hati Saya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendampingi kunjungan kerja Ketua DPR Puan Maharani di Solo, Minggu (2/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, PSM Makassar Ikut Berdukacita

Manajemen PSM Makassar menyampaikan duka mendalam atas tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan meninggalnya ratusan suporter.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kepala Suku Wali Papua: Lukas Enembe Harus Kooperatif dan Hormati Hukum

Kepala Suku Wali Papua, Melianus Wali mengatakan Gubernur Papua, Lukas Enembe harus menghormati hukum yang berlaku.

NEWS | 2 Oktober 2022

Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Ini Harapan Aremania Jakarta

Suporter Arema, Aremania di Jakarta menggelar doa bersama untuk para korban tragedi Kanjuruhan, Malang. Mereka berharap PSSI dan kepolisian berbenah diri.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Karya Desain Interior Arcadia Works Mendunia Melalui Batik

Karya Desain Interior Arcadia Works Mendunia Melalui Batik

LIFESTYLE | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings