Logo BeritaSatu

Gelombang Transformasi Digital Harus Sampai ke Desa

Rabu, 5 Mei 2021 | 19:14 WIB
Oleh : Emanuel Kure / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi I DPR, Syarief Hasan mengungkapkan, langkah transformasi digital yang dicanangkan oleh pemerintah harus menjangkau hingga ke wilayah pelosok dan desa. Pasalnya, pembangunan partisipatif sebagai paradigma pembangunan menekankan keberdayaan dan kemajuan desa sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Membangun desa adalah membangun Indonesia. Sehingga, pembangunan desa yang meniscayakan adanya transformasi digital, dapat mendorong pelaku usaha memanfaatkan potensi yang ada di desa dengan lebih optimal. Jika masyarakat desa sudah optimal memanfaatkan internet dan teknologi digital, maka sumber daya di desa dapat lebih berdaya saing dan terpasarkan lebih cepat,” kata Syarief di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Syarief juga meminta kepada pemerintah untuk mengurangi kesenjangan digital yang masih terjadi di sebagian wilayah Indonesia. Ini tentu menjadi pekerjaan terberat pemerintah karena dengan geografi Indonesia yang luas dan beragam, diperlukan percepatan transformasi digital guna menyosong Indonesia Emas 2045.

"Pada tahun 2045, PDB Indonesia diperkirakan mencapai US$ 9,1 triliun, dengan ekonomi ke-4 terbesar di dunia. Ini harapan, sekaligus tantangan, digitalisasi pedesaan tentu sebuah keniscayaan," ujar Syarief.

Sementara, Sesditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Slamet Santoso mengungkapkan, pihaknya terus berupaya mempercepat penatakelolaan aplikasi informatika dalam mewujudkan pembangunan digital di Indonesia. "Salah satunya adalah smart village," ungkapnya.

Slamet menjelaskan, smart village adalah salah satu bentuk manisfestasi desa yang telah melakukan transformasi digital, yakni interaksi komunitas secara optimal memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital.

"Membangun smart village memang sebuah tantangan. Diperlukan infrastruktur yang solid dan kesiapan sumber daya dalam mewujudkan desa digital ini. Kami sangat fokus dalam melakukan penatakelolaan e-government, e-business, keamanan informasi, peningkatan teknologi dan infrastruktur aplikasi informatika, serta pemberdayaan informatika,” ungkap Slamet.

Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Pemerintah dan Masyarakat Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (Bakti) Kemkominfo, Danny J Ismawan, mendukung upaya percepatan dan realisasi desa digital.

Sebagai bagian dari organisasi pemerintah yang berfokus pada pengurangan kesenjangan digital, pembangunan infrastruktur, serta percepatan transformasi digital, BAKTI telah membangun ekosistem digital, termasuk inklusi finansial sehingga sumber daya di desa lebih bernilai tambah dan berdaya saing.

"Sampai saat ini, BAKTI telah berhasil menyediakan layanan akses internet di 11.817 lokasi yang terintegrasi, satelit multifungsi, penyediaan dan pengembangan solusi digital di beberapa sektor prioritas, serta pembangunan destinasi wisata yang terintegrasi secara digital,” tutur Danny.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anies Baswedan Lakukan Peletakan Batu Pertama RS Toto Tentrem

Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit (RS) Khusus Bedah Toto Tentrem di Jakarta, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Pemprov DKI Akan Modifikasi Kendaraan Dinas Jadi Mobil Listrik

Wagub DKI Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan modifikasi kendaraan dinas menjadi mobil listrik.

NEWS | 26 September 2022

PKB Ungkap Alasan Cak Imin Doakan Puan Maharani Jadi Presiden

Gus Jazil mengungkap alasan  Cak Imin mendoakan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menjadi presiden pada Pilpres 2024.

NEWS | 26 September 2022

Kena Sanksi Pelecehan Seksual Kapolres Batanghari Dimutasi ke Yanma Polri

Tersangkut pelanggaran pelecehan seksual Kapolres Batanghari AKBP Mochammad Hassan dimutasi ke Yanma Polri.

NEWS | 26 September 2022

Kejaksaan Masih Periksa Berkas Kasus Meme Stupa Roy Suryo

Kejaksaan masih memeriksa berkas perkara kasus dugaan penistaan agama oleh Roy Suryo karena mengedit meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Jokowi.

NEWS | 26 September 2022

Anggota DPRD Depok vs Sopir Truk Akhirnya Berdamai

Ahmad Misbah (24 tahun), sopir truk yang menjadi korban dugaan penganiayaan oleh anggota DPRD Depok, Tajudin Tabri akhirnya berdamai

NEWS | 26 September 2022

Ketika Lukas Enembe Klaim sebagai Pemilik Freeport

Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan kepada kliennya sebagai pemilik Freeport. Hal itu disampaikan Lukas Enembe saat ditanya soal tambang emas miliknya.

NEWS | 26 September 2022

Ahmad Sahroni: Nasdem Umumkan Capres pada 10 November 2022

Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni mengungkap nama calon presiden (capres) dari Nasdem akan diumumkan pada 10 November 2022.

NEWS | 26 September 2022

Epidemiolog: Vaksinasi Booster Modal Cegah Long Covid-19

Vaksinasi booster Covid-19 (vaksin penguat) menjadi salah satu modal untuk mencegah terjadinya reinfeksi yang dapat menyebabkan long Covid-19.

NEWS | 26 September 2022

Komisi I DPR Pastikan TNI Solid Usai Panglima TNI dan Kasad Hadir Rapat

TB Hasanuddin memastikan TNI solid usai Jenderal TNI Andika Perkasa dan Jenderal TNI Dudung Abdurachman hadir bersama dalam rapat kerja dengan Komisi I.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anies Baswedan Lakukan Peletakan Batu Pertama RS Toto Tentrem

Anies Baswedan Lakukan Peletakan Batu Pertama RS Toto Tentrem

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings