Logo BeritaSatu

3 Langkah Mudah Transaksi Online Aman dan Nyaman

Minggu, 9 Mei 2021 | 22:18 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Bocornya tiket pemesanan hotel dari salah satu platform perjalanan wisata dan menjadi viral di dunia maya, memantik pro dan kontra di kalangan warganet.

Pasalnya, bocornya data pribadi membuat publik ketar-ketir. Amankah pemesanan tiket pesawat dan hotel via aplikasi perjalanan wisata? Mengingat, data dan rekam jejak transaksi seolah dengan mudah dipublikasikan tanpa izin pemilik akun.

Menanggapi hal ini, pengamat sekuriti dan finansial Vaksincom, Alfons Tanujaya menyampaikan, di era digital tentunya transaksi via aplikasi tak terhindarkan karena membuat hidup jadi lebih efisien.

"Terkait keamanan akun aplikasi, ada tiga pihak yang patut disorot. Pertama, penyedia aplikasi. Mereka wajib mengamankan data. Data adalah amanat bukan berkat. Amanat harus dijaga sebaik-baiknya,” urai Alfons dalam keterangan resmi yang diterima Beritasatu.com, Minggu (9/5/2021).

Kedua, lanjut Alfons, pemerintah. Mereka harus menerapkan satu standar dalam mengelola sekaligus mengamankan data pengguna. "Saat ini menurut saya, belum ada badan khusus yang mengelola data pribadi untuk kemudian menjadi wasit. Ia punya kewenangan untuk menerapkan sanksi jika terjadi pelanggaran. Tata kelolanya menggunakan ISO: 270001 agar lebih terstruktur dan jelas,” imbuhnya.

Ketiga, pengguna. Mereka yang terpenting karena kerap jadi korban dengan kerugian terbesar. Nama akun dan kata sandi kerap bocor. Riwayat transaksi dan data penting lainnya lantas dipublikasikan pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Karenanya, inisiatif mengamankan data diri juga perlu tumbuh dari pihak konsumen. Itu bisa dimulai dengan mengindahkan dua hal sebelum mengunduh aplikasi layanan ke perangkat gawai atau gadget,” kata Alfons mengingatkan.

Pertama, pilih aplikasi yang punya layanan bagus dan menerapkan setidaknya two factors authentication atau autentikasi dua faktor. "Jangan merasa aman dengan user name dan password semata. Autentikasi dua faktor adalah perlindungan standar yang memberi keamanan tambahan andai nama pengguna dan kata sandi bocor. Kedua, perhatikan rekam jejak aplikasi tersebut,” tegasnya.

Alfons membagikan tiga tips agar pengguna dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman lewat aplikasi. Pertama, pastikan aplikasi ini memiliki setidaknya autentikasi dua faktor. Dengan ini, data pengguna menjadi lebih sulit diretas.

"Mengapa penting melindungi data diri? Di era digital, data diri yang tersimpan di jalur digital lebih berharga daripada minyak bumi. Akses ini mudah dicuri jika hanya mengandalkan user name dan password," cetus Alfons.

Kedua, mengganti password secara berkala boleh tapi jangan terlalu sering. Terlalu sering ganti password berpotensi bikin bingung dan akhirnya malah lupa. "Lakukan setahun sekali sebagai penyegaran tak masalah," tambahnya.

Ketiga, tidak mungkin pengguna hanya mengunduh satu aplikasi di ponsel. Artinya, makin banyak aplikasi makin banyak nama dan kata sandi yang mesti dihafal.

"Gunakan password manager yang memungkinkan anda punya password master untuk memayungi nama dan kata sandi. Di sanalah, beragam kata sandi ciptaan anda bersemayam dengan aman," katanya menyarankan.

Alfons sendiri percaya platform perjalanan wisata menyimpan data pribadi konsumen dengan aman. "Mengingat, bocornya data pribadi pengguna bisa mengguncang kepercayaan publik terhadap sebuah aplikasi. Untuk memulihkan kepercayaan ini butuh waktu lama. Sudah ada beberapa contoh kasus sebelumnya. Saya yakin pihak sana memegang teguh asas ini,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Survei: Mayoritas Warga Inggris Ingin Liz Truss Mengundurkan Diri

Mayoritas warga Inggris ingin Perdana Menteri Liz Truss mengundurkan diri. Hal itu terungkap dari jajak pendapat baru yang diterbitkan YouGov.

NEWS | 2 Oktober 2022

PDAM Bekasi Tumbangkan Lavani di Final Livoli Divisi Satu

PDAM Bekasi menumbangkan Lavani Bogor di final kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu di GOR Debes Kabupaten Bogor, Minggu (2/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, DPR: Kompetisi Sepak Bola Jangan Hanya Pentingkan Bisnis

Politikus PDIP Said Abdullah menyatakan tragedi Kanjuruhan, Malang menjadi pelajaran agar kompetisi sepak bola jangan hanya pentingkan aspek bisnis.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi naik 5 persen dalam sepekan. Ini alasannya. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Ditolak Denmark, Prancis Akan Kirim Howitzer ke Ukraina

Prancis akan mengirim howitzer yang ditolak Denmark ke Ukraina. Kyiv mungkin mendapatkan hingga 12 howitzer Caesar dari Paris.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ridwan Kamil Masih Rahasiakan Parpol yang Jadi Pelabuhannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil masih merahasiakan soal parpol mana yang menjadi pelabuhan politiknya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kemendagri Dorong Kebijakan Afirmatif pada Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender

Program pengarusutamaan gender menjadi bagian dari strategi pemerintah untuk mempercepat pembangunan di pusat maupun daerah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies Bakal Diumumkan Surya Paloh sebagai Capres Nasdem?

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengumumkan capers yang diusung Nasdem di Pilpres 2024 besok. Beredar kabar capres itu adalah Anies Baswedan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Survei: Mayoritas Warga Inggris Ingin Liz Truss Mengundurkan Diri

Survei: Mayoritas Warga Inggris Ingin Liz Truss Mengundurkan Diri

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings