Logo BeritaSatu

TokoTalk Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM

Senin, 17 Mei 2021 | 14:17 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM, menjadi salah satu kunci pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah UMKM yang tersebar dari Sabang sampai Merauke mencapai 64 juta. Angka tersebut, membuat geliat UMKM sangat berpengaruh bagi perekonomian nasional.

Melihat kondisi ini, pemerintah kemudian membuat sejumlah stimulus untuk menggerakan kembali sektor ekonomi. Salah satunya, dengan mendorong digitalisasi UMKM. Pasalnya, saat ini hanya sekitar 8 juta UMKM yang memilih menggunakan platform digital.

"Upaya mendorong digitalisasi UMKM menjadi salah satu upaya dalam menumbuhkan kembali perekonomian. Pandemi Covid-19 telah membuat sebagian masyarakat beralih melakukan transaksi secara digital, akibat sejumlah kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang diterapkan pemerintah," kata Head of Marketing PT Codebrick Indonesia, Evan Januli, di Jakarta, Senin (17/5/2021).

Menurut Evan, sebagai perusahaan rintisan atau startup yang concern membantu pelaku UMKM membuka platform online, TokoTalk melihat digitalisasi UMKM sangat diperlukan agar pelaku usaha bisa bertahan di tengah pandemi.

"TokoTalk telah membantu lebih dari 540.000 UMKM untuk bersaing di era digital dengan menyediakan platform membuat website toko online secara gratis," ujarnya.

Evan mengatakan, TokoTalk terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan inovasi tepat guna bagi para pelaku usaha untuk melebarkan pangsa pasar.

"Bergabungnya lebih dari 540.000 pelaku usaha yang terdaftar, merupakan bukti bahwa penjualan mereka terbantu dengan toko online dengan fitur-fitur yang tersedia di TokoTalk. Geliat pelaku usaha untuk bersaing di dunia digital akan terus bertambah dan kami selalu berupaya terus meningkatkan produk dan inovasi yang tepat guna," katanya.

Sejauh ini, tambah Evan, TokoTalk telah menjadi solusi praktis untuk membuat toko online sebagai upaya membantu UMKM memperluas pasar penjualan melalui teknologi digital. Terlebih, dengan adanya fitur pembayaran menggunakan e-payment yang memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli.

"TokoTalk dilihat oleh kalangan pelaku usaha sebagai solusi praktis untuk merambah penjualan secara luas di dunia digital. Ditambah dengan tersedianya fitur baru Shopeepay yang akan aktif kembali di akhir Mei 2021, semakin mempermudah para seller untuk menjaring konsumen yang terbiasa bertransaksi melalui marketplace," pungkas Evan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lukas Enembe Klaim Sakit, KPK Belum Terima Informasi Sahih

KPK menyatakan belum menerima informasi yang sahih terkait kondisi kesehatan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang mengeklaim sakit.

NEWS | 26 September 2022

Sahroni: KPK Belum Umumkan Tersangka Formula E

Ketua Pelaksana Formula E 2022, Ahmad Sahroni mengatakan, hingga saat ini KPK belum mengumumkan tersangka kasus Formula E

NEWS | 26 September 2022

Soal Shadow Team, Legislator Ingatkan Nadiem Cara Bernegara

Soal shadow team, Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih mengingatkan Nadiem Anwar Makarim cara bernegara yang sesuai dengan aturan.

NEWS | 26 September 2022

DPR Bakal Tegur Mendagri karena Pj Gubernur Babel Rangkap Jabatan

DPR bakal menegur Mendagri Tito Karnavian karena Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin rangkap jabatan sebagai Dirjen Minerba Kementerian ESDM. 

NEWS | 26 September 2022

Inpres Kendaraan Listrik, Riza: Waktunya Para Engineer Unjuk Kemampuan

Inpres kendaraan listrik menjadi kesempatan untuk para engineer Indonesia agar bisa unjuk kemampuan dalam mengonversi bahan bakar kendaraan menjadi listrik.

NEWS | 26 September 2022

Anies Baswedan Lakukan Peletakan Batu Pertama RS Toto Tentrem

Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit (RS) Khusus Bedah Toto Tentrem di Jakarta, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Pemprov DKI Akan Modifikasi Kendaraan Dinas Jadi Mobil Listrik

Wagub DKI Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan modifikasi kendaraan dinas menjadi mobil listrik.

NEWS | 26 September 2022

PKB Ungkap Alasan Cak Imin Doakan Puan Maharani Jadi Presiden

Gus Jazil mengungkap alasan  Cak Imin mendoakan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menjadi presiden pada Pilpres 2024.

NEWS | 26 September 2022

Kena Sanksi Pelecehan Seksual Kapolres Batanghari Dimutasi ke Yanma Polri

Tersangkut pelanggaran pelecehan seksual Kapolres Batanghari AKBP Mochammad Hassan dimutasi ke Yanma Polri.

NEWS | 26 September 2022

Kejaksaan Masih Periksa Berkas Kasus Meme Stupa Roy Suryo

Kejaksaan masih memeriksa berkas perkara kasus dugaan penistaan agama oleh Roy Suryo karena mengedit meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Jokowi.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lukas Enembe Klaim Sakit, KPK Belum Terima Informasi Sahih

Lukas Enembe Klaim Sakit, KPK Belum Terima Informasi Sahih

NEWS | 50 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings