Logo BeritaSatu

Benarkah Masa Kejayaan Bitcoin Sudah Berakhir?

Rabu, 21 Juli 2021 | 15:50 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat, Lona Olavia / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Industri aset kripto disambut gegap gempita dengan berbagai informasi positif mengenai harga bitcoin dan altcoin lainnya di awal tahun 2021. Bitcoin bahkan sempat menyentuh harga tertingginya yang baru senilai US$ 64.863 pada April 2021 menurut Coinmarketcap.

Kenaikan harga Bitcoin ini tidak lepas dari peran investor institusi yang menaruh kepercayaan lebih terhadap raja aset kripto tersebut. Contohnya, Tesla yang membeli bitcoin dan menerima aset tersebut untuk pembelian mobil.

Namun, volatilitas bitcoin dan aset kripto lain yang masih terbilang tinggi pada akhirnya membuat aset ini tidak selamanya memperoleh harga yang mengesankan.

Menuju akhir paruh pertama 2021, tepatnya di bulan Mei harga aset yang diciptakan Satoshi Nakamoto ini terus turun, dan pada bulan Juli harganya stagnan di bawah US$ 40.000, bahkan sempat menyentuh US$ 31.000 pada 22 Juni 2021.

Turunnya harga bitcoin sedikit banyak disebabkan oleh sentimen negatif terkait aset kripto ini. Misalnya, Elon Musk yang sempat memberhentikan penerimaan bitcoin karena dianggap tidak ramah lingkungan, investor baru yang mudah panik dan terjebak dalam Fomo, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) yang dikabarkan segera menuntut beberapa institusi keuangan besar akibat menggunakan crypto sebagai alat pencucian uang.

Kemudian, ada pula kabar yang menyatakan jika hash rate yang berhubungan dengan mining bitcoin turun hingga 40% karena ada pemadaman listrik massal di Xinjiang, Tiongkok.

Benarkah Masa Kejayaan Bitcoin Sudah Berakhir?

Turunnya harga Bitcoin ini pun diikuti oleh altcoins lain seperti ethereum dan binance coin. Walau bitcoin kehilangan harga hingga setengahnya dari harga tertingginya sepanjang masa, sejatinya bitcoin telah berhasil memperoleh kenaikan yang mengesankan.

Analis dari ARK Investment menyatakan, kenyataannya dalam satu tahun Bitcoin telah naik lebih dari 400% jika melihat dalam jangka waktu tahunan.

Melihat persentase kenaikan bitcoin yang baik namun harga yang stagnan dan cenderung turun, membuat banyak pengguna crypto pun menerka-nerka. Benarkah era kenaikan aset kripto atau biasa dikenal dengan bullish telah usai dan diganti dengan era penurunan crypto atau dikenal dengan bearish telah tiba?

Menjawab pertanyaan tersebut, Coinvestasi mengadakan Coinfest untuk keempat kalinya. Coinfest merupakan acara yang hadir untuk memberikan informasi dan menjawab ragam pertanyaan seputar market cryptocurrency yang diisi oleh berbagai narasumber ahli di bidangnya.

Project officer Coinfest Id, Felita Setiawan mengatakan, khusus Coinfest tahun ini tema yang diangkat adalah Bull vs Bear yang akan memberikan perspektif menarik mengenai kondisi pasar aset kripto saat ini.

"Di acara Coinfest Bull vs Bear ini, kita akan coba kupas tuntas analisa market crypto di 2021. Apakah masih akan melanjutkan bullrun atau kita masuk ke market bearish,” kata Felita kepada Beritasatu.com, Rabu (21/7/2021).

Felita mengatakan, acara ini didukung oleh berbagai bursa kripto terkemuka, di antaranya Pintu, Zipmex dan Triv. Selain itu, Coinfest juga didukung berbagai komunitas kripto tanah air seperti Indonesia Paham Bitcoin, Trading Bareng dan lain sebagainya. Coinfest tahun ini masih akan dilangsungkan secara online melalui Youtube Coinvestasi, Sabtu 24 Juli 2021 pukul 10.00-12.00 WIB.

"Bagi penggemar crypto yang ingin menonton acara ini bisa melakukan registrasi terlebih dahulu di Coinfest.Id, sebab dengan melakukan registrasi berkesempatan untuk mendapatkan hadiah senilai US$ 250 setara dengan Rp3,6 juta untuk lima orang yang beruntung," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

SBY-AHY Dinilai Mulai Terapkan Strategi Playing Victim Jelang 2024

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY dan Ketua Umum Partai Demokrat AHY sudah mulai menerapkan strategi playing victim.

NEWS | 25 September 2022

Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Tokyo

Wapres Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin tiba di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, Jepang untuk menghadiri pemakaman Shinzo Abe.

NEWS | 25 September 2022

Kerja Sama Politik PKB dengan PDIP Masih Tahap Komunikasi

Kerja sama politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan PDI Perjuangan (PDIP) masih tahap komunikasi awal.

NEWS | 25 September 2022

DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

Nasir Djamil menilai penolakan banding Irjen Ferdy Sambo atas sanksi pemecatan tidak dengan hormat, menunjukkan keseriusan Polri menyikapi harapan publik.

NEWS | 25 September 2022

Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

Pemkot Bogor ingin ada kajian bersama dengan daerah penyangga terkait rencana perubahan jam kerja sebagai upaya mengatasi kemacetan di DKI.

NEWS | 25 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022

Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 25 September 2022

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings