Logo BeritaSatu

Tiga Token Digital Luncurkan Marketplace NFT Pertama di Indonesia

Sabtu, 31 Juli 2021 | 20:35 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Bitcoin bukan satu-satunya aset kripto yang mendulang popularitas selama pandemi Covid-19. Belakangan, ada nama non-fungible token atau yang lebih dikenal dengan NFT ikut mendapat perhatian.

Secara umum, NFT merupakan bagian dari teknologi blockchain, yang mana semua aset digital, bisa disertakan dengan data maupun copyright, sehingga pemilik gambar, foto, video, maupun karya virtual lainnya, bisa menyimpan data-data yang dimiliki berkaitan dengan karyanya tersebut ke dalam ekosistem blockchain.

Saat ini, NFT bahkan telah merambah ke berbagai bidang seperti collectibles, hak kekayaan intelektual, sertifikasi, instrumen keuangan, perpajakan, permainan, dan banyak lainnya.

CEO PT Tiga token Digital Jimmy Saputra menjelaskan, non-fungible token atau disebut NFT, adalah aset digital unik yang hidup di internet dan dikelola dengan distributed ledger technology (DLT).

"Aset-aset digital ini memiliki nilai tertentu, lengkap dengan sertifikat keasliannya yang permanen yang tidak dapat dibatalkan. Oleh karena itu, meskipun ada secara online, aset tersebut tidak akan pernah bisa digandakan," jelas Jimmy Saputra, Sabtu (31/7/2021).

Jimmy menjelaskan, saat ini teknologi NFT telah digunakan dalam sebuah marketplace khusus penjualan karya-karya dari para seniman, content creator, digital art dan yang lainnya. "Marketplace NFT yang satu ini dikenal dengan nama Neftipedia, yang berada di bawah naungan Tiga Token Digital," tandas Jimmy.

Menurut Jimmy, dengan menggunakan marketplace NFT Neftipedia, para seniman dan ahli seni diberikan kebebasan untuk memasarkan karya mereka dengan pangsa pasar yang lebih luas lagi.

"Bahkan bisa menjangkau kawasan negara-negara di dunia. Karya-karya tersebut bisa berupa gambar, video, foto, maupun karya visual lainnya," imbuhnya.

Sebagai marketplace NFT pertama di Indonesia, Neftipedia juga memberikan penawaran yang menarik lainnya. Setiap seniman yang memasarkan karyanya di marketplace Neftipedia juga diberikan kesempatan untuk mentokenisasi karya mereka, sehingga bisa menjadi lebih otentik.

"Neftipedia merupakan marketplace NFT yang memberikan banyak pilihan media artworks yang bisa ditokenisasi. Seperti gambar digital, video, GIF hingga barang-barang koleksi. Bahkan ke depannya, Neftipedia juga berencana untuk memasukkan fashion," pungkas Jimmy.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Coba Mobil Listrik, Puan: DPR Siap Terima Delegasi P-20

Ketua DPR Puan Maharani berkeliling gedung parlemen dengan mobil listrik untuk mengecek persiapan akhir penyelenggaraan P-20 yang akan digelar pekan depan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gantikan Aswanto, Ternyata Guntur Hamzah Ikuti Fit and Proper Test Kilat di DPR

Sekjen Mahkamah Konstitusi (MK) Guntur Hamzah ternyata mengikuti fit and proper test secara kilat di DPR sebelum menggantikan Aswanto sebagai hakim MK.

NEWS | 1 Oktober 2022

Bantu Perajin, DPP Nasdem Karawang Borong Ribuan Tempe

DPD Nasdem Kabupaten Karawang, Jawa Barat memborong ribuan tempe untuk dibagikan kepada masyarakat, guna membantu perajin tempe.

NEWS | 1 Oktober 2022

Emil Dardak Mengaku Tak Bisa Maju di Pilpres karena Syarat Usia Capres

Wagub Jatim yang juga politikus Partai Demokrat Emil Dardak mengaku tak bisa maju di Pilpres 2024 karena aturan soal batas usia capres. 

NEWS | 1 Oktober 2022

Wali Kota Makassar Ajak Milenial Kenal Lebih Dekat Alutsista

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengajak masyarakat khususnya generasi millenial lebih mengenal alutsista TNI.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kepemilikan Satwa Liar, KLHK Minta Masyarakat Miliki Izin

KLHK meminta agar masyarakat untuk melengkapi surat-surat perizinan khusus mengenai penangkaran satwa liar di Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

Pemkot Bekasi Dukung Pelestarian Batik Nusantara

Pemkot Bekasi mendukung pelestarian batik Nusantara sambil mempromosikan produk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

NEWS | 1 Oktober 2022

Tekan Stunting, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

BKKBN Sulsel melakukan sosialisasi program bangga kencana untuk menurunkan stunting, sekaligus memberikan pelayanan KB gratis.

NEWS | 2 Oktober 2022

Hadir di Lampung, Ganjar Pranowo Festival #3 Lestarikan Budaya Indonesia

Sahabat Ganjar menggelar festival musik Ganjar Pranowo Festival #3 di Kota Bandar Lampung untuk melestarikan budaya Indonesia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kadin Jakarta Timur Gelar Aksi Sosial di Wisma Tuna Ganda

Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Jakarta Timur melakukan aksi sosial di Wisma Tuna Ganda, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan <em>Stunting</em>, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

Tekan Stunting, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings