Logo BeritaSatu

Sandiaga Dukung Platform Goorita Bawa Produk Lokal dan UMKM Mendunia

Rabu, 18 Agustus 2021 | 13:48 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 64 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Angka yang cukup besar tersebut, harus dibarengi dengan kualitas produk yang baik, sehingga menjadi landasan untuk bersaing di pasar global, melalui pemanfaatan platform teknologi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut positif kehadiran platform Goorita yang membantu produk lokal termasuk UMKM agar mampu bersaing secara global.

"Saya melihat program bangga buatan Indonesia harus jadi program beli kreatif lokal dan juga dorong produk ekspor. Sehingga apa yang dilakukan Goorita luar biasa menurut saya,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (18/8/2021).

Sandiaga mengatakan, sejalan dengan capaian tersebut, produk-produk dalam negeri hasil karya UMKM diharapkan bisa bersaing di pasar global dengan memanfaatkan berbagai platform.

"Salah satunya melalui global marketplace, pemasaran produk lewat komunitas diaspora di berbagai negara, hingga memanfaatkan offline store. Hal tersebut, memberikan kemudahan bagi UMKM untuk memperkenalkan produknya ke pasar luar negeri dengan semakin efektif dan efisien,” tandasnya.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menambahkan, pada Juni 2021, neraca perdagangan Indonesia kembali mencatatkan surplus dengan nilai US$ 1,32 miliar.

"Hal yang membanggakan kita semua, dari sisi ekspor, nilai total ekspor Indonesia mencapai US$ 18,55 miliar dan menjadi yang tertinggi sejak Agustus 2011,” ujar Jerry.

Sementara, Chief Executive Officer (CEO) Goorita Yuwono Wicaksono menyebutkan, bekerja sama dan terintegrasi dengan marketplace terkenal di dunia serta kurir logistik internasional, Goorita menyediakan layanan pengiriman internasional termurah dan tercepat.

"Platform kami hadir untuk mendukung bisnis lokal Indonesia agar dapat bersaing secara global dengan solusi termudah dalam memasarkan dan mengirimkan produk lokal Indonesia ke seluruh dunia,” kata Yuwono.

Yuwono menjelaskan, Goorita menghadirkan tiga layanan utama yakni marketplace, fulfillment dan logistik. Melalui ketiga layanan tersebut, Goorita siap membantu pelaku usaha di dalam negeri dalam mengembangkan usaha.

"Jadi buat teman-teman diaspora yang tengah membutuhkan produk dalam negeri, atau misalnya ingin makanan khas daerah di Indonesia mulai dari kudapan sampai masakan kini cara pesannya semakin praktis,” katanya.

Yuwono mengatakan, pelaku UMKM yang ingin melakukan ekspansi bisnis ke ranah global tak perlu khawatir akan persoalan izin ekspor. Pasalnya aspek perizinan akan dibantu langsung oleh Goorita yakni dengan penyediaan ET-K resmi. Selain itu, Goorita juga menjamin harga ekspedisi yang jauh lebih murah sehingga terjangkau bagi konsumen di seluruh dunia khususnya WNI yang tinggal di luar negeri.

"Kalau ada yg bilang kirim produk ke luar negeri mahal, pasti belum tahu Goorita. Tarif kami sudah disesuaikan agar produk lokal yang dikirim ke luar negeri harganya masih kompetitif. Goorita juga sangat solutif dalam menekan ongkir alias ongkos kirim, dengan adanya metode community buying,” imbuhnya.

Menurut Yuwono, metode community buying sudah sangat populer di Tiongkok. "Jadi, semisal ada teman-teman diaspora dalam satu komunitas yang ingin beli barang dari Indonesia, itu bisa dijadikan 1 boks sehingga sudah tentu ongkos kirimnya lebih murah,” paparnya.

Yuwono menambahkan, Goorita juga turut mengakomodir masyarakat diaspora di berbagai negara yang ingin menjadi reseller produk UMKM. "Menjadi agen itu peluang yang potensial, karena selain dapat untung juga berjasa besar dalam mempromosikan produk Indonesia ke pasar global. Ibaratnya sama dengan mengibarkan bendera merah putih di negeri orang,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Survei: Mayoritas Warga Inggris Ingin Liz Truss Mengundurkan Diri

Mayoritas warga Inggris ingin Perdana Menteri Liz Truss mengundurkan diri. Hal itu terungkap dari jajak pendapat baru yang diterbitkan YouGov.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings