Logo BeritaSatu

Ini Cara Mencari Digital Agency yang Tepat

Rabu, 6 Oktober 2021 | 21:04 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Digital marketing menjadi hal yang sangat menjanjikan pada masa pandemi ini, sayangnya tidak banyak perusahaan yang memiliki karyawan andal dalam menanganinya. Hal itu terjadi karena tidak mudah menemukan ahli digital marketer. Kendati begitu hal tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan jasa digital agency.

Pada umumnya, perusahaan digital agency sudah memiliki tim digital marketing, copywriter hingga team creative yang lengkap dan sangat berpengalaman. Tidak jarang sebuah digital agency dibekali dengan berbagai tools premium dan pengalaman dalam menangani berbagai industri yang dapat meningkatkan efektivitas campaignyang ditangani. Tentu saja, ini adalah masalah yang tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan dalam waktu singkat.

Advertisement

Nantinya, semua urusan kampanye bisnis, mulai dari penganggaran, perencanaan, hingga pelaksanaan dan evaluasi akan ditangani digital agency. Mereka biasanya juga akan menyiapkan strategi digital marketing pamungkas yang dapat meningkatkan skala bisnis perusahaan.

Tentu tidak semua digital agency sesuai dengan kebutuhan layanan digital marketing. Oleh sebab itu, Anda harus memilih digital agency yang memiliki pengalaman dan tim yang andal.

Pastikan digital agency tersebut memiliki layanan konsultasi digital marketing agar Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai anggaran promosi nominal yang dibutuhkan yaitu:
- Bentuk strategi digital marketing yang efektif
- Platform digital marketing yang sesuai dengan profil bisnis
- Format pemasaran yang akan digunakan
- Meramalkan hasil promosi yang dilakukan.

Tanpa melalukan konsultasi lebih dahulu, para pebisnis tidak akan tahu apakah bisnisnya sebenarnya lebih efektif dengan digital marketing atau tidak. Pebisnis juga tidak akan tahu bagaimana hasil dari promosi yang mereka lakukan, yang tentunya dapat mengancam keberlangsungan bisnis yang dijalani.

Tetapi dalam dunia digital marketing semua membutuhkan proses, dari brand awareness yaitu bagaimana memperkenalkan produk Anda terhadap target market, lalu membangun engagement terhadap calon pelanggan hingga terjadi sebuah penjualan. Seluruh hal tersebut diperlukan dalam membangun sebuah strategi digital marketing yang efektif.

Dan pastikan konsultasi yang diberikan tidak hanya sesi tanya jawab, tetapi juga memberikan hasil dan data yang dibutuhkan.

Digital marketing memiliki banyak saluran dan bidang. Mulai dari Digital Advertising, SEO, Social Media, Email Marketing, dan masih banyak lagi. Pebisnis perlu tahu di bidang mana satu agency dapat memberikan layanan, apa saja klien yang sudah dilayani serta hasil dari pekerjaan mereka sebelumnya.

Faktanya, tidak banyak digital agency yang bagus di segala bidang, di mana hanya agency besar yang bisa karena sudah memiliki jumlah personel yang cukup. Pebisnis tidak perlu menggunakan semua saluran, tetapi pebisnis perlu tahu apakah saluran yang ingin digunakan telah sesuai dalam keahlian agency atau tidak.

Pebisnis juga harus memastikan bahwa layanan digital agency yang dipilih dapat memberikan penawaran promosi yang sesuai dengan visi. Jangan terjebak dalam agency yang hanya fokus pada ideologinya sendiri, dan tidak peduli dengan keinginan dan kebutuhan kliennya.

Jika ada agency digital marketing tetapi tidak memiliki strategi digital marketing untuk perusahaannya sendiri, maka harus perlu mempertanyakannya. Karena digital agency bahkan tidak bisa mempromosikan diri sendiri, bagaimana dapat mempromosikan bisnis yang belum tentu mereka pahami?

Karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan agency digital marketing, pastikan untuk mengetahui profil perusahaan mereka. Lihat akun media sosial mereka, dan melihat seberapa profesional mereka bekerja di sana. Jika kualitasnya buruk, maka harus dipikirkan ulang untuk bekerja sama dengan digital agency tersebut.

Terakhir, ada sistem kontrak yang transparan tanpa biaya tersembunyi. Banyak sekali oknum agency yang menyematkan biaya tersembunyi dalam layanan digital marketing mereka, dan akhirnya akan merugikan pihak klien.

Jadi, pebisnis perlu memastikan bahwa semua harga dan layanan yang tercantum dalam kontrak adalah bersifat final. Hal ini sangat penting, mengingat dunia digital marketing adalah dunia yang sangat dinamis. Pebisnis juga harus memeriksa apakah semua kebutuhan tercakup dalam kontrak.

Untuk itu direkomendasikan menggunakan digital agency Marketz.id yang sudah memenuhi semua kriteria di atas. Marketz.id merupakan Digital Agency Jakarta yang telah berdiri selama 3 tahun dan telah membantu lebih dari 100 klien baik dari perusahaan multinasional hingga UMKM.

Value yang Marketz.id miliki adalah C (Commitment), A (Agile), P (Professional) dan T (Trustable) ini merupakan hal yang selalu diberikan kepada para klien. Saat ini Marketz.id memiliki berbagai layanan dari 360 Advertising, SEO, Social Media Management hingga KOL Influencer Management untuk mensolusikan kebutuhan para pebisnis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Senin, LPSK Tentukan Status Istri Irjen Ferdy Sambo

Senin, LPSK Tentukan Status Istri Irjen Ferdy Sambo

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings