Logo BeritaSatu

Astronaut Tiongkok Tiba di Stasiun Luar Angkasa untuk Misi 6 Bulan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:39 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Tiga astronaut berhasil merapat dengan stasiun ruang angkasa baru Tiongkok pada Sabtu (16/10/2021). Seperti dilaporkan CNA, Sabtu (16/10/2021), misi ini akan menjadi misi awak terpanjang Beijing hingga saat ini dalam upaya Tiongkok menjadi kekuatan luar angkasa utama.

Kantor berita pemerintah Xinhua melaporkan ketiga astronaut meluncur tak lama setelah tengah malam waktu setempat dari pusat peluncuran Jiuquan di gurun Gobi, Tiongkok barat laut. Tim tersebut diperkirakan akan menghabiskan enam bulan di stasiun luar angkasa Tiangong.

Setelah peluncuran, menurut Xinhua, Badan Antariksa Berawak Tiongkok menyatakannya sukses dan mengatakan para anggota kru "dalam kondisi baik".

“Kapal Shenzhou-13 yang membawa ketiga astronaut kemudian berlabuh beberapa jam kemudian dengan pelabuhan radial stasiun luar angkasa,” kata Xinhua soal pengiriman singkat pada Sabtu pagi.

Misi ini yang merupakan dua kali lebih lama dari 90 hari pendahulunya, akan menyiapkan peralatan dan teknologi uji untuk konstruksi masa depan di stasiun Tiangong.

Shenzhou-13, yang berarti "Kapal Ilahi" dalam bahasa Tiongkok, adalah misi kedua dari empat awak yang diperlukan untuk menyelesaikan stasiun luar angkasa pada akhir 2022.

Komandan misi Zhai Zhigang, 55 tahun, mantan pilot pesawat tempur yang melakukan perjalanan luar angkasa pertama di negara itu pada 2008, mengatakan tim akan melakukan perjalanan ruang angkasa yang "lebih kompleks" daripada misi sebelumnya.

Tim astronaut termasuk pilot militer Wang Yaping, 41 tahun, yang merupakan wanita pertama yang mengunjungi stasiun luar angkasa setelah menjadi wanita kedua Tiongkok di luar angkasa pada 2013.

Anggota tim lainnya adalah pilot Tentara Pembebasan Rakyat Ye Guangfu, 41 tahun.

Seorang kru luar angkasa yang memecahkan rekor sebelumnya - melakukan misi pertama ke Tiangong - kembali ke Bumi pada bulan September setelah tiga bulan berada di stasiun luar angkasa.

Program luar angkasa Tiongkok yang sangat dipromosikan telah membuat negara itu mendaratkan penjelajah di Mars dan mengirim wahana ke bulan.

Tiangong, yang berarti "istana surgawi", diperkirakan akan beroperasi setidaknya selama 10 tahun.

Modul intinya memasuki orbit awal tahun ini dan stasiun yang telah selesai akan mirip dengan stasiun Soviet Mir yang mengorbit Bumi dari tahun 1980-an hingga 2001.

“Misi panjang diatur untuk "memperluas batas teknologi Tiongkok" dan memverifikasi kapasitas sistem stasiun ruang angkasa untuk durasi pendudukan manusia yang lebih lama,” Chen Lan, seorang analis ruang angkasa independen di GoTaikonauts, kepada AFP.

"Saya tidak berpikir itu sangat menantang, karena teknologi Tiongkok (sudah) cukup matang, meskipun apa pun di luar angkasa selalu menantang," kata Chen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolri Sampaikan Dukacita kepada Korban Bom Bandung

Saat menjenguk korban bom Bandung di Rumah Sakit Immanuel, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan duka atas wafatnya Aipa Sofyan. 

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Akui Tidak Jujur Saat Diperiksa Uji Kebohongan

Ferdy Sambo akui tidak jujur saat diperiksa poligraf atau alat uji kebohongan terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J. 

NEWS | 7 Desember 2022

Efek Bom Bandung, Pengamanan Pernikahan Kaesang Dipertebal

Pengamanan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan dipertebal mengingat adanya peristiwa bom Bandung. 

NEWS | 7 Desember 2022

Percaya 1.000%, Ferdy Sambo Mengaku Putri Candrawathi Cinta Pertamanya

Ferdy Sambo mengaku Putri Candrawathi merupakan cinta pertamanya. Untuk itu, Sambo percaya 1.000% Putri Candrawathi dilecehkan oleh Brigadir J. 

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Kukuh Tak Perintahkan Eliezer Tembak Brigadir J

Mantan Kadiv Propam, Ferdy Sambo kukuh mengeklaim tak perintahkan Richard Eliezer atau Bharada E untuk menembak Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Pengadilan AS Tolak Gugatan ke Putra Mahkota Saudi atas Kematian Khashoggi

Pengadilan AS menolak kasus gugatan ke Putra Mahkota Saudi (Arab Saudi), Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) atas kasus kematian wartawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenguk Korban Bom Bandung, Mahfud MD: Jaringan Teroris Masih Ada

Mahfud MD menyatakan, bom Bandung menunjukkan jaringan teroris masih ada. Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar merupakan residivis.

NEWS | 7 Desember 2022

Dilibatkan di Skenario Baku Tembak, Putri Candrawathi Ngomel ke Ferdy Sambo

Putri Candrawathi sempat memarahi Ferdy Sambo karena dilibatkan dalam skenario fiktif terkait penyebab tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Kasus Korupsi, KPK Tangkap Bupati Bangkalan Ra Latif

KPK membenarkan telah menangkap Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif terkait kasus dugaan korupsi.

NEWS | 7 Desember 2022

2 Mobil Relawan Gempa Cianjur Kecelakaan di Tol Cipali, 1 Orang Tewas

Dua dari enam mobil rombongan relawan gempa Cianjur asal Indramayu terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipali, Subang, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri Sampaikan Dukacita kepada Korban Bom Bandung

Kapolri Sampaikan Dukacita kepada Korban Bom Bandung

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE