Logo BeritaSatu

Sering Diminta Blokir Game Online, Ini Respons Menkominfo

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:23 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informastika (Menkominfo) Johnny G Plate mengaku banyak menerima WhatsApp maupun email yang meminta game online diblokir atau ditutup di Indonesia. Namun ditegaskan Menkominfo, selama game tersebut tidak melanggar undang-undang yang berlaku di Indonesia, Kemkominfo tetap akan memberi kesempatan bagi mereka untuk memberikan layanannya di Indonesia.

“Saya mengacu kepada undang-undang, selama pelaku di ruang digital masih selaras dengan undang-undang, maka mereka mempunyai hak berkembang di Indonesia. Namun, apabila telah melewati batas serta prasyarat dari undang-undang, tentu kami akan melakukan tindakan penegakan hukum di dalam ruang digital,” kata Johnny G. Plate dalam webinar "Percepatan Transformasi Digital untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan” yang digelar BeritaSatu Media Holdings bekerja sama dengan Xendit dan Andrew Tani & Co, Kamis (28/10/2021).

Menkominfo mengungkapkan, banyak masyarakat yang mengatakan gim telah membuat anak-anak tidak bisa membagi waktu antara bermain gim dan belajar. Karenanya, mereka meminta gim online ditutup saja.

“Untuk gim, saya kira logika seperti ini perlu kita luruskan dan jelaskan. Kalau diambil analogi, kalau anak-anak bermain bola dan keranjingan bermain bola sampai lupa belajar, bukan lapangan bolanya yang ditutup, tetapi edukasi pendidikan dan pengaturan agar anak-anak bisa membagi waktunya dengan baik. Demkian juga di ruang digital, edukasi peran orang tua, guru, pemerintah daerah juga secara khusus memberikan literasi kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan ruang digital secara sehat dan bermanfaat. Kita perlu menjaga agar kehidupan ruang digital berimbang dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Menkominfo mengungkapkan, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar di industri gim, di mana Indonesia merupakan rumah dari 43% pemain gim di Asia Tengara yang berjumlah 274,5 juta. Selain itu, potensi ekonomi yang dimiliki industri gim di Indonesia juga cukup signifikan sebesar lebih dari US$ 2,08 miliar. Namun saat ini gim lokal baru menguasai 0,4% pasar gim dalam negeri.

Untuk mendukung pengembangan gim lokal, Kemenkominfo juga telah meluncurkan program Indonesia Game Developer Exchange yang memberikan program mentoring, pertemuan bisnis, serta promosi spesifik bagi para pengembang gim untuk bersinergi dengan ekosistem investasi. Program ini juga didukung oleh berbagai kebijakan, baik perlindungan kekayaan intelektual, hingga kebijakan klasifikasi rating untuk mempermudah akses konsumen terhadap gim yang sesuai dengan konten dan umur pengguna.

“Pasar gim domestik terlalu dikuasasi oleh gim developer asing. Ini harus kita imbangi dengan dukungan dan kebijakan-kebijakan yang terapan dan spesifik, agar gim developer dan industri di dalam negeri juga mampu bersaing, setidaknya mengisi pasar domestik kita,” kata Menkominfo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jual Beli Bayi Rp 15 Juta "Ayah Sejuta Anak" Dibekuk

Pengelola Yayasan Ayah Sejuta Anak dibekuk aparat Polres Bogor dalam kasus dugaan jual beli bayi.

NEWS | 30 September 2022

Putin Umumkan Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina yang dikuasai ke Rusia pada Jumat (30/9/2022).

NEWS | 30 September 2022

Italia dan AS Desak Warga Negaranya Tinggalkan Rusia

Italia dan Amerika Serikat (AS) mendesak warga negaranya untuk mempertimbangkan meninggalkan Rusia.

NEWS | 30 September 2022

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jual Beli Bayi Rp 15 Juta

Jual Beli Bayi Rp 15 Juta "Ayah Sejuta Anak" Dibekuk

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings