Logo BeritaSatu

Aplikasi T-Rec Bantu Perusahaan FMCG Sinergikan Tim Lapangan

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 12:07 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Aplikasi T-Rec menjadi solusi bagi perusahaan FMCG (fast moving consumer goods) dan pelaku bisnis ritel dalam melaksanakan supervisi aktivitas harian tim lapangan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, validitas data dan kecepatan pelaporan, serta memperlancar proses bisnis.

CEO T-Rec Indonesia, Dagi Hendrawan, mengatakan, dalam industri FMCG dan bisnis ritel, speed atau kecepatan adalah hal utama.

"Oleh karena itu kami berkomitmen untuk membantu klien dalam menghasilkan data dengan tingkat validitas tinggi melalui proses yang cepat (real-time) sehingga perusahaan mendapatkan gambaran lebih luas mengenai kondisi yang dihadapi di lapangan saat ini agar action yang dilakukan dapat lebih tepat sasaran,” ujar Dagi Hendrawan, dalam keterangan pers, Sabtu (30/10/2021).

Dagi menjelaskan, dengan populasi lebih dari 268 Juta jiwa yang tersebar di 16.000 pulau, Indonesia merupakan pasar yang sangat menarik bagi industri FMC.

"Terlepas dari badai pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020, industri FMCG merupakan salah satu sektor yang paling tahan banting karena dapat terus survive meskipun mengalami berbagai tantangan,” jelasnya.

Menurut Dagi, satu hal menarik dari industri FMCG di Indonesia adalah, dari estimasi 4,5 Juta jumlah outlet nasional, hampir 80% merupakan tipe tradisional yang di dominasi oleh toko kelontong dan warung.

Toko-toko ini tersebar di kota besar/kecil sehingga perusahaan masih memerlukan banyak bantuan dari tim lapangan (SPG/SPB, salesman, merchandiser, canvasser) untuk memastikan distribusi, ketersediaan, hingga pemajangan, pemesanan dan penjualan produknya di toko.

Masalahnya, lanjut dia, masih banyak perusahaan yang menggunakan cara klasik untuk mendokumentasikan proses kerja tim lapangan. Proses kerja non-digital seperti ini biasanya melibatkan banyak paperwork sehingga meningkatkan resiko human error dan fraud sehingga validasi data menjadi tantangan tersendiri.

"Selain itu, prosesnya tergolong lambat sehingga mengurangi efisiensi dan produktivitas kerja bagi seluruh pihak," tandasnya.

Saat bekerja di salah satu perusahaan FMCG multinasional, Dagi mengalami kesulitan saat harus me-manage ribuan tim lapangan di seluruh Indonesia. Akhirnya, tercetus konsep bagaimana mensinergikan tim lapangan dengan back office dalam satu platform. "Setelah resign dan melakukan riset dan development selama satu tahun, T-Rec diluncurkan pada bulan November 2015,” jelas Dagi.

T-Rec merupakan singkatan dari tracking and recording. Tracking (supervisi) tim lapangan dan recording (merekam) data-data saat mereka bertugas. Bergerak di ranah SaaS (software as a service) dengan aplikasi berbasis Android, T-Rec dirancang sesuai alur kerja dan dinamika FMCG di Indonesia.

"Dengan proses kerja yang gak pake ribet dan modul-modul yang user-friendly, aplikasi ini sangat mudah digunakan sesuai kondisi di lapangan,” kata Dagi.

T-Rec juga dilengkapi dengan teknologi geo-location akurasi tinggi, anti fake-GPS dan fitur proximity lock untuk validasi lokasi tim dan pengambilan data saat di outlet. Aplikasi ini menjadi solusi bagi perusahaan FMCG dan pelaku bisnis ritel dalam melaksanakan supervisi aktivitas harian tim lapangan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, validitas data dan kecepatan pelaporan.

Dagi menuturkan, untuk melayani kebutuhan klien korporasi akan analisa data yang lebih kompleks dan mendalam, saat ini telah tersedia advanced dashboard yang dilengkapi dengan machine learning.

Hal ini sejalan dengan arah perkembangan T-Rec sebagai platform penyedia data analytics yang andal, terkini, dan komprehensif untuk membantu manajemen dalam merumuskan keputusan bisnis baik taktis maupun strategis.

Hingga bulan Oktober 2021, Dagi Hendrawan menyatakan, T-Rec telah melayani ribuan user di 90 kota dan 34 provinsi baik dari perusahaan lokal maupun multinasional, dengan berbagai macam merek dan kategori produk yang tersebar di 800.000 outlet seluruh Indonesia.

"Dengan mulai terkendalinya penanganan pandemi Covid-19 dan kembali menggeliatnya sektor FMCG, jumlah user maupun klien yang bergabung diperkirakan akan lebih meningkat dari tahun sebelumnya," imbuhnya.

Dagi Hendrawan mengungkapkan, T-Rec akan terus berbenah dalam melakukan pengembangan, mulai dari penambahan fitur, efisiensi workflow, UI/UX, pembenahan infrastruktur, hingga peningkatan kemampuan dashboard untuk analisa big data melalui teknologi artificial intelligence.

Selain itu, dia berharap dapat berkolaborasi dengan platform lain seperti HRIS/payroll, image recognition, atau distributor management system (DMS), supaya dapat lebih melengkapi solusi yang ditawarkan dalam T-Rec Retail Solution and Beyond.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perkaya Konten Video Pendek, Chingari Gandeng OTT dan Merek Lokal

Aplikasi video pendek, Chingari telah berkolaborasi dengan sejumlah media gaya hidup untuk memperkaya konten gaya hidup untuk para penggunanya di Indonesia.

DIGITAL | 16 Mei 2022

Generasi Z Makin Menggemari Dunia Virtual Metaverse

Perusahaan-perusahaan harus bisa memanfaatkan respons positif Gen Z terhadap metaverse dengan tepat.

DIGITAL | 14 Mei 2022

Advan Luncurkan Ponsel Entry Level Terbaru Nasa Pro

Advan meluncurkan ponsel pintar terbaru Advan Nasa Pro yang dibanderol dengan harga terjangkau Rp 1,299 juta.

DIGITAL | 14 Mei 2022

TikTok Jalin Kemitraan dengan SEA Games Vietnam

TikTok menjalin kemitraan dengan Southeast Asian (SEA) Games ke-31 yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam mulai 12-23 Mei 2022.

DIGITAL | 14 Mei 2022

Maureen Tseng Pimpin Hoffman Agency Singapura dan Indonesia

Penunjukan Maureen Tseng sebagai general manager Hoffman Agency di Singapura dan Indonesia bertujuan memperluas layanan IMC di Asia Tenggara

DIGITAL | 14 Mei 2022

Tak Hanya Jam Tangan Pintar, Imoo Hadirkan Headset

Imoo menghadirkan produk headset open ear pertama yang dikhususkan untuk anak-anak 7-15 tahun di Indonesia.

DIGITAL | 13 Mei 2022

Headset Gaming NYK Nemesis, Serasa Main Game Jadi Nyata

Dua headset gaming NYK Nemesis yakni Thunder HS-E10 dan Zeus HS-E8, diklaim bisa membuat sensasi bermain game menjadi nyata.

DIGITAL | 13 Mei 2022

Apple Hentikan Produksi iPod setelah 21 Tahun

Apple mengumumkan penghentian produksi iPod, pemutar MP3 setelah 21 tahun pada Selasa (10/5/2022).

DIGITAL | 13 Mei 2022

NUS Computing Gandeng TZ Apac Kembangkan Generasi Inovator

TZ Apac akan menyusun kurikulum blockchain di Centre for Nurturing Computing Excellence, Singapura  

DIGITAL | 13 Mei 2022

Terhindar Masalah Hukum dengan Bijak Bermedia Sosial

Para pengguna diimbau memperhatikan etika dan bersikap bijak dalam bermedia sosial agar tidak tersandung masalah hukum.

LIFESTYLE | 12 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wamen BUMN Pahala Mansury Tinjau Mitra Warung Pangan PPI

Wamen BUMN Pahala Mansury Tinjau Mitra Warung Pangan PPI

MEGAPOLITAN | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings