Logo BeritaSatu

Kemenag Luncurkan 4 Aplikasi Layanan Digital Buatan Ditjen Bimas Hindu

Minggu, 7 November 2021 | 10:28 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama merilis empat aplikasi layanan digital pada Sabtu (6/11/2021) yang diluncurkan langsung oleh Menteri Agama RI, dan Ketua Komisi VIII DPR RI.

“Kita sangat mengapresiasi terbosan Ditjen Bimas Hindu yang telah mampu membuat empat aplikasi layanan digital Hindu, dan ini adalah teknologi pertama di lingkungan Kementerian Agama” ungkap Sekretaris Jenderal Menteri Agama Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag yang mewakili Menteri Agama.

Senada dengan Ketua Komisi VIII DPR RI yang diwakili Komang Koheri mengapresiasi Ditjen Bimas Hindu yang turut melibatkan anak-anak muda dalam pembuatan empat aplikasi layanan digital Bimas Hindu.

“Kami mengapresiasi Ditjen Bimas Hindu telah melibatkan programmer-programmer dari kalangan anak muda Hindu, karena bagaimanapun anak muda akan menjadi penerus estafet kepemimpinan” ungkapnya.

Ke empat aplikasi tersebut diantaranya, e-Pasraman, Sindu (Sistem Informasi Hindu), Wedangga (Weda dalam Genggaman Anda), dan e-Arsip.

“Empat aplikasi layanan digital ini merupakan buah karya kerja sama antara Ditjen Bimas Hindu dengan programmer-programmer dari kalangan anak muda Hindu” ungkap Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto dalam sambutannya.

e-Pasraman adalah aplikasi layanan pendidikan Hindu berbasis digital yang akan membantu proses belajar mengajar antara siswa dan tenaga pengajar di Pasraman.

“Melalui aplikasi ini, orang tua siswa nantinya juga dapat turut mengawasi perkembangan proses belajar anak-anaknya” sambungnya.

Sindu merupakan sistem aplikasi digital berbasis web yang terintegrasi dengan data-data keumatan Hindu seperti data pendidikan, data penyuluh, guru agama, data pegawai dan data lainnya.

“Sindu akan menjadi holding application, jadi hanya dengan mengakses Sindu user bisa terintegrasi dengan berbagai data dan layanan aplikasi digital Bimas Hindu RI” tutur Tri Handoko Seto

“Sindu akan menjadi aplikasi yang terus bertumbuh untuk memberikan pelayanan mudah, murah dan cepat” sambungnya.

Sedangkan Wedangga adalah aplikasi media digital berbasis web yang mempermudah umat mengakses kitab suci Hindu.

“Nantinya, melalui aplikasi ini umat tidak hanya ditampilkan teks asli dan terjemahannya saja, namun juga bisa mendengarkan langsung lantunan beserta terjemahannya” tuturnya.

Aplikasi ke empat yang dirilis Ditjen Bimas Hindu adalah Digital Arsip, merupakan transformasi model pengarsipan dokumen kepegawaian Ditjen Bimas Hindu.

“Perkembangan teknologi dan informasi menjadi alasan paling mendasar aplikasi ini kita buat. Harapannya empat aplikasi layanan digital Ditjen Bimas Hindu dapat terus beradaptasi sesuai tren perkembangan zaman” tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

63,2 Juta Orang di Indonesia Terima Vaksinasi Dosis Ketiga

Sebanyak 63.234.035 orang Indonesia dari kelompok masyarakat umum sudah menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama Covid-19.

NEWS | 27 September 2022

Burhanuddin Layak Terima Penghargaan dari Asosiasi Jaksa Internasional

Jerry Massie menilai Jaksa Agung ST Burhanuddin layak menerima penghargaan special achievement award dari International Association of Prosecutors (IAP).

NEWS | 27 September 2022

Beri Kuliah Umum di UBL, AHY Tekankan Pentingnya Membangun SDM

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap agar sumber daya manusia Indonesia maju sehingga bisa mengelola kekayaan alam untuk kemajuan bangsa.

NEWS | 27 September 2022

Legislator: Minuman Kekinian Picu Penyakit Diabetes

Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo angkat bicara soal kadar gula berlebihan dalam minuman kekinian yang bisa menyebabkan diabetes.

NEWS | 27 September 2022

Gubernur Jateng Imbau Bupati dan Wali Kota Cegah Korupsi

Bersama KPK, Ganjar mengumpulkan para bupati/wali kota hingga Ketua DPRD se-Jateng untuk mendapatkan bimbingan pencegahan tindakan korupsi.

NEWS | 27 September 2022

Rampung Diperiksa KPK, Sigid Haryo Wibisono Bungkam

Sigid Haryo Wibisono bungkam usai diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan suap di Pemkab Pemalang yang menyeret Bupati nonaktif Pemalang Mukti Agung Wibowo.

NEWS | 27 September 2022

Update Covid-19: Naik, Kasus Positif Harian Bertambah 1.976

Kasus baru positif harian Covid-19 di Indonesia hari ini dilaporkan bertambah 1.976, dan naik dibandingkan Senin kemarin sebanyak 1.344.

NEWS | 27 September 2022

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Diiringi Doa, Bunga, dan Tembakan

Iringan doa, bunga, dan tembakan senjata untuk penghormatan sebanyak 19 kali menandai pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri Shinzo Abe.

NEWS | 27 September 2022

Nasdem Pastikan Bakal Usung Anies Baswedan sebagai Capres

Politikus Partai Nasdem Zulfan Lindan memastikan jika Nasdem bakal mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres di Pilpres 2024.

NEWS | 27 September 2022

Demokrat Minta KPK Hargai Hak Lukas Enembe sebagai Tersangka

Politikus Partai Partai Demokrat, Didik Mukrianto meminta KPK menghormati hak Gubernur Papua Lukas Enembe yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Topan Super Noru Menuju Vietnam, 200.000 Warga Berlidung di Penampungan

Topan Super Noru Menuju Vietnam, 200.000 Warga Berlidung di Penampungan

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings