Logo BeritaSatu

Mudahkan Layanan Pelanggan dengan WhatsApp Business API Wappin

Jumat, 19 November 2021 | 09:59 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Mengutip hasil penelitian yang dilakukan Microsoft pada tahun 2019, 95% pelanggan memilih setia pada suatu brand jika merek tersebut memiliki tim customer service yang baik. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa performa customer service sangatlah vital dalam keberlangsungan bisnis.

Namun, tantangan customer service ini bisa diatasi dengan berbagai teknologi komunikasi yang mampu memenuhi kebutuhan customer service. Salah satunya ialah layanan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API adalah layanan WhatsApp yang dikhususkan untuk bisnis, memfasilitasi kebutuhan customer servicebagi perusahaan berskala menengah hingga besar. Hal ini berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business biasa yang tersedia di Google Playstore.

Singkatnya, WhatsApp Business API memberikan berbagai kemudahan customer service bagi bisnis. Contohnya seperti penggunaan pesan template yang bisa dikustomisasi berdasarkan kebutuhan hingga integrasi dengan chatbot yang mampu membantu customer service lebih responsif selama 24/7.

Layanan WhatsApp Business API ini sendiri hanya bisa didapatkan dari mitra resmi Facebook. Salah satu mitra resmi Facebook yang ada di Indonesia ialah Wappin. Wappin sendiri ialah bagian dari SPE Solution, perusahaan fintech yang menyediakan solusi pembayaran digital bagi berbagai bisnis di Indonesia yang telah memiliki sertifikasi ISO 27001 dan PCI DSS.

“Kendala umum yang dialami berbagai bisnis adalah sulitnya menjaga relasi dengan pelanggan, apalagi di masa pandemi. Ada juga bisnis yang sudah memiliki tim customer service, namun terkadang tidak responsif ketika dihubungi pelanggan. Penyebabnya mungkin karena jumlah pelanggan yang sangat banyak atau solusi yang digunakan kurang tepat. Wappin berusaha menyediakan solusi untuk kebutuhan ini,” ungkap CEO SPE SolutionRico L. Simarmata melalui keterangan, Jumat (19/11/2021).

Menurut Wappin, kebutuhan customer service tidak hanya terletak pada penyediaan layanan bantuan kepada konsumen suatu bisnis, namun juga ketersediaan bantuan bagi tim customer serviceitu sendiri. Inilah yang mendorong Wappin untuk menyediakan layanan bantuan 24/7 bagi pelanggannya, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Selain itu, langkah Wappin bermitra dengan Facebook guna menyediakan teknologi komunikasi bisnis melalui WhatsApp bertujuan untuk menghadirkan solusi yang dibutuhkan customer service saat ini.

Sebabnya, WhatsApp adalah teknologi komunikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dengan menghadirkan solusi komunikasi bisnis melalui WhatsApp, Wappin tidak hanya menawarkan kemudahan bagi pelanggannya, namun juga kemudahan bagi pelanggan dari pelanggannya.

Hingga saat ini, teknologi dan layanan Wappin sudah digunakan oleh beragam jenis industri, mulai dari pendidikan, kesehatan, perbankan, manufaktur, IT, pariwisata, hingga lembaga pemerintahan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings