Logo BeritaSatu

Kemitraan GBG dan IST Cegah Penipuan Perbankan Digital

Sabtu, 27 November 2021 | 07:57 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – GBG – pakar global dalam identitas digital – mengumumkan kemitraan solusi deteksi dan manajemen penipuan dengan PT. Infosys Solusi Terpadu (IST), sebagai penyedia solusi teknologi transformasi digital di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, IST akan menjual, mengimplementasikan, dan memberikan dukungan teknis lokal untuk solusi manajemen kejahatan keuangan hulu-ke-hilir GBG secara eksklusif kepada bank dan lembaga keuangan (BFI) di Indonesia.

Dalam laporan terbaru McKinsey yang berjudul “Personal Financial Survey 2021”, Indonesia telah mengalami peningkatan yang dramatis dalam adopsi perbankan digital, baik mobile maupun internet bangking. Sekitar 78% nasabah Indonesia sekarang menggunakan perbankan digital secara aktif (setidaknya sebulan sekali melalui saluran online atau seluler). Angka ini mengalami kenaikan dari 57% pada 2017.

Sementara itu, 55% responden mengatakan menggunakan uang tunai kurang dari 30% transaksi per minggu. Sedangkan 80% berharap mempertahankan atau meningkatkan transaksi perbankan digitalnya di masa depan.

Menurut General Manager Asia GBG, Bernardi Susatyo, saat ini Indonesia memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar keempat secara global dengan tingkat penetrasi smartphone sebesar 59%. Oleh karena itu guna mengelola dan mencegah penipuan secara efektif di pasar yang sangat erat dengan teknologi seluler ini, GBG telah mengembangkan ekosistem mitra lokal untuk memperkaya kecerdasan data dan meningkatkan kesiapan tim penjualan di lapangan serta dukungan teknis.

“Indonesia adalah salah satu pasar utama bagi GBG, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pencegahan kejahatan keuangan dengan memperkokoh landasan lokal. Kemitraan dengan IST ini akan membantu kami memperkuat kemampuan go-to-market, integrasi sistem, dan pengiriman, dengan rangkaian solusi penipuan dan kepatuhan yang lebih komprehensif untuk lembaga keuangan yang memprioritaskan perbankan seluler dan Internet,” ujar Bernardi dalam keterangan pers Jumat (26/11).

Ditambahkan bahwa GBG telah membantu Lembaga Keuangan (LK) tingkat atas di Indonesia dalam mendeteksi dan mencegah kejahatan keuangan yang kompleks sejak 2006 dan beberapa pelanggannya di Indonesia, termasuk lima dari tujuh bank BUKU 4. Memanfaatkan kekuatan IST dalam perbankan mobile dan internet, serta hubungan yang kuat dengan mitra data lokal termasuk Dukcapil, SLIK, penyedia telekomunikasi lokal dan sumber data lokal resmi lainnya, kemitraan ini akan semakin meningkatkan kinerja deteksi penipuan dan kepatuhan GBG dalam pasar Indonesia.

Sementara itu CEO IST, Budi Setiono menuturkan bahwa selama lebih dari 15 tahun, IST hingga saat ini masih berfokus pada penyediaan layanan transformasi digital yang menciptakan atau mengoptimalkan proses bisnis, menyederhanakan pengalaman pengguna, meningkatkan kinerja, dan keamanan digital untuk memenuhi kebutuhan bisnis serta perubahan pasar dengan tangkas.

“Pergeseran pesat layanan perbankan dan keuangan ke digital menciptakan tantangan penipuan dan kejahatan keuangan baru yang perlu dikelola oleh Bank dan Lembaga Keuangan Indonesia. Kami sangat senang bisa bermitra dengan GBG untuk secara eksklusif memberikan solusi penipuan dan kepatuhan pemenang penghargaan kepada lembaga-lembaga keuangan di sini,” katanya.

Sebagai informasi, IST adalah mitra terpercaya yang sudah bekerjasama dengan lebih dari 30 Bank dan LK Indonesia dan organisasi e-commerce termasuk BNI, BTN, BCA, CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Syariah Indonesia, Commonwealth Bank, Bank Victoria, Bank Mayapada, Bank Aceh, Bank Jateng, Bank BJB, Bank NTB Syariah, Jasindo, Blibli dan lainnya. IST beroperasi di 3 lokasi – 1 kantor pusat di Jakarta dan 2 lokasi kantor lainnya di Yogyakarta dan Semarang. IST menyediakan dukungan lokal dan keahlian dalam integrasi sistem sepanjang waktu. Saat ini, 90% dari 400 anggota tim IST sudah terlatih dalam memberikan dukungan teknis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 4 Oktober 2022

Infografik kasus positif kumulatif dan suspek Covid-19 sampai 4 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Plt Dirjen Imigrasi Ungkap Biaya Paspor dengan Masa Berlaku 10 Tahun

Masa berlaku paspor biasa kini menjadi 10 tahun. Hal itu berdasarkan Pasal 2A Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 18 tahun 2022.

NEWS | 5 Oktober 2022

Data Kematian Covid-19 di Indonesia sampai 4 Oktober 2022

Infografik kematian Covid-19 di Indonesia sampai 4 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara parade senja dan penurunan bendera merah putih yang digelar di lapangan Bela Negara, Kemenhan, Jakarta.

NEWS | 5 Oktober 2022

HT Instruksikan Kader Perindo Raih Double Digit pada Pemilu 2024

Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo (HT) menginstruksikan seluruh kadernya untuk meraih double digit pada Pemilu 2024.

NEWS | 5 Oktober 2022

Penahanan Putri Candrawathi Permudah Proses Hukum Kasus Brigadir J

Yenti Garnasih menyatakan penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi mempermudah proses hukum kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Soal Pansus Kanjuruhan, Puan: Hargai Dulu Tim Independen

Ketua DPR Puan Maharani angkat bicara soal adanya usulan Panitia Khusus (Pansus) Tragedi Kanjuruhan yang digagas lintas fraksi di DPR.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ketua Umum Zulkifli Hasan Resmikan Kantor Baru DPP PAN

Ketua Umum (ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau biasa disapa Zulhas meresmikan kantor baru DPP PAN di Warung Buncit, Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Anies Capres Nasdem, Puan: Lebih Baik Fokus Tragedi Kanjuruhan

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani angkat bicara soal deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dari Partai Nasdem.

NEWS | 5 Oktober 2022

Punya Tiket Pilpres 2024, KIB Tak Buru-buru Deklarasi Capres

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) telah memiliki tiket Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings