Logo BeritaSatu

Ini 5 Potensi Serangan Siber terhadap Media Online

Selasa, 14 Desember 2021 | 20:26 WIB
Oleh : Anselmus Bata / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah tataran di semua sektor, termasuk media. Setidaknya terdapat lima potensi serangan siber terhadap media online yang dapat mengganggu tugas dan fungsi jurnalistik untuk melaksanakan diseminasi informasi ke masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen Suharyanto ketika membuka kegiatan "Edukasi dan Literasi Keamanan Informasi Sektor Media" di Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Kelima potensi serangan siber tersebut, lanjut Suharyanti, pertama adalah distributed denial of service (DDOS) yang merupakan serangan berupa permintaan layanan tertentu ke sebuah media online dengan memanfaatkan program komputasi, sehingga media online tersebut terganggu, bahkan tidak dapat diakses.

Kedua, malvertising atau serangan berupa penyampaian konten iklan yang telah dimodifikasi menjadi sebuah konten yang kurang pantas atau konten iklan tersebut telah disisipi program berbahaya. Sekilas konten iklan tersebut terlihat normal dan berasal dari pengiklan yang sah, tetapi dapat mengakibatkan efek negatif bagi komputer, bahkan jaringan dari pengunjung media tersebut.

Ketiga, ransomware merupakan serangan berupa pengambilalihan data yang kemudian dienkripsi dan meminta tebusan. Hal bisa terjadi karena kurangnya kesadaran jurnalis terhadap keamanan informasi.

Keempat, defacement atau serangan berupa perubahan konten berita untuk kepentingan pihak tertentu. Hal ini umumnya terjadi pada musim kampanye politik atau memiliki tujuan komersial.

Kelima, phising atau penipuan untuk mencuri identitas diri. Hal ini dilakukan kepada jurnalis dan sering kali berhasil karena menurunnya tingkat kesadaran keamanan akibat tuntutan deadline. Tujuannya mendapatkan akses jurnalis dan mencuri data berita sebelum dikirim ke redaktur atau editor media. Phising bisa juga menyasar pengunjung media online dengan mengirimkan penawaran tertentu lewat email untuk meminta informasi melalui pengisian formulir tertentu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Delegasi DEWG G-20 Nikmati Keistimewaan Kuliner Lokal

Delegasi DEWG G-20 Nikmati Keistimewaan Kuliner Lokal

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings