Logo BeritaSatu

Transformasi Digital Kunci Sukses Pengelolaan Organisasi

Jumat, 17 Desember 2021 | 06:43 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Pandemi Covid-19 mempercepat transformasi digital yang merupakan kunci keberhasilan pemerintah dalam upaya meningkatkan efektivitas guna memberikan layanan publik. Bagi dunia usaha, digitalisasi akan meningkatkan kinerja operasional.

"Arah kebijakan pemerintah adalah percepatan transformasi digital guna mendorong implementasi teknologi baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi lainnya," kata Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan, dalam sambutannya membuka Top Digital Awards Tahun 2021 dan webinar series bertema “Accelerating Digital Transformation in Business & Government” Kamis (16/12/2021).

Melalui keterangan tertulis, Jumat (17/12/2021) disebutkan transformasi digital secara sederhana dapat diartikan sebagai optimalisasi pemanfaatan teknologi informatika (TI) dalam operasional suatu organisasi dengan melibatkan penggunaan teknologi terkini seperti cloud, big data, machine learning, hingga internet of things(IoT).

Semuel Abrijani mengatakan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan smart city dan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mendorong pemanfaatan teknologi digital di instansi pemerintahan.

“Di tahun 2021 ini ada 100 kota/kabupaten yang berhasil mengikuti implementasi program kota cerdas (smart city), dengan mengikuti gerakan ini, kota/kabupaten tersebut telah memiliki rencana induk (masterplan) pembangunan berbasis smart city yang akan mengakselerasi industri pariwisata sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” ujarnya.

Dalam sesi webinar, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jatim, Benny Sampirwanto menyampaikan Pemprov Jatim melakukan tranformasi digital secara bertahap dimulai dari bisnis TI, strategi pengembangan data dan informasi, strategi pengembangan aplikasi, strategi pengembangan infrastruktur TI, hingga strategi keamanan TI.

Dalam kesempatan yang sama Chief Technology Officer Bank Amar Indonesia, Kevin Kane mengatakan, permintaan layanan perbankan digital terus meningkat seiring pengguna aktif internet di tahun 2020 yang mencapai hingga 175,4 juta orang atau 64% dari total penduduk Indonesia.

Ketua Penyelenggara Top Digital Awards M Lutfi Handayani yang juga Pemimpin Redaksi Majalah ItWorks/Itworks.id dalam laporannya mengatakan, Top Digital Awards didukung pakar dan dewan juri dari berbagai asosiasi seperti Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), dan lainnya.

“Dari tahun pertama penyelenggaraan yakni 2016, Top Digital Awards didesain sebagai ajang penghargaan yang sarat dengan aspek pembelajaran," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BRI: Digitalisasi Perbankan Harus Perkuat Ekonomi Riil

BRI: Digitalisasi Perbankan Harus Perkuat Ekonomi Riil

EKONOMI | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings