Logo BeritaSatu

Minat Terhadap Konten Edukasi Keamanan Siber Tinggi

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:22 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatucom - Ruangguru, perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, melihat bahwa masyarakat Indonesia sangat peduli terhadap isu keamanan siber. Hal ini terbukti dari konten yang paling banyak diakses memiliki tema yang sama, yaitu "Aman Bermedia Digital" dalam program Ruang Literasi Digital yang diluncurkan Agustus 2021 sebagai bentuk dukungan Ruangguru selaku mitra strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Ruangguru melihat adanya kebutuhan akan edukasi mengenai literasi digital, terutama yang membahas tentang cara aman berinternet," kata Kepala Kebijakan Publik Ruangguru Amri Ilmma dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12/2021).

Berdasarkan survei Index Cybersecurity Exposure (ICE) di tahun 2020, tingkat kejahatan siber di Indonesia mencapai 0,62, atau lebih tinggi dari rata-rata global 0,54. Kemenkominfo juga mencatat ada 200.000 kasus penipuan perbankan yang dilaporkan selama Maret 2020 hingga November 2021. Angka ini menunjukkan bahwa Indonesia sudah masuk di kategori darurat.

Ruangguru menuai sukses selama penyelenggaraan program Ruang Literasi Digital, dengan mengedukasi hampir 350.000 orang, dan mencatat pencapaian penting yang dapat mendukung percepatan pemahaman literasi digital masyarakat Indonesia. Program Ruang Literasi Digital meliputi seri webinar Bincang Literasi Digital dan 50 video konten yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia secara gratis melalui aplikasi Ruangguru. Dalam mengembangkan dan memproduksi konten, Ruangguru berpegang pada empat pilar untuk menunjang literasi digital, yaitu Cakap Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, dan Berbudaya dalam Bermedia Digital.

“kami fokus menjangkau seluas-luasnya masyarakat dengan mengadakan 40 webinar yang diikuti oleh lebih dari 100.000 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga. Seri webinar ini sengaja kami adakan untuk mengedukasi orang-orang selain pengakses aplikasi Ruangguru, yaitu guru dan murid sekolah dasar hingga SMA,” ujar dia.

Pada Januari 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta atau 73,7% dari total populasi Indonesia. Jumlah ini mengalami kenaikan 37% akibat pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak masyarakat dan memaksa untuk menggunakan internet dalam memenuhi kebutuhan utama, seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari dan bersekolah secara online. Namun, peningkatan penetrasi internet ini belum diikuti dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni sehingga memberikan banyak sekali dampak negatif, seperti penipuan, cyber bullying, dan penyebaran berita bohong.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gelar Piala Asia Mini Football, Gorontalo Bisa Go Internasional

Gelar Piala Asia Mini Football, Gorontalo Bisa Go Internasional

BOLA | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings