Logo BeritaSatu

Perkuat Pesan Presidensi G-20, Kemkominfo Gandeng E-Commerce

Selasa, 11 Januari 2022 | 17:55 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggandeng sejumlah perusahaan di bidang perdagangan elektronik (e-commerce) untuk mensosialisasikan Presidensi G-20 Indonesia ke masyarakat.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, mengatakan perusahaan e-commerce telah dikenal masyarakat secara luas, sehingga bisa turut berperan menjadi saluran penyampai informasi terkait peran dan manfaat Presidensi G-20 dengan tepat dan baik.

“Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bagaimana meramaikan presidensi G-20 Indonesia melalui Komunikasi Publik (di Kementerian Kominfo),” ujar Usman saat bertemu dengan sejumlah perusahaan e-commercedi kantor Kominfo Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Peran dan geliat perusahaan e-commerce diakui Dirjen IKP makin terlihat bahkan mampu berkembang selama pandemi Covid-19. Melonjaknya minat masyarakat untuk berbelanja secara online, karena kondisi pandemi turut mendorong perkembangannya.

Perusahaan e-commerce juga dinilai Usman memiliki berbagai keunggulan dalam hal teknologi dan ideide kratif, yang bisa dikolaborasikan dengan strategi komunikasi publik yang dimiliki Kementerian Kominfo.

“Kami ingin ada kontribusi teman-temen (perusahaan e-commerce) di sini. Kami ingin ada yang konkret dari segi showcase (sebagai penunjang informasi Presidensi G-20),” ujar Usman Kansong.

Pada kesempatan tersebut, Usman kembali mengungkapkan jika Presiden Joko Widodo dalam setiap kesempatan telah menegaskan gelaran G-20 harus menjadi momentum seluruh sektor menunjukkan peran sekaligus mengambil manfaat dari event internasional ini.

Maka itu Usman pun meminta para pemangku kepentingan, terutama masyarakat di sekitar lokasi pertemuan G-20 bisa mengambil peran. “Dari sisi Komunikasi Publik, kami bayangkan masyarakat Indonesia punya rasa memiliki terkait presidensi G-20,” kata Dirjen IKP.

Keterlibatan perusahaan e-commercediharapkan bisa turut membumikan isu-isu yang akan dibahas dalam setiap pertemuan di G-20. Sehingga selain mendukung terselenggaranya kegiatan, yang terpenting lagi adalah masyarakat bisa mengambil manfaat. Oleh karenanya, Dirjen IKP berharap akan terjalin kolaborasi baik antara perusahaan-perusahaan e-commerce dan Kementerian Kominfo.

Pada kesempatan yang sama Staf Khusus Menteri Kominfo, JH Phillip Gobang, turut menambahkan bahwa momentum Presidensi Indonesia G-20 harus ikut dirasakan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Kolaborasi Kementerian Kominfo dengan e-commerce diharapkan bisa membuahkan berbagai gagasan atau ide yang menarik perhatian dunia terhadap kemajuan transformasi digital yang sedang dilakukan pemerintah.

“Dalam diskusi ini kami ingin mendengar ide-ide besar dari teman-teman (e-commerce) dengan begitu kita bisa berkolaborasi terkait dengan hal-hal yang bisa dilakukan kerja sama untuk membumikan presidensi G-20 ini sehingga betul-betul dirasakan oleh masyarakat kepentingan dan manfaatnya,” kata Phillip.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Evermos Dorong Reseller Bangun Solidaritas Sosial

Evermos, platform social commerce asal Bandung, menginisiasi program #SalingBantu untuk menguatkan solidaritas sosial sebagai kunci pemulihan ekonomi.  

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Gandeng Morula, RS Mentari Rilis Klinik Fertilitas Indonesia

RS Mentari Tangerang dan PT Morula Indonesia dengan pengalaman 23 tahun di bidang teknologi reporduksi, merilis Klinik Fertilitas Indonesia.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Segera Hadir, Game Bertema Metaverse Bridge In Gain

Setiap elemen dalam video game bertema metaverse, Bridge In Gain merupakan aset yang memiliki nilai ekonomi berupa NFT dalam smart chains binance.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Brand Kecantikan Lokal dari Surabaya Ini Siap Jadi Pesaing

Brand lokal kecantikan KLT New dari Surabaya siap menawarkan produk berkualitas di pasar kosmetik Tanah Air.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Bezzera Latte Art Competition 2022 Uji Kemampuan Barista

Ajang Bezzera Latte Art Competition 2022 yang digelar Rotaryana pada 2 Juli 2022 di Jakarta resmi dibuka.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Jumlah Fandom di ASEAN Meningkat Selama Pandemi Covid

Selama pandemi Covid-19, jumlah orang yang mengikuti komunitas fandom meningkat secara signifikan.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Tren Rambut 2022 Tampilkan Look 4 Gradasi Warna

Teknik Matrix Multi-Melt menghasilkan harmonisasi perpaduan permainan warna rambut yang memukau, juga menarik perhatian dengan tiga hingga empat gradasi warna.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Ini Risiko dan Bahaya Anabul yang Harus Diwaspadai

Risiko bahaya anabul bisa dhindari jika kita selalu memberi makanan sehat dan bergizi, rajin memandikan, dan menyediakan tempat pup khusus.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Mengenal Ragam Kuliner Kudus, Penasaran Ada Apa Saja?

Kudus tak hanya terkenal dengan jenang (dodol) saja, tetapi ada banyak kuliner enak dari kota di Jawa Tengah ini.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Pesen Pungkasan Peringkat Pertama Festival Sunday Movie

Pesen Pungkasan, film karya sutradara Rano Firmansyah yang diproduksi Tolede Production, peringkat pertama Festival Sunday Movie.

LIFESTYLE | 22 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Amnesty International: Eksekusi Mati Melonjak 20 Persen pada 2021

Amnesty International: Eksekusi Mati Melonjak 20 Persen pada 2021

NEWS | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings