Logo BeritaSatu

Mengenal 5 Penyebab Kerusakan Perangkat Keamanan CCTV dan Solusi Mengatasinya

Rabu, 19 Januari 2022 | 07:00 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - CCTV merupakan alat keamanan yang memiliki beragam manfaat. Pemakaian alat yang satu ini akan secara efektif menjaga keamanan sekaligus memberikan rasa nyaman bagi orang-orang di sekitarnya. Namun perangkat keamanan CCTV ini ternyata juga bisa mengalami kerusakan. Tentu saja saat CCTV rusak, kamu harus segera mencari solusi untuk mengatasinya.

Sebenarnya kerusakan CCTV adalah sebuah hal yang wajar mengingat alat ini merupakan jenis perangkat biasa yang bisa saja mengalami kendala. Ketika CCTV rusak maka perangkat ini tidak akan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kerusakan CCTV bisa menyebabkan proses perekaman tidak berjalan lancar. Dengan begitu pengawasan di lokasi tersebut tidak akan berjalan secara optimal.

Penyebab Kerusakan CCTV

Saat CCTV yang kamu gunakan rusak, maka jangan membiarkannya rusak terlalu lama. Apalagi sampai orang-orang tahu kalau perangkat CCTV tersebut rusak dan tidak bekerja. Agar bisa memberikan solusi yang tepat, maka kamu harus tahu apa saja penyebab kerusakan CCTV tersebut. Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah perangkat CCTV mengalami kerusakan. Berikut ini adalah 5 penyebab tersebut:

1. Kerusakan Power Supply

Penyebab utama dan biasanya paling sering ditemui ketika perangkat CCTV rusak adalah masalah pada power supply atau pada adaptornya. Alat ini digunakan sebagai sumber tenaga yang akan membuat perangkat CCTV bekerja secara optimal. Jika terjadi kerusakan maka CCTV bisa ikut rusak juga bahkan mati tidak berfungsi sama sekali. Oleh sebab itu, silahkan cek kondisi adaptor begitu perangkat keamanan CCTV rusak atau mati.

Kamu bisa memakai alat yang disebut avometer untuk memeriksa kondisi adaptor. Avometer ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik. Apabila avometer menunjukkan bahwa adaptor atau power supply memang tidak bekerja optimal maka bisa dilakukan perbaikan. Namun jika dari pemeriksaan didapatkan hasil bahwa adaptor mati maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

2. Kamera Rusak

Salah satu bagian paling penting dari sistem keamanan CCTV adalah kamera. Jika fitur kameranya rusak maka fungsi CCTV jelas tidak akan bekerja normal seperti biasa. Kerusakan pada kamera akan membuat perangkat CCTV ini tidak bisa melakukan perekaman. Jadi tidak ada video pengawasan yang bisa dihasilkan dari perangkat CCTV tersebut.

Kamu bisa mengetahui bahwa ada kerusakan kamera ketika fitur infra merah di CCTV masih menyala. Namun kamu tidak bisa menemukan rekaman gambar dari CCTV tersebut. Ini menjadi pertanda bahwa memang kamera sedang rusak. Bawalah kamera CCTV ini ke tempat servis agar bisa mendapatkan perbaikan dan fungsi normalnya dapat kembali lagi seperti semula.

3. DVR Rusak
Penyebab lainnya yang memicu kerusakan pada perangkat keamanan CCTV adalah kerusakan pada DVR. DVR ini merupakan komponen pada perangkat CCTV yang dipakai untuk menyimpan rekaman video dari hasil tangkapan kamera. Nantinya DVR akan mengolah hasil rekaman tersebut ke dalam bentuk digital. Apabila komponen ini rusak maka jelas perangkat CCTV juga tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

DVR memegang peran penting dalam kerja sistem CCTV. Jika DVR yang digunakan mati atau tidak berfungsi maka segera bawa ke tempat servis. Perbaikan DVR masih bisa diusahakan apabila memang ada komponen yang rusak dan memungkinkan untuk diperbaiki. Namun jika ada kelebihan bujet dan memang DVR tidak bisa diperbaiki, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

4. Kerusakan Port Konektor
Sistem keamanan pada CCTV juga bisa tidak bekerja dengan baik jika ditemukan kerusakan pada port konektor. Port konektor diketahui rusak jika kamu tidak menemukan adanya masalah pada bagian adaptor, kamera, juga DVR. Apabila ketiga komponen tersebut bisa berfungsi dengan baik namun rekaman CCTV tetap tidak bisa ditemukan maka port konektornya pasti bermasalah.

Cobalah untuk memeriksa kondisi port konektor di DVR. Lalu silakan coba port lain yang dipastikan masih berfungsi dengan baik. Apabila dengan menggunakan port lain CCTV bisa bekerja dengan baik maka sudah pasti port konektornya bermasalah. Tak masalah jika ingin menggunakan port konektor yang lain. Namun disarankan untuk tetap memperbaiki port konektor sebelumnya yang rusak agar dapat dimanfaatkan kembali.

5. Kerusakan Kabel
Rusaknya perangkat keamanan CCTV juga bisa dipicu oleh kerusakan kabel. Kabel ini mendukung fungsi kerja dari CCTV. Jika kabel rusak maka CCTV juga otomatis akan rusak bahkan bisa saja mati. Coba cek kondisi kabelnya apakah ada kerusakan atau tidak. Biasanya kerusakan kabel terjadi ketika kabel putus atau rusak digerogoti tikus.

Namun ada juga kondisi dimana fisik kabel masih bagus hanya saja tidak bisa berfungsi dengan baik. Kerusakan tanpa adanya perubahan bentuk fisik kabel biasanya dipicu oleh kualitas kabel yang memang buruk. Jadi sangat disarankan untuk memakai tipe kabel yang memang bagus sehingga tidak akan mudah rusak.

Segera cari tahu apa penyebab kerusakan CCTV secepatnya setelah ditemukan bahwa CCTV tidak bekerja normal. Jangan menunda terlalu lama sampai nantinya kerusakan CCTV akan diketahui oleh masyarakat umum. Risiko tindak kejahatan atau kriminal bisa meningkat dan menyebabkan kerugian bagi dirimu sendiri.

Kerusakan yang tidak segera dicari penyebabnya dan diatasi dengan solusi yang tepat bisa berkembang semakin parah. Kerusakan tersebut bisa saja terus berkembang dan membuat kamu kesulitan untuk melakukan perbaikan. Tentu akan sangat disayangkan jika perangkat CCTV rusak dan malah mempersulit kendali keamanan di rumah maupun lokasi usahamu.

Pemeriksaan Berkala Perangkat CCTV

Kerusakan pada sistem keamanan CCTV ini bisa terjadi kapan saja. Agar bisa mencegah kerusakan tersebut maka lakukanlah pemeriksaan secara berkala. Cek kondisi CCTV secara menyeluruh untuk mendeteksi secara dini kerusakan yang mungkin terjadi. Semakin dini terdeteksi maka akan semakin baik dan perbaikan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Apa saja yang perlu diperiksa dari sebuah perangkat atau sistem CCTV? Pertama cek dulu hasil monitoring atau hasil video yang dihasilkan. Temukan tanda-tanda apakah hasil perekaman CCTV tersebut cenderung tidak normal atau bermasalah. Kemudian cek kondisi perkabelan dan unit kamera yang digunakan. Pemeriksaan secara lengkap akan sangat efektif membantu menjaga perangkat keamanan ini tetap berfungsi normal.

Apabila kamu tidak memiliki cukup pengetahuan dan kompetensi untuk mengontrol serta memeriksa kondisi sistem CCTV maka panggil tenaga teknisi yang berpengalaman. Teknisi bisa membantu mendeteksi kerusakan yang mungkin akan terjadi. Tindakan ini sangat bermanfaat karena bisa mencegah kerusakan sehingga CCTV akan terus bekerja normal dan memberikan perlindungan yang optimal di lingkungan tersebut.

Sangat disarankan untuk memakai produk perangkat CCTV yang berkualitas. Kualitas yang baik akan membuat CCTV tersebut bisa terus digunakan untuk jangka waktu yang lama. Mungkin budget yang harus dikeluarkan lebih besar namun keuntungan atau manfaat yang akan dinikmati juga pastinya lebih besar. Daripada menggunakan perangkat CCTV abal-abal lalu berakhir sering rusak dan harus sering melakukan reparasi.

Pakai CCTV dari Hikvision

Solusi CCTV yang sangat direkomendasikan adalah Hikvision HikCentral Enterprise. Software CCTV yang dilengkapi dengan platform satu ini dijamin akan memberikan hasil memuaskan dan punya kualitas yang sangat bagus. Terlebih lagi produk Hikvision Hikcentral Enterprise menawarkan berbagai keunggulan yang pastinya akan membuat kamu sangat terbantu. Berikut ini adalah beberapa keunggulan tersebut:

  • Berperan Lebih dari Pengaman

Kelebihan yang pertama, produk CCTV dengan platform HikCentral Enterprise tidak hanya bisa menjalankan fungsinya sebagai pengawas keamanan. Kamu bisa mendapatkan fasilitas lebih dari itu. Perangkat CCTV ini bisa memenuhi kebutuhan pengguna dari berbagai aspek mulai dari peningkatan angka penjualan, optimasi marketing, dan masih banyak lainnya.

  • Fitur Keamanan Commercial

Khusus untuk produk CCTV dengan platform HikCentral Enterprise yang dipasang pada fasilitas komersial, hadir fitur khusus yang akan sangat membantu. Perangkat keamanan tersebut dapat menyajikan solusi komprehensif bersifat end to end, mencakup akses pintu masuk hingga pintu keluar. Tersedia juga fitur human access management yang akan membantu mengawasi para pengunjung, tenant, juga karyawan yang ada di lokasi tersebut.

  • Fitur Keamanan Retail

CCTV Hikvision dengan platform HikCentral Enterprise ini sudah dilengkapi dengan artificial intelligence yang memiliki efisiensi tinggi dalam sistem keamanan di fasilitas retail. Strategi proactive marketing dapat diaplikasikan dengan mudah berkat adanya teknologi tersebut. Tak hanya itu, sistem perangkat CCTV ini juga punya fitur customer analysis yang optimal dan akan membantu meningkatkan angka penjualan.

  • Fitur Keamanan Industri

Perangkat keamanan dari CCTV dengan HikCentral Enterprise juga sudah memiliki integrasi dengan teknologi canggih dan cocok diterapkan pada fasilitas industri. Selain bekerja sebagai pengawas keamanan di lokasi industri, sistem CCTV ini juga bisa membantu mengoptimalkan efisiensi proses produksi dan kualitas produk dari sebuah bidang industri.

  • Fitur Keamanan Pendidikan

HikCentral Enterprise juga hadir sebagai pilihan sistem CCTV yang cocok di-install di fasilitas pendidikan atau sekolah. Keberadaan CCTV di lingkungan dapat menjaga keamanan sekaligus memperlancar kegiatan belajar mengajar. Salah satu fungsi yang dijalankan adalah mengenali wajah-wajah yang masuk ke dalam kelas, keamanan video, juga melakukan manajemen keselamatan dalam lingkungan sekolah.

Dari semua kelebihan ini bisa disimpulkan bahwa Hikvision dengan platform HikCentral Enterprise menjadi pilihan produk system CCTV yang sangat memuaskan. Solusi ini juga cocok digunakan di berbagai lokasi atau fasilitas. Kualitasnya sangat bisa diandalkan dan akan memberikan perlindungan keamanan yang lebih ketat.

Selain beberapa kelebihan yang sudah dibahas tadi, ada lagi point menarik yang bisa kamu nikmati dari sistem CCTV Hikvision dengan platform HikCentral Enterprise. Kerusakan pada CCTV bisa segera diperiksa melalui sistem monitoring yang ada di aplikasi HikCentral Enterprise. Jadi kamu akan sangat terbantu dalam menentukan kerusakan yang terjadi pada perangkat CCTV tersebut.

Fasilitas aplikasi ini bisa menentukan atau mendeteksi kerusakan secara cepat. Sistem monitoring bisa memberikan hasil yang akurat sehingga kamu tahu apa yang harus dilakukan. Fitur ini menjadi salah satu bentuk perkembangan teknologi yang bisa kamu temukan dengan mudah di produk Hikvision dengan platform HikCentral Enterprise.

Perangkat keamanan CCTV akan menjadi sebuah kebutuhan penting untuk menjaga keamanan rumah maupun lingkungan tempat kamu menjalankan bisnis. Pilihlah CCTV Hikvision dan dilengkapi dengan HikCentral Enterprise yang terbukti memberikan banyak penawaran keuntungan. Segera kunjungi laman website resmi dari Hikvision untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai produk tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Happy Salma Gandeng Marsha Timothy Hadirkan Teater Musikal Inggit Garnasih

Happy Salma berupaya mengangkat tokoh tersebut dalam teater musikal bertajuk "Inggit Garnasih: Tegak Setelah Ombak" dengan menggandeng Marsha Timothy.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Jumeirah Bali, Resor Mewah Terbaru dari Jumeirah Group

Jumeirah Bali, resor tepi laut terbaru dari Jumeirah Group, merupakan perayaan visual dan sensorik dari alam Bali yang spektakuler.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

PJ Morton Siap Show dengan Musisi Indonesia di Java Jazz Festival

Peraih Grammy Awards, PJ Morton siap mengadakan show pertamanya di ajang BNI Java Jazz Festival 2022.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

BonCabe Sambut Kolaborasi Pertama di Pergelaran BNI Java Jazz Festival 2022

BonCabe yang merupakan pelopor sambal tabur pertama di Indonesia dan makanan pedas lainnya, turut berpartisipasi dalam pagelaran Java Jazz Festival 2022.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

542 Musisi Akan Tampil Berkolaborasi di Java Jazz Festival 2022

sebanyak 542 musisi dalam dan luar negeri akan tampil berkolaborasi di perhelatan musik terbesar di Asia Tenggara "BNI Java Jazz Festival 2022".

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Pandemi Terkendali, Industri Pernikahan Mulai Bangkit

Pandemi Covid-19 telah memberi dampak yang signifikan terhadap pelaku usaha industri pernikahan di tanah air.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

VNG Resmi Luncurkan Heroes of Crown Mobile di Indonesia

Perusahaan game asal Vietnam, VNG resmi meluncurkan game baru Heroes of Crown Mobile di Indonesia.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Metode Profhilo Jadi Pilihan Baru Perawatan Kulit

Metode Profhilo yang merupakan produk injeksi kulit dengan menggunakan Bio Remodelling keluaran IBSA diperkenalkan Maharis Clinic.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Mawar De Jongh Ditunjuk Jadi Brand Ambassador Brightening Bengkoang Series

Mawar de Jongh dipercaya mampu mewakili semangat konsumen generasi muda yang percaya diri, aktif dan produtif.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Musisi Asal Palu Ikut Meriahkan Java Jazz Festival 2022

Culture Project, kelompok musisi asal Kota Palu, ikut memeriahkan Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival (Java Jazz) di JiExpo Kemayoran, Jakarta,

LIFESTYLE | 25 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Tamu Penting di Acara Pernikahan Anwar Usman-Idayati

Ini Tamu Penting di Acara Pernikahan Anwar Usman-Idayati

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings