Logo BeritaSatu

5 Alasan Perusahaan Harus Adopsi Tren Utama Teknologi di 2022

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:47 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan harus memiliki strategi bisnis yang tepat untuk bertahan dan mendulang keuntungan pada tahun ini, di tengah pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir.

"Untuk perusahaan yang ingin menciptakan masa depan organisasi berbasis teknologi pada tahun 2022 dan seterusnya, ada lima prioritas utama bisnis yang perlu mereka pertimbangkan untuk meraih kesuksesan," kata Managing Director Oracle Indonesia, Davian Omas daam acara diskusi Oracle Indonesia bersama media, di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

1. Transformasi dan Investasi Cloud
Pemimpin perusahaan akan menuntut transformasi sejati dari investasi cloud mereka. Menurut statistik, organisasi di seluruh dunia akan menghabiskan US$ 1,78 triliun untuk cloud dan inisiatif transformasi digital lainnya di tahun 2022.

"Pertanyaannya adalah, apakah perusahaan dan pemerintah berinvestasi untuk benar-benar berubah, atau apakah mereka hanya menerapkan polesan digital pada bisnis mereka seperti biasa," kata Davian.

Pergeseran ke komputasi awan atau cloud, termasuk teknologi otonom itu sangat penting. Di sektor swasta, sudah ada satu atau lebih digital cloud-centric di setiap industri, baik itu ritel, media, hiburan, perjalanan, pendidikan, logistik, layanan keuangan, perawatan kesehatan, elektronik konsumen, atau transportasi.

Salah satu contohnya adalah Singtel, salah satu grup komunikasi terkemuka di Asia, yang bermitra dengan unicorn digital Grab untuk menawarkan layanan perbankan kepada pelanggan ritel dan korporat di Singapura. "Ke depannya, kita akan lebih sering melihat lebih banyak kemitraan digital yang tidak konvensional di berbagai sektor," tandas Davian.

Selain itu, sudah jelas bahwa cloud adalah fasilitator bisnis berbasis data, yang menghadirkan kecerdasan buatan dan mengadakan pembelajaran mesin atau machine learning dengan hanya menggunakan ujung jari namun dapat membawa perubahan signifikan pada bisnis.

2. Machine Learning dan Artifical Inteligent
Machine Learning (ML) dan Artifical Inteligent akan menjadi kompetensi inti bagi perusahaan digital terkemuka. Besarnya data yang ada saat ini, perusahaan terus tenggelam dalam data, algoritma ML dan AI.

Sementara, di lain sisi menjadi penyelamat, membantu perusahaan menganalisa dan terus mengambil pelajaran dari data tersebut untuk meningkatkan pengambilan keputusan serta menginformasikan berbagai tindakan selanjutnya.

Meskipun demikian, sebagian besar perusahaan masih bereksperimen dengan ML dan AI. "Adapun yang menjadi masalahnya adalah menemukan keterampilan yang diperlukan," jelas Davian.


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Maudy Ayunda Menikah dengan Warga Amerika Keturunan Korea

Penyanyi Maudy Ayunda menikah dengan sahabatnya yang merupakan warga negara Amerika keturunan Korea, Jesse Choi.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Hotman Paris Ungkap Iqlima Kim Cemburu dengan Aspri Lain

Hotman Paris mengungkapkan, Iqlima Kim cemburu dengan aspri lainnya. Bahkan, Iqlima Kim tak mengizinkan aspri lain mendekati Hotman Paris. 

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Al Ghazali Bantah Menikah Siri dengan Alyssa Daguise

Al Ghazali, putra musisi Ahmad Dani dan Maia Estianty membantah menikah siri dengan kekasihnya, Alyssa Daguise.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Perjuangan Jessica Mila Mencari Ayah Kandung di Film Mengejar Surga

Aktris cantik Jessica Mila kembali berperan apik dalam film terbarunya berjudul "Mengejar Surga". Film yang diproduksi oleh Viera Film dan MAXstreem.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Beauty Queen Face Palatte Fokus pada Makeup Mata

Terdiri atas 10 warna highly pigmented, produk face palette 4 in 1 ini memiliki fungsi sebagai eyeshadow, highlighter, bronzer dan blusher.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Aptar dan Siklus Kembangkan Solusi Pengantaran Isi Ulang

AptarGroup, Inc dan perusahaan rintisan Siklus mengembangkan solusi pengantaran isi ulang produk kebutuhan ruamh tangga ke rumah konsumen.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Evermos Dorong Reseller Bangun Solidaritas Sosial

Evermos, platform social commerce asal Bandung, menginisiasi program #SalingBantu untuk menguatkan solidaritas sosial sebagai kunci pemulihan ekonomi.  

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Gandeng Morula, RS Mentari Rilis Klinik Fertilitas Indonesia

RS Mentari Tangerang dan PT Morula Indonesia dengan pengalaman 23 tahun di bidang teknologi reporduksi, merilis Klinik Fertilitas Indonesia.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Segera Hadir, Game Bertema Metaverse Bridge In Gain

Setiap elemen dalam video game bertema metaverse, Bridge In Gain merupakan aset yang memiliki nilai ekonomi berupa NFT dalam smart chains binance.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Brand Kecantikan Lokal dari Surabaya Ini Siap Jadi Pesaing

Brand lokal kecantikan KLT New dari Surabaya siap menawarkan produk berkualitas di pasar kosmetik Tanah Air.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings