Logo BeritaSatu

Tiongkok Kembangkan Robot Bionik Terbesar di Dunia

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok mengembangkan robot bionik terbesar di dunia. Seperti dilaporkan RT, Jumat (21/1/2022), mesin berkaki empat yang kekar ini dilaporkan dapat digunakan untuk pengiriman dan pengintaian di medan yang sulit.

“Robot bionik quadrupedal bertenaga listrik baru masih dikembangkan oleh Tiongkok yang diduga terbesar dan terberat dari jenisnya. Robot ini dirancang untuk membantu pengiriman dan operasi pengintaian dalam kondisi kompleks yang dianggap terlalu berisiko bagi tentara manusia,” seperti yang diungkapkan oleh Chinese Central Television (CCTV).

Menurut laporan dan rekaman bot, perangkat berkaki empat yang kekar - dijuluki "yak mekanis" - berdiri hampir setinggi pria dewasa dan dapat membawa beban hingga 160 kilogram saat berlari dengan kecepatan hingga 10 kilometer per jam.

Meski digambarkan sebagai robot bionik terberat di dunia, mesin tersebut kabarnya dapat berlari maju mundur, berputar, melompat, berlari cepat, dan berjalan secara diagonal. Menurut CCTV, perangkat ini dirancang untuk melintasi medan yang sulit seperti tebing, parit, salju, gurun, dan jalan berlumpur.

Robot bionik ini dilaporkan dilengkapi dengan sensor berteknologi tinggi untuk memantau sekelilingnya, dan dapat digunakan untuk operasi pengintaian di zona pertempuran berisiko tinggi dan lingkungan yang keras. Penggunaan lain yang mungkin adalah pengiriman berbagai kargo, seperti amunisi dan perbekalan, ke daerah terpencil dan wilayah terjal yang tidak dapat diakses oleh kendaraan konvensional.

"Yak mekanis" diduga bukan robot bionik tingkat militer pertama yang dikembangkan di Tiongkok. Mesin berkaki empat lainnya yang diungkap media Tiongkok adalah anjing mekanik yang dijuluki Geda.

Robot Geda dilaporkan memiliki berat 32 kilogram, dapat membawa hingga 40 kilogram muatan dan memahami perintah suara, serta menggunakan pengenalan wajah. Geda dilaporkan telah lulus tes di medan yang sulit seperti jalan berbatu, hutan, dan jembatan sempit.

Pemerintah Tiongkok tampaknya telah mengarahkan pandangannya pada negara itu untuk menjadi pemimpin global dalam robotika pada tahun 2025. Para pejabat pada akhir tahun 2021 mengumumkan rencana lima tahun baru untuk meningkatkan pertumbuhan sektor robotikanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hotman Paris Ungkap Iqlima Kim Cemburu dengan Aspri Lain

Hotman Paris mengungkapkan, Iqlima Kim cemburu dengan aspri lainnya. Bahkan, Iqlima Kim tak mengizinkan aspri lain mendekati Hotman Paris. 

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Al Ghazali Bantah Menikah Siri dengan Alyssa Daguise

Al Ghazali, putra musisi Ahmad Dani dan Maia Estianty membantah menikah siri dengan kekasihnya, Alyssa Daguise.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Perjuangan Jessica Mila Mencari Ayah Kandung di Film Mengejar Surga

Aktris cantik Jessica Mila kembali berperan apik dalam film terbarunya berjudul "Mengejar Surga". Film yang diproduksi oleh Viera Film dan MAXstreem.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Beauty Queen Face Palatte Fokus pada Makeup Mata

Terdiri atas 10 warna highly pigmented, produk face palette 4 in 1 ini memiliki fungsi sebagai eyeshadow, highlighter, bronzer dan blusher.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Aptar dan Siklus Kembangkan Solusi Pengantaran Isi Ulang

AptarGroup, Inc dan perusahaan rintisan Siklus mengembangkan solusi pengantaran isi ulang produk kebutuhan ruamh tangga ke rumah konsumen.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Evermos Dorong Reseller Bangun Solidaritas Sosial

Evermos, platform social commerce asal Bandung, menginisiasi program #SalingBantu untuk menguatkan solidaritas sosial sebagai kunci pemulihan ekonomi.  

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Gandeng Morula, RS Mentari Rilis Klinik Fertilitas Indonesia

RS Mentari Tangerang dan PT Morula Indonesia dengan pengalaman 23 tahun di bidang teknologi reporduksi, merilis Klinik Fertilitas Indonesia.

LIFESTYLE | 24 Mei 2022

Segera Hadir, Game Bertema Metaverse Bridge In Gain

Setiap elemen dalam video game bertema metaverse, Bridge In Gain merupakan aset yang memiliki nilai ekonomi berupa NFT dalam smart chains binance.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Brand Kecantikan Lokal dari Surabaya Ini Siap Jadi Pesaing

Brand lokal kecantikan KLT New dari Surabaya siap menawarkan produk berkualitas di pasar kosmetik Tanah Air.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022

Bezzera Latte Art Competition 2022 Uji Kemampuan Barista

Ajang Bezzera Latte Art Competition 2022 yang digelar Rotaryana pada 2 Juli 2022 di Jakarta resmi dibuka.

LIFESTYLE | 23 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

200 Mayat Ditemukan di Reruntuhan Bangunan Mariupol

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings