Logo BeritaSatu

OPPO Kaji Alat Komunikasi Tanpa Baterai

Jumat, 28 Januari 2022 | 19:36 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Di masa depan, berbagai perangkat IoT (Internet of Things) akan mampu menyerap dan memproduksi energi secara langsung dari teknologi Bluetooth, WiFi, dan sinyal ponsel. Perangkat yang memilik teknologi ini akan memiliki ukuran yang lebih kecil, daya tahan yang lebih lama, dan harga yang lebih terjangkau.

Nantinya, Electronic tags ini dapat disematkan pada perangkat sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan lokasi benda tersebut. Dengan electronic tags, pengguna juga tak perlu mengganti ataupun mengisi daya baterai.

Dengan teknologi electronic tags ini, pemakaian baterai dapat berkurang secara signifikan. Teknologi futuristik inilah yang menjadi fokus pembahasan dalam Zero-Power Communication White Paper yang baru saja dilucurkan oleh OPPO.

OPPO Research Institute secara resmi meluncurkan white paper terbarunya, Zero-Power Communication. White paper ini mengkaji teknologi Zero-Power Communication secara teknis terkait dengan permintaan yang belum terpenuhi di segmen IoT saat ini. White paper ini juga menguraikan peta jalan pengembangan teknologi Zero-Power dan proses integrasi dengan sistem komunikasi lainnya di masa depan.

Dengan teknologi Zero-Power Communication, kita tak perlu lagi menggunakan baterai. Teknologi ini dapat menyerap energi ambient radio-frequency yang berada di lingkungan sekitar untuk menghasilkan daya, menjadikan perangkat lebih ringkas, efisien, dan terjangkau.

“Teknologi Zero-Power Communications menghadirkan cara baru bagi produsen perangkat elektronik untuk tak lagi menggunakan baterai pada produknya, mengurangi biaya produksi, dan mengurangi dampak terhadap lingkungan. Dengan demikian, Zero-Power Communications adalah salah satu fokus utama kami seiring dengan perkembangan teknologi B5G/6G," kata Henry Tang, Kepala Ilmuwan 5G OPPO.

Berbeda dengan metode tradisional, perangkat Zero-Power dapat menyerap ambient radio signal yang dipancarkan dari berbagai sumber, seperti menara TV, menara radio FM, stasiun induk seluler, dan access points (AP) WiFi sebagai sumber dayanya.

Setelah menyerap energi dari gelombang radio, perangkat dapat menggabungkan ambient radio signal dengan informasi perangkat itu sendiri dan mengirimkannya ke luar perangkat. Proses ini disebut sebagai backscattering communication. Saat merancang jaringan Zero-Power Communication, hal yang perlu untuk dipertimbangkan adalah bagaimana sistem komunikasi Zero-Power dapat terintegrasi dengan sistem 4G/5G yang sudah ada, selain memanfaatkan jaringan berlisensi maupun yang tidak berlisensi.

OPPO telah berhasil membangun sistem Zero-Power Communication-nya secara mandiri dan menunjukkan kelayakan konsep tersebut sebagai pendekatan yang dapat diterapkan dalam jaringan komunikasi masa depan. Selain inovasi ini, OPPO juga menjadi yang terdepan dalam memajukan standar Zero-Power Communication, termasuk mengusulkan proyek penelitian teknologi ini kepada 3GPP dan mempresentasikan temuannya dalam konferensi industri FuTURE dan ICCC.

Dalam workshop IMT-2030 6G Vision pada bulan September 2021, OPPO memprakarsai dan menyelenggarakan Forum Komunikasi Zero-Power, mengundang organisasi akademisi dan industri untuk membahas penerapan, persyaratan teknis, dan teknologi utama dalam Zero-Power Communication.

Seiring dengan industri yang bergerak menuju teknologi 6G, OPPO meyakini bahwa Zero-Power Communication akan bekerja secara berdampingan dengan teknologi lainnya seperti Reconfigurable Intelligent Surfaces, Symbiotic Radio, Non-Orthogonal Multiple Access (NOMA), dan AI untuk merealisasikan potensi penuh teknologi 6G.

Sebelum peluncuran Zero-Power Communication White Paper, OPPO telah menerbitkan 6G AI-Cube Intelligent Networking White Paper dalam rangka mengembangkan teknologi komunikasi mutakhirnya. Sejalan dengan misi "Teknologi untuk Umat Manusia, Kebaikan untuk Dunia", OPPO berencana untuk meluncurkan teknologi Zero-Power Communication dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun ke depan serta membangun sistem komunikasi yang lebih cerdas, nyaman, dan ramah lingkungan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

21 Tahun Berkarya, Yovie & Nuno Tuai Pujian Para Musisi

Grup musik Yovie & Nuno yang dibentuk Yovie Widianto pada 2001 genap berusia 21 tahun. Para musisi pun mengapresiasi perjalanan musik Yovie & Nuno.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Lukman Sardi Sambut Kebijakan Lepas Masker

Aktor Lukman Sardi mengaku senang dan mendukung langkah pemerintah yang mengumumkan kebijakan lepas masker bagi masyarakat di ruang terbuka.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Penyanyi Legendaris Ivo Nilakreshna Meninggal Dunia

Penyanyi legendaris Ivo Nilakreshna meninggal dunia pada Jumat (20/5/2022) dalam usia 83 tahun.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Simak Nih, Tiga Tips Tetap Sehat Finansial Usai Lebaran

Berbagai pengeluaran selama Lebaran kerap tidak dilakukan dengan perencanaan yang matang, sehingga sering menguras kantong.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Hadirkan Maliq D'Essentials, Vision+ Gabungkan Konser Musik dan Sinema

Orkes Semesta ini akan menggambarkan sejarah terbentuknya Maliq D'Essentials saat 20 tahun lalu didirikan.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Anak Perlu Asah Kreativitas untuk Dukung Kesehatan Mental

Yupi mendorong anak dan remaja mengekspresikan talenta positif di bidang seni lewat program Yupi's Got Talent.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Mengenal Crypto Lending dan Kelebihannya

Crypto lending memiliki persyaratan yang lebih longgar, sehingga lebih mudah diakses oleh orang yang tidak memiliki riwayat keuangan.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Rusak Rumah Mantan Suami, Wanda Hamidah Siap Ganti Rugi

Wanda Hamidah seperti diungkapkan kuasa hukumnya berjanji bahwa semua kerugian yang timbul karena perbuatan dia akan diganti, dia siap tanggung jawab.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Kemajuan Teknologi Ubah Desain Interior Bangunan Publik

Kemajuan teknologi membawa perubahan signifikan pada desain interior bangunan, sehingga melengkapi tampilan sebuah gedung secara utuh.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Hub.id Summit 2022 Akselerasi Pertumbuhan Startup Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan akselerasi pertumbuhan startup atau perusahaan rintisan digital di Indonesia.  

LIFESTYLE | 19 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Emas Catat Kenaikan Mingguan karena Pelemahan Dolar

Harga Emas Catat Kenaikan Mingguan karena Pelemahan Dolar

EKONOMI | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings