Logo BeritaSatu

Tiga Tren Teknologi di 2022: Metaverse, NFT dan Web 3.0

Rabu, 2 Februari 2022 | 21:20 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Bogor, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 melahirkan budaya bekerja dari rumah atau work from home (WFH) yang diiringi peningkatan pemanfaatan teknologi.

Seiring dengan perkembangan zaman, sejumlah teknologi dan inovasi dikabarkan bakal menjadi tren pada 2022. Sebut saja Metaverse, NFT, dan kali ini ada Web 3.0.

Adapun konsep yang diusung pada web 3.0 adalah intelektualitas buatan (artificial intelligence). Bukan hanya manusia dengan manusia yang dapat berinteraksi satu sama lain, tetapi satu aplikasi dengan yang lain juga dapat berinteraksi. Kehadiran teknologi dan inovasi baru tersebut, dinilai akan mengubah kehidupan manusia dalam beberapa tahun ke depan.

Motivator Syamsul Safin mengatakan, perkembangan web 3.0 ternyata berdampak pada ketersediaan lapangan pekerjaan. Pasalnya, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) telah digantikan oleh teknologi digital.

Berkurangnya lapangan pekerjaan juga berimbas pada pencari kerja. Sulitnya mendapatkan pekerjaan membuat para pencari kerja ini banting setir membuka usaha.

"Pada akhirnya bermunculan startup baru yang mencoba untuk membuat usaha dengan menitik beratkan pada pendanaan ataupun investasi agar bisa menjadi Unicorn," ujar Syamsul.

Hanya saja, kata Syamsul, tidak mudah untuk membuat usaha tersebut. Ada beberapa contoh perusahaan startup yang bangkrut. Sebut saja Fabelio (marketplace furnitur), Valadoo (situs e-commerce yang bergerak di bidang perjalanan wisata), Sorabel (e-commerce produk pakaian) dan masih banyak lagi.

"Penyebabnya perusahaan startup bangkrut adalah karena kehabisan modal di tengah jalan usaha. Ini yang dinamakan bakar uang. Belum lagi jika perusahaan startup tersebut mempunyai kewajiban membayar utang. Jadi bisa dikatakan tinggal menunggu waktu bangkrutnya saja," tambahnya.

Melihat kondisi tersebut, para influencer sosial media linked-in tergerak untuk berkumpul bersama di Saung Dolken Resort, Sentul, Bogor, Rabu (2/2/2022). Sekitar 100 orang bertemu secara offline dan 200 orang hadir secara online dari berbagai latar belakang profesi.

Pengguna linked-in di seluruh dunia saat ini sudah mencapai 740 juta pengguna, sekitar 21 juta penggunanya berasal dari Indonesia. LinkedIn salah satu platform sosial media yang didalamnya terdiri dari para profesional dari segala bidang.

Acara ini yang diprakarsai oleh Syarea World, sebuah perusahan yang sudah banyak membantu banyak pengusaha-pengusaha untuk growth terutama di masa pandemi. Acara ini juga di dukung penuh Mili sebuah perusahaan Platform digital berbasis apps.

"Mili menyambut acara ini dan semoga dengan acara seperti ini Mili dapat berkontribusi untuk mengurangi pengangguran di Indonesia," ujar Deputy CEO Mili, Erik Yoachim.

Erik menambahkan, Mili merupakan partner bisnis perusahaan telekomunikasi di Indonesia yakni Telkomsel, hubungan keduanya sudah terjalin lama, sehingga Mili mampu berbisnis dengan basis digital.

Ketua pelaksana acara temu tatap muka, Muharmen Noviandy mengatakan, selama acara berlangsung pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tempat duduk para peserta juga telah disesuikan dengan aturan physical distancing.

"Acara serupa rencananya juga akan digelar secara berkala. Kami ingin berkontribusi untuk dapat membantu para calon pekerja agar segera mendapatkan pekerjaan sehingga akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia,” tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta Gelar Parade 100 Perempuan Berkebaya

Memperingati Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta menggelar Parade 100 Perempuan Berkebaya di Mall Kasablanka.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan Jadi Trending Topics di Twitter

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) di Kanjuruhan jadi perhatian warganet.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Perpusnas Dukung Pengembangan Usaha Kuliner Kopi Nusantara

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar pelatihan program wirausaha kopi bagi masyarakat yang memiliki keminatan wirausaha di bidang kopi.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Jadi Korban KDRT, Lesti Kejora Belum Berencana Gugat Cerai Rizky Billar

Setelah menjadi korban KDRT, penyanyi Lesti Kejora belum berencana menggugat cerai Rizky Billar. Lesti masih fokus menyembuhkan sakitnya dulu.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Tampil Perdana Usai Absen 3 Tahun, Ini Kata Grup K-Pop iKON

Grup idola K-pop iKON mengaku merasa gugup bertemu para penggemar mereka atau iKONIC di Indonesia setelah hampir tiga tahun tak bertemu mereka.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Ini Enam Vitamin Terbaik untuk Menghalau Influenza

Terdapat enam jenis vitamin yang bisa membantu tubuh untuk menghalau serangan influenza pada peralihan musim seperti saat ini.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Amygdala Hijack, Penyebab Rizky Tega Cekik dan Banting Lesti

Amygdala Hijack merupakan emosi yang menyebabkan seorang suami seperti Rizky Billar tega mencekik dan membanting istrinya Lesti Kejora.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut, Lakukan 6 Cara Ini!

Menjaga kesehatan di usia lanjut adalah hal penting, karena hal sederhana saja sudah bisa mengakibatkan banyak penyakit.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Kasus KDRT Menimpa Lesti, Rizki DA: Kaget dan Nggak Percaya

Rizki DA mengaku kaget dan tidak menyangka dengan kasus KDRT yang menimpa mantan kekasihnya, Lesti Kejora.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Kasus KDRT, Lesti Kejora Masih Jalani Perawatan Intensif di RS Bunda

Penyanyi Lesti Kejora hingga kini masih menjalani perawatan intensif di RS Bunda Menteng setelah mengalami kasus kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf <em>Leaders Declaration</em>

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings