Logo BeritaSatu

Implementasi Industri 4.0 Bisa Jadi Solusi Hadapi Krisis Masa Depan

Selasa, 8 Maret 2022 | 23:17 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Sektor manufaktur yang telah menerapkan Industri 4.0 saat ini akan lebih tangguh dalam menghadapi krisis pandemi Covid-19. Bahkan implementasi Industri 4.0 bisa menjadi solusi menghadapi krisis yang mungkin terjadi pada masa depan.

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri Kementeian Perindustrian, Heru Kustanto, saat Soft Launching Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 di Jakarta, Selasa (8/3/2022).

“Industri 4.0 dipilih karena memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing industri nasional. Format sekarang akan menjadi platform ke depan, termasuk digitalisasi yang akan ditingkatkan meskipun kita sudah keluar dari pandemi Covid-19. Saya sangat apresiasi pada pelaku industri yang memberikan respons cepat dalam melakukan transformasi digital dalam menghadapi dampak Covid-19 ini,” tambahnya.

Kementerian Perindustrian melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) bekerjasama dengan Federasi Teknologi Informatika Indonesia (FTII), Indonesia Internet Governance Forum (IGF) dan Naganaya Indonesia sebagai Event Organizer telah menyelenggarakan kegiatan Soft Launching Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 dengan tema “Accelerate the Implementation of Industry 4.0 to Support Inclusive and Sustainable Industries for National Recovery” di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa 8 Maret 2022..

Melalui acara Soft Launching Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022, Kementerian Perindustrian dan seluruh pemangku kepentingan terkait berupaya untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah, pelaku industri/asosiasi, akademisi, lembaga R & D, technology provider, konsultan, dan pelaku keuangan untuk dapat mendukung transformasi teknologi sesuai dengan apa yang telah di rencanakan dalam program nasional Making Indonesia 4.0.

“Langkah – langkah yang dilakukan Kementerian Perindustrian dalam pelaksaaan Making Indonesia 4.0 antara lain: asesmen INDI 4.0, pemberian INDI award, pendampingan Industri 4.0, penunjukan lighthouse industry 4.0, pengembangan SDM Industri 4.0, pendirian PIDI 4.0 dan capability center, serta pelatihan e-commerce kepada IKM”, tambah Heru Kustanto, Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri.

Dalam rangka mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan pada akselerasi industri 4.0 dan membahas mengenai perkembangan industri 4.0 di Kementerian/Lembaga/BUMN, industri/asosiasi, technology provider, Lembaga R&D, konsultan dan akademisi, Kementerian Perindustrian melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) berkolaborasi dengan Naganaya Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan event Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 di Jakarta pada tanggal 24 – 25 Agustus 2022.

“Kegiatan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 akan menjadi satu lapangan untuk seluruh pemain industri 4.0 baik itu Pemerintah, Pelaku Industri, Asosiasi/Komunitas, Akademisi dan pihak lainnya untuk berdiskusi dan mengetahui teknologi terkini industry 4.0,” kataAditya Adiguna, Direktur Utama, PT. Naganaya Indonesia Internasional.

Kegiatan Indonesia 4.0 Conference & Expo tidak hanya akan mengundang pembicara nasional saja, tetapi juga turut menghadirkan pembicara global yang akan memberikan informasi, ilmu, maupun pandangan terkait isu terkini industri 4.0. Disamping itu, kegiatan ini juga mentargetkan kurang lebih 100 peserta pameran dari perusahaan teknologi nasional maupun global, BUMN, startup, kampus, asosiasi dan lembaga pemerintah yang akan memamerkan teknologi terkini dan informasi terkait industri 4.0.

“Perlu wadah berkumpul stakeholder terkait dalam pelaksanaan implementrasi Industri 4.0 di Indonesia. Terutama untuk membangun sinergi dan kolaborasi antar pihak meliputi: pemerintah, pelaku industri/asosiasi, akademisi dan lembaga R&D, technology provider, konsultan, dan pelaku keuangan guna mempercepat proses transformasi Industri 4.0 serta membangun jejaring dan kolaborasi,” tambah Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri, Doddy Rahadi.

Adapun rangkaian acara pendukung lainnya yaitu : Smart Factory Forum yang merupakan event road show sebelum event utama yang diadakan di 2 tempat yaitu Batam dan Karawang untuk mengundang para pemangku kepentingan industri yang terdapat pada di sekitar kota tersebut dalam hal teknologi industri 4.0.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tips Sukses Berkarier ala Vina Muliana

Vina Muliana membagikan tip bagi fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan atau awal berkarier.

LIFESTYLE | 14 Mei 2022

Terhindar Masalah Hukum dengan Bijak Bermedia Sosial

Para pengguna diimbau memperhatikan etika dan bersikap bijak dalam bermedia sosial agar tidak tersandung masalah hukum.

LIFESTYLE | 12 Mei 2022

Untuk Pertama Kalinya Ilmuwan Tanam Benih di Tanah Bulan

Para ilmuwan untuk pertama kalinya telah menanam benih di tanah dari bulan, sampel yang diambil selama misi NASA pada tahun 1969 dan 1972.

LIFESTYLE | 12 Mei 2022

KTP-nya Disalahgunakan, Raffi Ahmad Siap Tempuh Langkah Hukum

Jika terbukti KTP-nya disalahgunakan Medina Zein, Raffi Ahmad menyatakan siap menempuh langkah hukum untuk memprores masalah itu.

HIBURAN | 12 Mei 2022

Medina Zein Diduga Gunakan KTP Raffi Ahmad, Ini Kata Kuasa Hukum

Medina Zein melalui kuasa hukumnya, Razman Arif Nasution merespons dugaan penipuan hingga pencatutan nama Raffi Ahmad.

HIBURAN | 12 Mei 2022

Perusahaan F&B Maknala Implementasikan Nimbly Technologies

PT Cahaya Pangan Indonesia (Maknala Group), perusahaan makanan dan minuman (food & beverage/F&B) mengimplementasikan Nimbly Technologies.

LIFESTYLE | 12 Mei 2022

Aruna Mewakili Asia Tenggara dalam Google I/O 2022

Aruna perusahaan perikanan terintegrasi Indonesia mewakili Asia Tenggara dalam acara Google I/O 2022 di California, AS.

LIFESTYLE | 12 Mei 2022

Belanja Smartphone Sambil Donasi Sekaligus Mereduksi Sampah

Complete Selular meluncurkan program belanja smartphone sambil donasi, sebagai langkah nyata untuk mengatasi masalah sampah.

LIFESTYLE | 12 Mei 2022

Keunggulan Hosting Indonesia dengan IPv6

Saat ini, sudah banyak pemilik website yang menggunakan layanan hosting dengan IPv6.

LIFESTYLE | 12 Mei 2022

Dukung Pengembangan Digital, KSP Moeldoko Diapresiasi

Kiprah Kepala KSP Moeldoko menjembatani pengembangan era digital di Tanah Air mendapatkan apresiasi dari IBSW.

LIFESTYLE | 12 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wamen BUMN Pahala Mansury Tinjau Mitra Warung Pangan PPI

Wamen BUMN Pahala Mansury Tinjau Mitra Warung Pangan PPI

MEGAPOLITAN | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings