Logo BeritaSatu

Generasi Z Makin Menggemari Dunia Virtual Metaverse

Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:23 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Advisia bersama dengan WIR Global meluncurkan White Paper Project mengenai metaverse untuk mengetahui lebih dalam persepsi generasi Z (Gen Z) atau i-generation yang lahir pada 1996- 2010 soal dunia virtual ini.

"Project ini juga berupaya menjelajahi kegunaannya secara optimal serta menghasilkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi perusahaan," kata Founder Advisia, Sandy Permadi, dalam keterangan tertulisnya Sabtu (14/5/2022).

Penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 62,9% Gen Z memiliki minat terhadap kepemilikan alat realitas virtual. Sementara 3,76% responden telah memiliki alat realitas visual. Dari hasil penelitian tersebut, terdapat 69,35% Gen Z yang disurvei menunjukkan sikap positif terhadap metaverse serta 65,81% bersedia mengeluarkan uang untuk metaverse.

Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel dari 194 responden berusia 18-24 tahun.

Sandy Permadi menyampaikan, pihaknya berharap agar perusahaan-perusahaan memanfaatkan respons positif Gen Z terhadap metaverse dengan tepat. "Harapannya, mereka dapat melakukan penetrasi ke metaverse serta mengadopsinya dengan lebih optimal," kata Sandy.

Menurut Sandy, dengan banyaknya permasalahan yang ada, metaverse diharapkan dapat membawa kemajuan di berbagai sektor, seperti real estate, pendidikan, layanan keuangan, ritel, hiburan, otomotif, barang konsumsi, dan lainnya.

Sandy mengatakan ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan masa depan. Di antaranya melakukan penilaian ekstensif, menerapkan pendekatan berbasis fakta, dan mengembangkan strategi memasuki pasar metaverse. "Selain itu, mengembangkan pengetahuan pasar dan keahlian operasional untuk memanfaatkan latar belakang demografi, teknis, dan hukum yang menguntungkan agar berhasil masuk ke metaverse," jabarnya.

Metaverse yang dibalut teknologi 3D kerap diperbincangkan karena memungkinkan seseorang mengalami dunia nyata melalui virtual tanpa bingkai apa pun. Metaverse memiliki peluang tak terbatas hampir seluruh bidang, seperti bisnis, ekonomi, pendidikan, teknologi informasi (TI), dan hiburan.

Kata metaverse sendiri hingga kini belum bisa didefinisikan secara pasti. Seorang penulis kelahiran Maryland, Amerika, Neal Stephenso yang pertama kali menciptakan istilah metaverse dalam novelnya 'Snow Crash' pada 1992.

Mudahnya, meteverse merupakan dunia virtual yang memungkinkan penggunanya saling terhubung. Selain bisa berkomunikasi, bekerja, bermain, antarpengguna, juga dapat bertransaksi layaknya di dunia nyata. Metaverse adalah kombinasi dari beberapa elemen teknologi, termasuk virtual reality, augmented reality (AR), dan video. Kombinasi tiga teknologi tersebut memungkinkan penggunanya berada di dalam dunia digital bernama metaverse. Metaverse bisa berupa konser, konferensi hingga perjalanan virtual keliling dunia. Untuk bisa masuk di dunia virtual 3D ini, pengguna harus mengenakan headset atau kacamata AR.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

JBL Lansir Empat Varian Speaker Seri EON700 Portable PA

PT Inti Megah Swara sebagai distributor resmi Harman Professional di Indonesia memperkenalkan speaker terbaru melalui acara JBL EON700 Experience Day.

LIFESTYLE | 26 Mei 2022

Happy Salma Gandeng Marsha Timothy Hadirkan Teater Musikal Inggit Garnasih

Happy Salma berupaya mengangkat tokoh tersebut dalam teater musikal bertajuk "Inggit Garnasih: Tegak Setelah Ombak" dengan menggandeng Marsha Timothy.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Jumeirah Bali, Resor Mewah Terbaru dari Jumeirah Group

Jumeirah Bali, resor tepi laut terbaru dari Jumeirah Group, merupakan perayaan visual dan sensorik dari alam Bali yang spektakuler.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

PJ Morton Siap Show dengan Musisi Indonesia di Java Jazz Festival

Peraih Grammy Awards, PJ Morton siap mengadakan show pertamanya di ajang BNI Java Jazz Festival 2022.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

BonCabe Sambut Kolaborasi Pertama di Pergelaran BNI Java Jazz Festival 2022

BonCabe yang merupakan pelopor sambal tabur pertama di Indonesia dan makanan pedas lainnya, turut berpartisipasi dalam pagelaran Java Jazz Festival 2022.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

542 Musisi Akan Tampil Berkolaborasi di Java Jazz Festival 2022

sebanyak 542 musisi dalam dan luar negeri akan tampil berkolaborasi di perhelatan musik terbesar di Asia Tenggara "BNI Java Jazz Festival 2022".

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Pandemi Terkendali, Industri Pernikahan Mulai Bangkit

Pandemi Covid-19 telah memberi dampak yang signifikan terhadap pelaku usaha industri pernikahan di tanah air.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

VNG Resmi Luncurkan Heroes of Crown Mobile di Indonesia

Perusahaan game asal Vietnam, VNG resmi meluncurkan game baru Heroes of Crown Mobile di Indonesia.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Metode Profhilo Jadi Pilihan Baru Perawatan Kulit

Metode Profhilo yang merupakan produk injeksi kulit dengan menggunakan Bio Remodelling keluaran IBSA diperkenalkan Maharis Clinic.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022

Mawar De Jongh Ditunjuk Jadi Brand Ambassador Brightening Bengkoang Series

Mawar de Jongh dipercaya mampu mewakili semangat konsumen generasi muda yang percaya diri, aktif dan produtif.

LIFESTYLE | 25 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rusia Akan Bayar Utang Luar Negeri dalam Uang Rubel

Rusia Akan Bayar Utang Luar Negeri dalam Uang Rubel

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings