Pesta Kawin Mewah Keluarga India Hebohkan Afrika Selatan

Pesta Kawin Mewah Keluarga India Hebohkan Afrika Selatan
Pesta perkawinan keluarga Gupta. ( Foto: citypress.co.za )
Heru Andriyanto / HA Jumat, 3 Mei 2013 | 20:57 WIB

Pretoria - Masyarakat Afrika Selatan (Afsel) dihebohkan oleh pesta mewah perkawinan selama beberapa hari yang diselenggarakan oleh satu keluarga India kaya raya dan ditengarai telah mendapat perlakuan istimewa hingga bisa mendatangkan bintang-bintang Bollywood dengan pesawat jet pribadi yang mendarat di pangkalan militer.

Buntut dari peristiwa itu, lima pejabat tinggi diskors dan tiga polisi ditangkap sementara pemerintah menyelidiki kemungkinan terjadinya pelanggaran prosedur keamanan di pesta tersebut, demikian dilaporkan BBC Jumat (3/5).

Keluarga Gupta yang menyelenggarakan pesta itu mendaratkan jet pribadi di pangkalan militer dekat ibukota Afsel, Pretoria.

Di samping bintang film, mereka juga mendatangkan pejabat-pejabat pemerintah India, namun membantah melakukan pelanggaran hukum.

Tiga bersaudara Gupta - Atul, Ajay dan Rajesh – disebut-sebut telah menanamkan pengaruh besar di Afsel sejak kekuasaan minoritas kulit putih berakhir pada 1994. Bisnis mereka di sana termasuk pertambangan, penerbangan, teknologi dan media.

Kamis (2/5) kemarin dinyatakan bahwa Kedutaan India di Afsel juga akan diselidiki apakah ada penyalahgunaan hak khusus diplomatik dalam pesta perkawinan itu.

Peristiwa ini memicu kemarahan di kalangan politisi kelompok oposisi dan serikat dagang Cosatu yang meminta parlemen melakukan penyelidikan penuh.

Protokol Negara Diindahkan

Menteri Kehakiman Jeff Radebe, dalam jumpa pers Jumat (3/5), mengatakan telah membentuk tim khusus yang akan melakukan penyelidikan selama tujuh hari ke depan dan setelah itu harus melapor ke kabinet bagaimana sebuah pesawat jet pribadi berpenumpang 200 orang dari keluarga Gupta bisa mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Waterkloof.

“Pemerintah sangat prihatin dengan adanya pelanggaran protokol keamanan dan pengabaian nyata atas praktek yang berlaku dalam membolehkan pendaratan pesawat di fasilitas militer, yang punya arti strategis bagi negara ini," kata Radebe.

Dalam pendaratan itu, Departemen Hubungan dan Kerjasama Internasional Afsel tidak mencatat adanya permintaan resmi dari perwakilan India tentang kunjungan satu delegasi yang butuh bantuan diplomatik dan izin mendarat, kata Radebe.

Yang terjadi, atase pertahanan India meminta izin mendarat langsung ke pihak Angkatan Udara Afsel, tambahnya.

Para tamu itu tiba pada Selasa lalu dan dan mendapatkan pengawalan polisi menuju kasino Sun City tempat berlangsungnya pesta perkawinan Vega Gupta, 23, keponakan perempuan Gupta bersaudara, dengan Aaskash Jahajgarhia.

Menteri kehakiman juga mengatakan dimulainya kasus pidana terkait lampu darurat dan nomor plat mobil palsu yang dipakai dalam konvoi itu.

Tiga petugas polisi telah ditahan karena terlibat dalam pengawalan. Sedangkan empat dari lima pejabat yang diskors merupakan tokoh-tokoh senior di kepolisian dan militer, dan pejabat kelima adalah kepala protokol negara, tambahnya.

Tanggapan Keluarga Gupta

Dalam tanggapannya, keluarga Gupta mengaku sedih dengan “pemberitaan negatif” pesta perkawinan tersebut dan menyampaikan harapannya penyidikan akan “mengungkap kebenaran.”

"Ini memang direncanakan sebagai pesta perkawinan wisata untuk memikat keluarga-keluarga India lainnya agar memilih Afrika Selatan sebagai lokasi pesta daripada pergi ke Mauritius atau Thailand," kata juru bicara keluarga, Haranath Ghosh.

"Untuk diberitakan, pihak keluarga telah mendapatkan semua izin untuk semua bagian event tersebut.”

Sumber: BBC