Putin Datang Ditemani Kapal Perang, PM Australia Meradang

Putin Datang Ditemani Kapal Perang, PM Australia Meradang
PM Australia Tony Abbott dan Presiden Rusia Vladimir Putin. ( Foto: mashable / mashable )
Andres Fatubun Sabtu, 15 November 2014 | 01:47 WIB

Brisbane - Perdana Menteri Australia Tony Abbott meradang gara-gara Presiden Rusia Vladimir Putin yang datang ke puncak pertemuan G-20 di Brisbane ditemani sejumlah kapal perangnya. Menurut Abbot tindakan itu berusaha untuk mengembalikan kejayaan Uni Soviet yang sudah menjadi kenangan.

Pertemuan Abbott dengan Putin di G-20 akan memanas karena masalah tewasnya 27 penumpang Australia dalam musibah jatuhnya penerbangan MH 17 di Ukraina yang ditembak oleh pasukan pemberontak Ukraina dukungan Rusia.

Pada Kamis (12/11), Abbot bahkan menyatakan akan menghadapi Putin secara terang-terangan. Rupanya kabar ini sampai ke telinga Putin sehingga ia membawa kapal perang yang dilabuhkan di pantai timur laut. Selain itu diberitakan Rusia menganggap Australia sebagai saingan utama dalam perdagangan dunia. Kedua negara memiliki komoditas gas dan pertanian yang sangat besar. Kedatangan kapal perang ini merupakan sinyal Putin bahwa ia tidak takut menghadapi Australia.

Perang dingin antara Abbot dengan Putin dikhawatirkan akan membelokan agenda utama pembahasan G-20 seputar upaya-upaya untuk menumbuhkan ekonomi dunia. Namun Abbot menyatakan akan meredam konflik tersebut guna mencapai tujuan pertemuan G-20.

Sebelum Putin mendarat di Brisbane pada Jumat malam, empat kapal perang Rusia lebih dulu berlabuh di pantai timur laut Australia. Australia langsung menanggapinya dengan mengirimkan tiga kapal perang ke kawasan tersebut untuk mengawasinya.

Sumber: Nationalpost