Inggris Perkuat Kerja Sama Pendidikan dengan Indonesia
Logo BeritaSatu

Inggris Perkuat Kerja Sama Pendidikan dengan Indonesia

Kamis, 12 April 2012 | 14:54 WIB
Oleh : B1

Komitmen ini sekaligus memperbaharui kesepakatan antara kedua negara yang ditandatangani tahun 2005 lalu.

Melalui lawatan Perdana Menteri David Cameron, Inggris tak hanya ingin meningkatkan kerja sama di bidang politik dan perdagangan. Lebih jauh lagi, Inggris juga ingin memperkuat kerja sama di bidang pendidikan dengan Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan David Willetts.

Saat Cameron menyampaikan pidato di Universitas Al-Azhar pagi ini, Willetts mengunjungi SD 02 Cideng, Jakarta Pusat, untuk melihat program Premier Skills dan International Inspirations.

“Kami ingin mempererat persahabatan antara Inggris dan Indonesia. Dan, saya sempat berdiskusi dengan Menteri Pendidikan Indonesia karena kami ingin kerja sama yang lebih erat dalam bidang pendidikan di antara kedua negara. Saya bisa umumkan hari ini peningkatan kemitraan antara Inggris dan Indonesia di bidang pendidikan,” kata Willetts, hari ini.

Peningkatan kerja sama antara kedua negara terjadi antara lain dengan program kerja sama antara universitas terkemuka Inggris dan Universitas top di Indonesia. Komitmen ini sekaligus memperbaharui kesepakatan antara kedua negara yang ditandatangani tahun 2005 lalu.

Selain kerja sama di pendidikan formal, pemerintah Inggris juga meluncurkan inisiatif untuk pendidikan non-formal khususnya untuk anak-anak yang kurang beruntung dengan program Premier Skills. Pada program ini, manajemen Premier League Inggris memberi pelatihan pada pekerja sosial dan mengajak anak-anak yang kurang beruntung untuk berlatih futsal.

Dalam rangka Olimpiade 2012 di London, pemerintah Inggris juga meluncurkan inisiatif International Inspirations untuk mempererat persahabatan antar negara lewat olahraga.

“Kami sangat gembira menyambut Olimpiade 2012 di London dan kami percaya kami bisa memakai kekuatan olahraga untuk mempererat hubungan antar budaya, khususnya untuk generasi muda. Lewat International Inspirations, kami mencoba menggunakan kelebihan kami sebagai tuan rumah Olimpiade , bukan hanya untuk meninggalkan warisan tentang komitmen dan keterlibatan olahraga di Inggris, tapi juga di seluruh dunia. Itulah yang kami janjikan pada IOC,” papar Willetts.

Lebih lanjut Willetts juga menekankan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris sebagai akses menuju partisipasi aktif di tingkat dunia.

“Bahasa Inggris sangat penting untuk partisipasi aktif Indonesia di ekonomi dunia, karena bisa menyediakan akses pada pengetahuan, skill, dan kesempatan kerja yang dibutuhkan oleh generasi muda,” Willets melanjutkan.

Pemerintah Inggris, melalui British Council, menyelenggarakan pelatihan Bahasa Inggris untuk guru-guru sekolah dan saat ini sudah puluhan ribu guru yang mendapatkan kesempatan untuk ikut pelatihan tersebut.

BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Gencatan Senjata Mulai Diberlakukan di Suriah

Suriah akan kembali menggunakan kekuatan senjata jika pemberontak melakukan serangan

DUNIA | 12 April 2012

Afrika Selatan Akan Sewa Pasukan Asing Halau Perompak

Bulan lalu Angkatan Laut Afrika Selatan memperingatkan bahwa ancaman perompakan bergerak menuju negara itu

DUNIA | 12 April 2012

Mahasiswa China Ditembak Mati di Los Angeles

Kedua korban yang belum terungkap identitasnya itu adalah lelaki dan perempuan, tewas sesaat setelah mereka ditembak sekitar pukul satu dini hari

DUNIA | 12 April 2012

Penduduk Itali Kecanduan Judi

Lebih dari 800 ribu orang Itali, termasuk anak-anak, kecanduan judi sangat serius,dana hanya bisa disembuhkan dengan bantuan ahli

DUNIA | 12 April 2012

Mantan Menhan Yunani Ditangkap Karena Pencucian Uang

Mantan menteri itu membeli properti real estate dengan hasil pencucian uang, yang berasal dari komisi pembelian empat kapal selama dari Jerman, sekitar 10 tahun yang lalu

DUNIA | 12 April 2012

Seorang Bayi Ternyata Masih Hidup Setelah 12 Jam di Kamar Mayat

Bayi merah itu diketahui masih hidup setelah ibunya bersikeras ingin melihat mayat anaknya di Rumah Sakit Perrado

DUNIA | 12 April 2012

Obama-Merkel Sepakat Perlunya Tindakan PBB Terhadap Suriah

Mereka sepakat bahwa perlu tekanan Dewan Keamanan PBB, untuk bersama-sama mengambil tindakan lebih tegas

DUNIA | 12 April 2012

Jepang Siaga Penuh Jelang Peluncuran Roket Korut

"Kami ingin berupaya mereka menahan diri sampai menit terakhir," kata Noda kepada wartawan, saat ia tiba untuk melakukan pembicaraan dengan gugus tugas khusus

DUNIA | 12 April 2012

Serangan Pasukan Yaman Tewaskan 62 Militan

Pihak militan Ansar al-Sharia telah membantah dengan menyatakan serangan pihak militer mengenai bangunan milik warga sipil

DUNIA | 12 April 2012

Kota-Kota Favorit Orang Kaya Dunia

Kota pilihan utama orang kaya adalah New York, London, Beijing dan Shanghai

DUNIA | 12 April 2012


TAG POPULER

# Sepeda Motor Masuk Tol


# Pemerasan Wali Kota


# KRI Nanggala


# Universitas Nusa Mandiri


# Larangan Mudik



TERKINI

Semangat RA Kartini, Jadikan Wanita Indonesia Mampu Setara Laki-laki

NASIONAL | 9 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS