Kapal Tanker Minyak Dibajak, 22 Kru Hilang

Kapal Tanker Minyak Dibajak, 22 Kru Hilang
Unggul Wirawan / WIR Senin, 5 Februari 2018 | 17:10 WIB

Benin - Kapal tanker minyak Marine Express yang mengangkut ribuan ton bensin diduga telah dibajak di Teluk Benin, Afrika Barat. Sejumlah 22 kru kapal warga negara India dilaporkan hilang.

Belum ada kontak dengan kapal Marine Express yang terdaftar di Panama sejak Kamis (1/2). Insiden tersebut terjadi kurang dari sebulan setelah kapal lain dirampok bajak laut di daerah yang sama.

Biro Maritim Internasional menyatakan angkatan laut Benin sedang mencari Marine Express, yang membawa 13.500 ton bensin. Kapal ini dikelola oleh Anglo-Eastern yang berbasis di Hong Kong.

Pada Jumat (2/2), Anglo-Eastern  menyatakan bahwa kapal Marine Express "terakhir dihubungi" pada Kamis. Perusahaan mengatakan bahwa kapal tersebut telah berada di pelabuhan Cotonou di Benin.

Seorang juru bicara untuk Anglo-Eastern mengatakan kepada ABC News pada Minggu (4/2) bahwa tidak ada kabar terbaru tentang status kapal sejak pernyataan perusahaan sebelumnya.

Pada Januari 2018, satu kapal dibajak di daerah yang sama namun dibebaskan enam hari kemudian ketika sebuah uang tebusan dibayar.

Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj mengatakan bahwa pemerintahan India bekerja dengan pihak berwenang di wilayah tersebut.

 



Sumber: Suara Pembaruan