Kunjungan Perdana Solo ke LN, Melania Trump Pilih Afrika

Kunjungan Perdana Solo ke LN, Melania Trump Pilih Afrika
Melania Trump. (Foto: AFP)
Jeanny Aipassa / JAI Kamis, 27 September 2018 | 14:50 WIB

New York - Ibu Negara Amerika Serikat (AS), Melania Trump, akan melakukan perjalanan solo perdana ke luar negeri, pada awal Oktober 2018. Melania memilih tiga negara di Afrika, untuk kunjungan pertamanya tanpa sang suami, Presiden AS, Donald Trump.

Melania mengumumkan, dia akan mengunjungi Ghana, Malawi dan Kenya, untuk kunjungan kerja bersama Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development/USAID).

"Ada banyak program yang melakukan hal-hal hebat untuk anak-anak di dalam negeri, dan saya percaya kami dapat mereplikasi banyak dari program ini di luar negeri," kata Melaniap, disela-sela acara jamuan untuk istri-istri pemimpin dunia yang hadir dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), di New York, Rabu (26/9).

Dia menjelaskan, perjalanannya dengan USAID ke Afrika dimaksudkan untuk memberikan bantuan AS bagi negara-negara berkembang, melalui program "Be Best" atau "Menjadi yang Terbaik" yang diluncurkannya pada Mei 2018.

Program tersebut bertujuan untuk memerangi beberapa masalah yang dihadapi anak-anak saat ini, terutama masalah kemiskinan dan pendidikan, dengan mengajarkan anak-anak untuk menguasai keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, fisik dan ekonomi.

"Sejak meluncurkan Be Best, saya mendapat kesempatan untuk bertemu dengan anak-anak di seluruh dunia dan berbicara kepada mereka tentang pentingnya hidup sehat dan kebiasaan yang bertanggung jawab," ujar Melania.

Dia mengaku sangat fokus pada pemenuhan kebutuhan pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak. Itu sebabnya, Melania sangat bersemangat melakukan perjalanan perdana solonya ke Afrika bersama USAID, karena dapat melihat sejauh mana organisasi tersebut berkontribusi bagi kesehatan dan pendidikan anak-anak di benua hitam tersebut.

"Inilah mengapa saya senang bekerja sama dengan USAID ketika saya mempersiapkan perjalanan internasional pertama saya ke Afrika," ujar Melania.

Stephanie Grisham, direktur komunikasi Trump, mengatakan bahwa Melania yang memilih Afrika sebagai negara tujuan perjalananan solo perdananya, jauh sebelum detail dan tanggal diajukan. bahkan di tahap proposal. "Ibu negara selalu membayangkan perjalanan internasional pertamanya adalah Afrika," kata Grisham.

Menurut Grisham, perencanaan umum untuk perjalanan solo Melania telah dimulai pada Februari tahun ini, sementara kegiatan persiapan logistiknya dimulai pada musim panas ini. Dia menjelaskan, perjalanan Milenia dilakukan pada Oktober karena menyesuaikan waktu Milenia terkait tanggung-jawabnya untuk Baron, putranya bersama Trump, yang masih menempuh pendidikan.

Dia menambahkan, kunjungan Milenia adalah kunjungan diplomatik dan kemanusiaan, yang akan berfokus pada masalah kesehatan, pendidikan, konservasi dan pariwisata. "Seperti semua yang dilakukan ibu negara pertama, kesejahteraan anak-anak akan menjadi fokus di sebagian besar negara Afrika yang akan dikungjunginya," ujar Grisham.

Sumber : CNN/Al Jazeera



Sumber: Suara Pembaruan