Ini Negara-negara dengan Paspor Terkuat, di Mana Indonesia?

Ini Negara-negara dengan Paspor Terkuat, di Mana Indonesia?
Petugas Imigrasi sedang memeriksa paspor salah salah penumpang pesawat. ( Foto: bandarasoekarnohatta.com )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Rabu, 10 Oktober 2018 | 11:10 WIB

Jepang menyalip Singapura sebagai negara yang memiliki paspor terkuat di dunia, menurut Henley Passport Index 2018. Dengan diberlakukannya bebas visa ke Myanmar awal bulan ini, Jepang kini memiliki 190 destinasi bebas visa/visa kedatangan, sementara Singapura 189 destinasi.

"Henley Passport Index dibuat berdasarkan data eksklusif dari International Air Transport Association (IATA). Indeks ini adalah alat penting untuk mengukur kekuatan paspor dan kerja keras sebuah negara dalam membangun dunia yang saling terinterkoneksi. Tiongkok dan Uni Emirat Arab adalah contoh baik karena mereka menunjukkan perkembangan yang luar biasa dibanding tahun lalu," kata Dr. Christian H. Kalin, group chairman Henley & Partners dalam siaran persnya hari ini.

Jerman turun ke posisi ketiga, berbagi posisi dengan Korea Selatan dan Prancis. Prancis naik dari peringkat empat ke tiga Jumat lalu dengan diberlakukannya bebas visa ke Uzbekistan, sementara Korea Selatan naik ke posisi tiga, dari empat, dengan adanya bebas visa ke Myanmar per 1 Oktober lalu. Ketiga negara ini memiliki skor 188.

Inggris dan AS memiliki bebas visa ke 186 destinasi. Kedua negara ini merosot dari posisi empat ke posisi lima. Rusia mendapatkan bebas visa ke Taiwan tetapi posisinya merosot dari 46 ke 47. Sementara, Tiongkok berada di di posisi ke-71. Uni Emirat Arab melesat dari peringkat 62 pada 2006 ke 21 tahun ini. UEA memiliki paspor terkuat di kawasan Timur Tengah.

Di Asia Tenggara, Singapura, Malaysia dan Brunei menduduki peringkat 20 besar. Singapura 20, Malaysia 10, dan Brunei 20. Indonesia berada di peringkat 72, naik tujuh peringkat dibandingkan kuartal pertama 2017, menjadikannya negara dengan kenaikan peringkat terbesar di kawasan. Indonesia memiliki bebas visa/visa kedatangan ke, di antaranya: Uzbekistan, Hong Kong, Belarusia, Ukraina, Serbia, Qatar, dan Maroko. 

Irak dan Afganistan menjadi dua negara terbawah dalam peringkat, peringkat 106, dengan skor 30.

Indeks ini menggunakan data eksklusif dari IATA dalam mengukur kekuatan paspor. Untuk tiap destinasi bebas visa atau visa kedatangan, paspor suatu negara mendapatkan nilai 1.

Berikut 10 besar negara dengan nilai indeks tertinggi terkuat:
1. Jepang (190)
2. Singapura (189)
3. Jerman (188)
4. Prancis (188)
5. Korea Selatan (188)
6. Denmark (187)
7. Finlandia (187)
8. Italia (187)
9. Swedia (187)
10. Spanyol (187)



Sumber: BeritaSatu.com