Separuh Kabinet Etiopia Dikuasai Perempuan

Separuh Kabinet Etiopia Dikuasai Perempuan
Unjuk rasa di Ethiopia. (Foto: ist)
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 17 Oktober 2018 | 11:51 WIB

Addis Ababa- Kaum perempuan menguasai 50% kabinet pemerintahan baru Etiopia. Mereka bahkan menempati portofolio menteri penting, termasuk kementerian perdamaian, perdagangan dan industri, dan pertahanan.

Kabinet baru Etiopia kini menjadi rekor 50% perempuan, termasuk menteri pertahanan wanita yang merupakan kali pertama di negara itu. Porsi 50% perempuan terjadi setelah anggota parlemen dengan suara bulat menyetujui pencalonan yang diajukan oleh Perdana Menteri Abiy Ahmed.

"Para menteri wanita kami akan membantah pepatah lama bahwa wanita tidak bisa memimpin. Keputusan ini adalah yang pertama dalam sejarah Etiopia dan mungkin di Afrika," kata Abiy sambil mempresentasikan pilihannya pada hari Selasa.

Menurut Uni Antar-Parlemen dan Perempuan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Negara Tanduk Afrika ini bergabung dengan beberapa negara, sebagian besar Eropa, tempat kaum perempuan mencapai 50% atau lebih di posisi menteri.

Perombakan itu adalah yang terbaru dalam serangkaian reformasi dramatis yang dilaksanakan oleh Abiy sejak ia menjabat perdana menteri pada April. Perombakan dilakukan setelah lebih dari dua tahun kerusuhan anti-pemerintah yang memberikan kontribusi pada pengunduran mendadak perdana menteri sebelumnya.

Langkah-langkah perdana menteri Abiy termasuk mengakhiri konflik dua dekade dengan negara tetangganya, Eritrea, membebaskan para pembangkang yang dipenjara, menyambut kelompok-kelompok terlarang sebelumnya kembali ke negara itu dan mengumumkan rencana untuk memprivatisasi industri-industri besar milik negara.



Sumber: Suara Pembaruan