Paspor Jepang Paling “Berkuasa” di Dunia

Paspor Jepang Paling “Berkuasa” di Dunia
Seorang wanita memegang paspor Jepang. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Kamis, 10 Januari 2019 | 20:11 WIB

Singapura- Negara yang memiliki paspor paling “berkuasa” di dunia berdasarkan Indeks Paspor Henley adalah Jepang. Rekor ini dipertahankan Jepang untuk kedua kalinya secara berturut-turut, kemudian menyusul Singapura dan Korea Selatan.

Dalam indeks yang direvisi setiap tiga bulan sekali. Paspor Jepang menjadi paspor paling ramah perjalanan karena bisa mendapatkan bebas visa alias visa on arrival (VoA) di 190 negara.

Sementara, paspor Singapura dan Korsel bisa diakses di 189 negara. Ranking lima besar berikutnya adalah paspor dari Jerman (188 negara), Denmark bersama Finlandia, Italia, dan Swedia (187 negara), serta Luksemburg dan Spanyol (186 negara).

Paspor Indonesia sendiri menempati peringkat ke-72 bersama dengan dua negara di Afrika Timur yaitu Kenya dan Malawi, yang memiliki akses kepada 71 negara. Posisi paspor Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan paspor Malaysia yang berada di peringkat ke-12 dengan akses kepada 179 negara, bahkan lebih rendah daripada paspor Timor Leste yang menempati ranking ke-54 dengan akses kepada 97 negara.

Menurut pendiri dan mitra pengelola FutureMap di Singapura, Parag Khanna, daftar peringkat teratas diduduki seluruhnya oleh negara Asia, menunjukkan banyak negara Asia mempertahankan tingkat kenyamanan yang tinggi dengan migrasi ekonomi yang saling menguntungkan.

Di kawasan Asia juga, peringkat Tiongkok meningkat hampir 20 tempat hanya dalam kurun dua tahun, dari ranking ke-85 pada 2017 menjadi ranking ke-69 pada 2019 dengan jumlah negara yang bisa diakses sebanyak 74 negara.

Negara-negara Eropa juga menunjukkan kinerja yang baik antara lain anggota Uni Eropa (UE) bersama dengan Norwegia dan Amerika Serikat (AS) menempati posisi di belakang tiga teratas. Meskipun, peringkat paspor Inggris terus turun berbarengan dengan AS.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE