Tengku Abdullah Akan Jadi Sultan Pahang

Tengku Abdullah Akan Jadi Sultan Pahang
Tengku Abdullah ( Foto: Bernama / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Senin, 14 Januari 2019 | 20:20 WIB

Kuala Lumpur- Bupati Pahang Tengku Abdullah akan dilantik sebagai Sultan Pahang pada Selasa (15/1). Gelar sultan ini akan membuka jalan bagi Tengku Abdullah untuk dinobatkan sebagai raja baru Malaysia.

Pada konferensi pers pada Sabtu (12/1), penobatan gelar sultan Pahang akan diadakan di istana Sultan Abu Bakar di Pekan, Pahang pada Selasa (15/1). Tengku Abdullah akan memproklamasikan diri sebagai Sultan Pahang ke-6 untuk menggantikan ayahnya Sultan Ahmad Shah.

Menyusul langkah Sultan Muhammad V yang mundur sebagai raja Malaysia atau Yang di-Pertuan Agung Malaysia ke-15, setelah hanya dua tahun di atas takhta, Malaysia perlu memilih raja baru.

Pengunduran diri itu, yang pertama bagi Malaysia di zaman modern, mengikuti laporan bahwa ia menikahi seorang mantan ratu kecantikan di Rusia pada November saat cuti medis selama dua bulan.

Di bawah sistem monarki konstitusional Malaysia, pemilihan raja dilakukan secara rotasi setiap lima tahun. Sultan Pahang akan menjadi yang berikutnya, diikuti oleh Sultan Johor. Setelah itu, raja dan wakil baru akan dipilih pada 24 Januari 2019.

Tengku Abdul Rahman, adik bupati, mengatakan usulan untuk menunjuk Tengku Abdullah sebagai sultan, baru dibuat karena sang ayah sakit parah. Sultan Ahmad Shah memang sudah berusia 88 tahun.

“Dalam situasi yang menyedihkan ini, dengan menyesal, saya dan keluarga saya harus menerima kenyataan bahwa ayah saya tidak dapat lagi memikul tugas dan tanggung jawab sebagai penguasa,” kata Tengku Abdul Rahman, Sabtu (12/1).



Sumber: Suara Pembaruan