Juan Guaido Klaim Jadi Pemimpin Venezuela

Juan Guaido Klaim Jadi Pemimpin Venezuela
Ketua Majelis Nasional Venezuela Juan Guaido berteriak saat berdemonstrasi menentang pemimpin Nicolas Maduro di Caracas, Rabu (23/1). ( Foto: AFP / Federico PARRA )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 24 Januari 2019 | 11:33 WIB

Caracas-Juan Guaido, pemimpin oposisi Venezuela mengklaim sebagai penjabat presiden yang menggantikan Nicolas Maduro.
Dalam satu pidato di Caracas, Guaido mengatakan di hadapan banyak orang yang bersorak-sorak, mengatakan aksi protes akan berlanjut "sampai Venezuela menjadi bebas".

"Saya bersumpah untuk secara resmi menyatakan sebagai sebagai penjabat presiden," tegasnya, seraya mengangkat tangan kanannya.

Seperti dilaporkan BBC, Kamis (24/1), rekaman video unjuk rasa pada Rabu memperlihatkan para demonstran berhadapan dengan pasukan keamanan Garda Nasional, yang menembakkan gas air mata untuk membubarkan aksi yang diwarnai pembakaraan kendaraan.

Guaido, yang juga pemimpin Majelis Nasional negara itu, telah meminta angkatan bersenjata - yang sejauh ini mendukung Maduro - agar melakukan pembangkangan terhadap pemerintah.

Di hadapan massa, Guaido berjanji untuk memimpin pemerintahan transisi dan menggelar pemilihan umum yang bebas.

Guaido adalah sosok yang relatif tidak dikenal sampai dia terpilih menjadi ketua parlemen yang dikuasai kelompok oposisi Venezuela awal bulan ini.

Setelah mengambil peran itu, dia segera menantang pemerintahan Maduro dan mengatakan dia memiliki hak konstitusional untuk memangku jabatan presiden sampai pemilihan presiden yang baru digelar.

Namun aksi yang dihimpun kelompok oposisi ini, ditandingi aksi demonstrasi oleh massa pendukung Maduro.



Sumber: BBC