Rangkul Negara-negara Pasifik Selatan, KBRI Selandia Baru Gelar Pacific Exposition

Rangkul Negara-negara Pasifik Selatan, KBRI Selandia Baru Gelar Pacific Exposition
Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya (kedua dari kanan) saat memaparkan Pacific Expo di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019. Pacific Exposition I akan digelar pada 12-24 Juli 2019. ( Foto: Istimewa / Istimewa )
Asni Ovier / AO Kamis, 24 Januari 2019 | 11:47 WIB

Jakarta – Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya bertekad untuk merangkul negara-negara di Pasifik Selatan. Terkait itu, KBRI Selandia Baru akan menggelar Pacific Exposition I pada 12-24 Juli 2019.

“Pacific Exposition adalah inisiatif KBRI Wellington dalam rangka merangkul negara-negara di Pasifik Selatan serta upaya menyatukan negara-negara di kawasan ini dalam ikatan yang saling menguntungkan dan jauh dari pembahasan-pembahasan politik,” ujar Dubes Tantowi dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Kamis (24/1).

Saat ini, Tantowi sedang berada di Jakarta untuk mempresentasikan acara itu di hadapan Menteri Luar Negeri, pejabat kementerian luar negeri lainnya, serta pihak swasta. Pacific Exposition digelar dalam bentuk pameran dagang, investasi, dan pariwisata.

“Pameran dagang, investasi, dan pariwisata ini telah diadopsi sebagai program pemerintah dan akan diselenggarakan setiap tahun di Selandia Baru. Pacific Exposition I akan dilaksanakan pada 12-14 Juli 2019 di Auckland dan ditargetkan akan dikunjungi 20.000 orang dengan kisaran transaksi US$ 100 juta,” ujar Tantowi.

Selain itu, juga akan digelar acara terkait selama Pacific Exposition, yakni konferensi serta pagelaran seni dan budaya Pasifik. Acara yang digelar selama tiga hari itu berkonsep dasar budaya Pasifik sebagai perekat bangsa-bangsa di kawasan itu.

“Inilah saatnya Indonesia hadir, berperan, dan berkontribusi di kawasan yang semakin banyak diperebutkan ini sesuai arahan dan harapan Bu Menlu dan Bapak Presiden Jokowi,” ujar Dubes Tantowi.



Sumber: BeritaSatu.com