Akui Kesalahan, CEO Boeing Minta Maaf

Akui Kesalahan, CEO Boeing Minta Maaf
CEO Boeing Dennis Muilenburg ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 5 April 2019 | 09:55 WIB

Chicago, Beritasatu. com - CEO Boeing Dennis Muilenburg meminta maaf atas hilangnya 346 nyawa dalam kecelakaan pesawat Boeing 737 MAX 8 di Indonesia dan Ethiopia. Muilenburg mengakui dua kecelakaan tersebut tidak lepas dari masalah pada peran sistem kontrol penerbangan.

“Kami di Boeing menyesali atas nyawa yang hilang dalam kecelakaan 737 MAX baru-baru ini,” kata Muilenburg dalam pernyataan video yang dirilis di situs web perusahaan dilansir Cgtn, Jumat (5/4/2019).

Baca Juga: Kecelakaan Pesawat Ethiopia dan Lion Air Sama Pemicunya

Dia mengakui untuk pertama kalinya bahwa dalam situasi berbahaya tertentu, Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver, yang dikenal sebagai MCAS, dapat menyebabkan pilot kehilangan kendali atas sebuah pesawat sebagai respons terhadap data yang salah dari sensor eksternal pesawat.

“Kami berutang dan kami tahu bagaimana melakukannya,” katanya.

Dia berjanji untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghilangkan semua resiko yang dapat berdampak pada keselamatan penerbangan.

Pernyataan Boeing muncul setelah laporan investigasi awal mengenai kecelakaan Ethiopian Airlines menunjukkan bahwa pilot mengikuti prosedur yang disyaratkan, tetapi tidak dapat mengendalikan jet. Hal ini menunjuk pada potensi masalah dari sistem kontrol penerbangan pesawat.



Sumber: Cgtn